Sukses

Ciri-Ciri Balok dalam Bangun Ruang, Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Balok merupakan bagian penting dari bangun ruang.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri balok merupakan bagian penting dari bangun ruang. Balok merupakan bangun ruang berbentuk persegi panjang tiga dimensi. Ciri-ciri balok dipelajari dalam geometri.

Balok dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ciri-ciri balok bisa dilihat dari bentuk gedung pencakar langit, kotak makanan, atau lemari. Ciri-ciri balok meliputi jumlah sisi, titik sudut, rusuk, diagonal, dan unsur-unsur pembentuk lainnya.

Mengenali ciri-ciri balok akan membantu membedakannya dengan bangun ruang lainnya. Selain ciri-ciri balok, penting juga mengetahui rumusnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri balok dan rumusnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (16/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian balok

Balok adalah bangun ruang yang sisi-sisi berhadapannya berbentuk persegi panjang yang kongruen. Setiap sisi persegi panjang pada balok berimpit dengan tepat satu sisi persegi panjang yang lain dan persegi panjang yang sehadap adalah kongruen.

Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubus. Ciri-ciri balok bisa dilihat dari sifat-sifatnya. Ciri-ciri balok mirip dengan kubus.

3 dari 7 halaman

Ciri-ciri balok

Sisi

Ciri-ciri balok pertama adalah jumlah sisinya. Sisi balok berbentuk persegi panjang. Sebuah balok dibatasi oleh 6 buah sisi yang masing-masing berupa sisi alas, atas, depan, belakang, kanan, dan kiri. Sisi alas kongruen dengan sisi atas. Sisi depan kongruen dengan sisi belakang. Sisi kiri kongruen dengan sisi kanan.

Titik sudut

Titik sudut pada balok adalah titik temu atau titik potong ketiga rusuk. Total, balok memiliki 8 titik sudut.

4 dari 7 halaman

Ciri-ciri balok

Rusuk

Rusuk balok merupakan garis potong antara sisi-sisi balok. Ciri-ciri balok memiliki total 12 rusuk sama panjang. Rusuk ini terbagi menjadi 4 rusuk alas, 4 rusuk tegak, dan 4 rusuk atas. Rusuk- rusuk yang sejajar memili ukuran yang sama panjang.

Diagonal sisi

Diagonal sisi / bidang suatu balok adalah ruas garis yang menghubungkandua titik sudut berhadapan pada sebuah sisi. Terdapat 12 buah diagonal sisi pada balok. Setiap diagonal bidang pada sisi yang berhadapan memeiliki ukuran sama panjang.

5 dari 7 halaman

Ciri-ciri balok

Diagonal ruang

Ciri-ciri balok adalah diagonal ruangnya. Setiap diagonal ruang pada balok memiliki ukuran sama panjang. Diagonal ruang sebuah balok adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut berhadapan dalam balok. Diagonal ruang balok saling berpotongan di tengah-tengah dan membagidua diagonal ruang sama panjang. Terdapat 4 buah diagonal ruang pada sebuah balok dengan panjangsama.

Bidang diagonal

Bidang diagonal balok adalah bidang yang melalui dua buah rusuk yang berhadapan. Bidang diagonal balok membagi balok menjadi dua bagian yang sama besar. Terdapat 6 buah bidang diagonal. Setiap bidang diagonal pada balok memiliki bentuk persegi panjang.

Jaring-jaring balok

Jaring-jaring balok adalah bangun datar yang merupakan rangkaian tertentu dari dua persegi dan enem persegi panjang yang kongruen sedemikian sehingga bila di lipat pada rusuk-rusuk sekutu dapat membentuk balok.

6 dari 7 halaman

Rumus luas permukaan balok

Luas permukaan balok bisa dijabarkan dengan:

luas persegi panjang 1 + luas persegi panjang 2 + luas persegi panjang 3 + luas persegi panjang 4 + luas persegi panjang 5 + luas persegi panjang 6

Jadi penjabaran rumusnya adalah:

= (p × l) + (p × t) + (l × t) + (p × l) + (l × t) + (p × t)

= (p × l) + (p × l) + (l × t) + (l × t) + (p × t) + (p × t)

= 2 (p × l) + 2(l × t) + 2(p × t)

= 2 ((p × l) + (l × t) + (p × t)

= 2 (pl+ lt + pt)

Singkatnya, luas permukaan balok adalah:

LP = 2{(p x l) + (p x t ) + (l x t)}

Berikut contoh soalnya:

Berapa luas permukaan sebuah balok yang memiliki panjang 18 cm, lebar 14 cm dantinggi 12 cm?

Jawab:

LP = 2{(p x l) + (p x t ) + (l x t)}

= 2 {(18 x 14) + (18 x 12 ) + (14 x 12)}

= 2 (252 + 216 + 168)= 2 (636)

= 1272 cm2

7 dari 7 halaman

Rumus volume balok

Volume balok dihitung dengan mengalikan panjang, lebar, dan tinggi. Singkatnya, volume balok adalah:

VB = p x l x t

Berikut contoh soal mencari volume balok:

Soal 1

Berapa volume balok yang mempunyai p = 14 l = 8 dan t = 7?

Jawab:

VB = p x l x t

= 14 x 8 x 7

= 784 cm3

Soal 2

Berapa volume sebuah balok yang memiliki panjang 8 cm dan tinggi 4 cm serta luas permukaan balok tsb adalah 208 cm2?

Jawab :

LP = 2{(p x l) + (p x t ) + (l x t)}

208 = 2 {(8 x l) + (8 x 4 ) + (l x 4)}

208 = 2 (8l + 32 + 4l)

208 = 2 (12l + 32)

208 = 24l + 64

208 – 64 = 24

l = 144/24

l = 6 cm

VB = p x l x t

= 8 x 6 x 4

= 192 cm

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.