Sukses

6 Benda Milik Seleb yang Terjual dengan Harga Fantastis, Sejumput Rambut Rp 1 M

Benda-benda tak lazim ini terjual dengan harga fantastis.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai publik figur dunia, tentu seleb-seleb berikut ini selalu berhasil menarik perhatian publik, termasuk para fansnya. Sebagai tokoh yang terkenal, maka segala hal tentang mereka pun juga selalu menarik untuk dikulik.

Jika pada umumnya para fans setia akan membeli merchandise atau souvenir dari sang seleb idola, namun beberapa barang berikut ini nampaknya akan terlalu aneh jika disebut sebagai souvenir. Selain itu, harganya yang sangat mahal pun membuat banyak orang geleng kepala mendengarnya.

Para penggemar yang mungkin bisa disebut fanatik berikut ini, bersedia membayar harga mahal untuk benda-benda yang pernah dimiliki oleh artis idolanya. Meskipun benda-benda tersebut terkesan aneh dan tidak masuk akal. Seperti halnya sejumput rambut dan juga kantong udara di sebuah konser.

Seperti apakah kisahnya? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (17/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Rambut Elvis Presley

Segenggam rambut penyanyi legendaris Elvis Presley dilaporkan terjual dalam sebuah lelang. Berukuran sebesar bola baseball dan disimpan dalam stoples, rambut ini terjual senilai 72,5 ribu dolar Amerika Serikat (AS) (Rp1 miliar), lapor CNN, Kamis (9/9/2021).

Rambut ini katanya dikumpulkan seorang tukang cukur langganan pelantun lagu Burning Love tersebut. "Koleksi rambut ini diselamatkan dari potongan rambut Presley oleh tukang cukur pribadinya Homer Gilleland selama bertahun-tahun," kata perusahaan lelang Kruse GWS.

Keberadaannya disebut "Mewakili koleksi rambut Elvis terbesar dan terdokumentasi dengan baik di dunia." "Ini bukan seikat rambut yang biasanya Anda temukan, tapi spesimen berukuran besar yang belum pernah dijual selama hampir 20 tahun," tambahnya. 

Barang tersebut disertai sertifikat asal, serta surat dan sertifikat keaslian yang semuanya dikeluarkan Regents Gallery, kata juru lelang. Sorotan lelang lainnya juga termasuk jumpsuitPresley yang dikenakan untuk penampilannya di Madison Square Garden pada 1972, catat Manila Bulletin.

3 dari 7 halaman

2. Kantong udara di konser Kanye West

Belakangan ini publik, khususnya para pengguna jejaring sosial diramaikan dengan unggahan di situs eBay yang menjual kantong plastik berisi udara dari acara Kanye West.

Dilansir dari Oddity Central, udara tersebut diklaim berasal dari acara listening party dari album baru Kanye West, Donda, di Stadion Mercedes-Benz, Atlanta, Amerika Serikat, Kamis (22/7/2021).

Seorang penggemar yang hadir tampak mengambil kesempatan untuk menghasilkan uang dari konser tersebut. Dia tampak mempersiapkan kantong plastik zip-lock, dan memberi label ‘Air From Donda Drop’ dan menjualnya di eBay.

Tak tanggung-tanggung, kantong udara tersebut dijual dengan harga fantastis yakni 3.330 dolar atau setara dengan Rp 47,8 juta. Dia bahkan menunggu penawaran tertinggi hingga akhirnya dilepas di harga 7.600 dolar atau setara dengan Rp 110 juta. 

4 dari 7 halaman

3. Test pack Britney Spears

Jika Anda merasa bahwa kedua hal di atas sudah cukup aneh, maka bersiaplah untuk geleng kepala karena ada orang yang bersedia merogoh kocek cukup dalam hanya untuk memiliki alat tes kehamilan milik Britney Spears.

Tes pack bekas dengan hasil positif milik pelantun tembang 'Toxic' ini ditemukan di keranjang sampah kamar hotel tempat dia dan suaminya saat itu, Kevin Federline bermalam, awalnya dijual ke stasiun radio Kanada Hot 89.9, kemudian dibeli oleh kasino online GoldenPalace.com seharga $5.001 atau senilai dengan Rp 71,3 Juta.

Hasil penjualan disumbangkan ke dua badan amal Candlelighters Childhood Cancer Foundation, yang memberikan dukungan kepada anak-anak penderita kanker dan keluarga mereka, dan Easter Seal Society, yang membantu anak-anak cacat fisik.

5 dari 7 halaman

4. Tisu ingus Scarlett Johansson

Tingkat fanatisme seseorang terhadap idolanya kadang kala memang sulit ditebak. Bahkan, seolah tak memiliki budget yang terbatas, mereka pun membeli barang remeh-temeh dengan harga yang cukup fantastis. Seperti halnya tisu bekas ingus milik Scarlett Johansson ini.

Dalam sebuah talkshow di tahun 2008, pemeran tokoh Black Widow ini mengelap ingusnya dengan sebuah tisu. Tak disangka-sangka hal tersebut pun menarik perhatian para penggemar. Lebih dari 80 orang penawar memasang harga yang cukup fantastis untuk tisu bekas ini.

Akhirnya dijual seharga $ 5.300 atau senilai dengan Rp 75,6 Juta di eBay, dengan dana disumbangkan ke badan amal kelaparan USA Harvest. Kabarnya, Johansson memberikan kredit kepada Leno atas donasi tersebut. Dia mengatakan kepadanya bahwa dia terkena flu darinya dan percaya bahwa penyakitnya memiliki "nilai" lebih karena telah ditularkan dari satu selebritas ke selebritas lainnya.

6 dari 7 halaman

5. Hasil rontgen dada Marilyn Monroe

In 1954, Marilyn Monroe was admitted to Cedars of Lebanon Hospital in Florida for surgery for the womb condition endometriosis. While she was there, she had chest x-rays taken, and over 50 years later the owner auctioned off the set of three for $45,000. They carried the star’s married name of Marilyn DiMaggio, as she was still wed to her estranged husband, baseball star Joe DiMaggio, at the time.

Pada tahun 1954, Marilyn Monroe dirawat di Cedars of Lebanon Hospital di Florida untuk operasi endometriosis rahim. Ketika dia di sana, dia menjalani rontgen dada. Lima puluh tahun berlalu, hasil rontgen tersebut pun kemudian dilelang. Ada tiga set hasil rontgen yang dibanderol dengan harga $45.000 atau senilai dengan Rp 641 Juta.

Pada tiga set hasil rontgen tersebut tertulis nama sang bintang yakni Marilyn DiMaggio, saat itu ia masih menikah dengan suaminya yang merupakan pemain bisbol, Joe DiMaggio.

 

7 dari 7 halaman

6. Kursi ajaib JK. Rowling

J.K. Rowling merupakan salah satu penulis cerita fiksi yang paling sukses di dunia. Melalui series Harry Potter, karya tulis dari wanita asal Inggris ini pun mendunia dan masih dianggap sebagai salah satu masterpiece terbaik sepanjang masa.

Banyak kisah yang telah diceritakan mengenai bagaimana seorang J.K. Rowling menuliskan buku pertama Harry Potter. Saat itu, ia merupakan seorang ibu tunggal yang berusaha keras untuk bertahan hidup. Maka tidaklah mengherankan apabila barang yang berkaitan dengan masa itu dianggap amat berharga bagi para Potterhead (penggemar Harry Potter).

Misalkan seperti kursi kayu ek tahun 1930-an yang ia duduki ketika menuliskan novel Harry Potter. Kursi ini ia miliki ketika ia tinggal di sebuah apartemen di Edinburgh, Skotlandia. Kursi tua ini terjual dengan harga $394.000 atau senilai dengan Rp 5,6 Miliar.

Bagi orang-orang yang skeptis terhadap harga kursi tua ini, J.K. Rowling bahkan mendekorasi kursi ini dengan cat emas, hijau, dan mawar serta menuliskan kalimat, "Saya menulis Harry Potter sambil duduk di kursi ini,"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.