Sukses

10 Ciri-Ciri Ras Melanesoid, Asal Usul, dan Peninggalan Budaya yang Dimiliki

Ras Melanesoid adalah sudah ada sejak 70 ribu tahun sebelum Masehi.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri Ras Melanesoid yang paling populer adalah memiliki penampilan kulit cenderung gelap atau hitam. Persis seperti asal usul nama Ras Melanesoid yang mengarah pada penampilan serupa.

Ras Melanesoid adalah asal katanya dari dua suku kata bahasa Yunani. Ada “melano” dengan arti hitam atau gelap. Kemudian “soid” dengan arti penampilan. Ini mengapa ciri-ciri Ras Melanesoid demikian. 

Sejarah mencatat Ras Melanesoid adalah sudah ada sejak 70 ribu tahun sebelum Masehi tepat di sebelah timur Indonesia atau Papua. Ras Melanesoid tak hanya ada di Indonesia.

Tak hanya dari warna kulitnya, masih ada banyak ciri-ciri Ras Melanesoid yang membuat ras ini semakin khas. Berikut Liputan6.com ulas ciri-ciri Ras Melanesoid, asal usul, dan peninggalan budayanya dari berbagai sumber, Jumat (17/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Ras Melanesoid

Ras Melanesoid adalah asal katanya dari dua suku kata bahasa Yunani. Ada “melano” dengan arti hitam atau gelap. Kemudian “soid” dengan arti penampilan.

Berasal dari asal katanya, Ras Melanesoid adalah ras yang menampilkan manusia dengan kulit dominan hitam atau gelap. Ras Melanesoid adalah ras asli Indonesia.

Sejarah mencatat Ras Melanesoid adalah sudah ada sejak 70 ribu tahun sebelum Masehi tepat di sebelah timur Indonesia atau Papua. Ras Melanesoid tak hanya ada di Indonesia.

Beberapa kepulauan seperti Fiji, Nugini, dan Solomon juga bisa ditemukan sejumlah penduduk dengan Ras Melanesoid. Bagaimana ciri-ciri Ras Melanesoid?

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Ras Melanesoid

1. Ciri-ciri Ras Melanesoid adalah memiliki postur tubuh yang lebih tegap.

2. Ciri-ciri Ras Melanesoid adalah memiliki tinggi badan rata-rata 160 cm sampai 170 cm.

3. Ciri-ciri Ras Melanesoid adalah memiliki kulit yang dominan hitam atau gelap.

4. Ciri-ciri Ras Melanesoid adalah memiliki bentuk bibir yang lebih tebal.

5. Ciri-ciri Ras Melanesoid adalah memiliki rambut yang berwarna hitam.

6. Ciri-ciri Ras Melanesoid adalah memiliki bentuk rambut yang keriting.

7. Ciri-ciri Ras Melanesoid adalah memiliki bentuk hidung yang lebih lebar dan pesek.

8. Ciri-ciri Ras Melanesoid adalah memiliki mata pencaharian sebagai berburu, mengumpulkan hasil hutan, berkebun, dan berternak.

9. Ciri-ciri Ras Melanesoid adalah memiliki kecenderungan tinggal di daerah sungai, rawa, danau, lembah, dan pantai.

10. Ciri-ciri Ras Melanesoid adalah memiliki pesta adat emaida atau pesta mencari jodoh.

4 dari 5 halaman

Asal Usul Ras Melanosoid

Apabila sudah memahami bagaimana dan apa saja ciri-ciri Ras Melanosoid, selanjutnya soal peninggalan budayanya. Ras Melanesoid merupakan satu dari banyaknya keberagaman budaya yang ada di Indonesia.

Ras Melanesoid adalah salah satu sub ras yang berasal dari Ras Negroid. Negroid adalah jenis ras dengan ciri fisik berkulit hitam. Golongan bangsa yang masuk dalam golongan Ras Negroid antara lain:

1. African Negroid, meliputi wilayah di Benua Afrika.

2. Melanisia, meliputi wilayah Papua dan Melanisia.

3. Negrito, meliputi wilayah Afrika Tengah, Semenanjung Melayu, serta Filipina.

Meski demikian, sebenarnya secara umum ada tiga Ras Mayor selain Negroid yang memengaruhi keberadaan Ras Melanosoid, yakni Ras Kaukasoid dan Ras Mongoloid.

Ras Kaukasoid merupakan ras dengan ciri khas berkulit putih. Golongan bangsa yang termasuk dalam klasifikasi Ras Kaukasoid antara lain:

1. Nordic, meliputi wilayah Eropa Utara, tepatnya pada sekitaran Laut Baltik.

2. Mediterania, meliputi wilayah di sekitar laut tengah, Amerika Utara, Amerika, Arabia, Armenia, serta Iran.

3. Alpine, meliputi wilayah di Eropa Tengah dan Eropa Timur.

Ras Mongoloid merupakan jenis ras dengan ciri yang melekat berkulit kuning. Golongan bangsa yang termasuk dalam ras mongoloid antara lain:

1. American Mongoloid, meliputi Bangsa Eskimo di Amerika Utara, hingga penduduk Terra del Frugo di penjuru Amerika bagian Selatan.

2. Malayan Mongoloid, meliputi lingkup kawasan Asia Tenggara, Malaysia dan Filipina, serta Kepulauan Indonesia.

3. Asiatic Mongoloid, meliputi wilayah Asia Utara, Asia Tengah, dan juga Asia Timur.

5 dari 5 halaman

Budaya Ras Melanosois

1. Ras Melanesoid merupakan sekelompok penduduk yang memiliki kecenderungan tinggal di daerah pantai dan kepulauan.

2. Mayoritas mata pencaharian Ras Melanesoid adalah berburu dan mengumpulkan hasil hutan.

3. Ras Melanesoid memiliki kebiasaan merayakan pesta adat emaida atau pesta mencari jodoh. Pesta adat Ras Melanesoid ini diadakan kapan saja, bergantung desa mana yang mengundang pemuda untuk perjodohan.

4. Ada pula pesta adat yibu oleh Ras Melanosoid. Pesta ini ditujukan untuk mempererat keluarga. Perayaan pesta adat yibu adalah kelahiran anak, ulang tahun, pernikahan, dan orang meninggal dunia. Biasanya pesta adat yibu Ras Melanesoid diadakan di rumah sediri atau di rumah adat yang tersedia.

5. Ras Melanesoid memiliki kebiasaan unik memamerkan kekayaan, namanya pesta adat yuwo. Pesta adat Ras Melanesoid ini biasanya dilangsungkan dengan memotong daging babi atau ekina sebagai jamuannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini