Sukses

Viral Seekor Buaya Berkeliaran di Tengah Jalan, Bikin Warga Panik

Liputan6.com, Jakarta Buaya merupakan salah satu hewan buas yang biasanya hidup di sungai, area yang masih asri atau banyak hutan. Namun, bagaimana jadinya jika kamu melihat seekor buaya sedang berkeliaran di area publik.Apalagi buaya itu tampak santai berjalan-jalan di tempat umum.

Tentu hal itu akan mengejutkan, lantaran buaya dikenal sebagai salah satu hewan yang menyeramkan. Seperti pada video yang baru-baru ini viral di media sosial. Sebuah buaya yang cukup besar berada di tengah jalan. Penduduk di salah satu kampung di Papar, Sabah terkejut melihat seekor buaya di tengah jalan tersebut.

Dilansir Liputan6.com dari Siakapkeli, Jumat (17/9/2021) kejadian tersebut dilaporkan berlaku pada jam 11.30 malam di kampung Ngapas. Seorang laki-laki juga tampak merekam video buaya yang berada di tengah jalan tersebut.

Video pendek yang berdurasi 15 detik itu sempat beredar di media sosial. Dalam video tersebut menunjukkan seekor buaya sepanjang kira-kira tiga meter berkeliaran di tengah jalan, diikuti oleh perekam dari dalam mobil. Buaya itu berkeliaran di tengah jalan saat hujan turun.

 

2 dari 3 halaman

Buaya Ditemukan Berada di Tengah Jalan

Kemudian salah satu seorang saksi yang dikenali sebagai Richard L menjelaskan ia bertemu dengan seorang pria lain saat memeriksa kondisi sungai karena takut hujan deras yang melanda wilayah tersebut.

Awalnya Richard mengira mobil yang ditumpangi pria itu rusak. Namun, pria tersebut menginformasikan bahwa ia melihat seekor buaya sekitar 50 meter dari tempat mereka berdiri.

Lalu mereka beraksi untuk mengecek lokasi dan melihat buaya yang dimaksud. Sosok buaya pengembara itu terekam oleh pria yang ditemuinya.

“Saya kaget ketika melihat buaya itu benar-benar ada di jalan dan berhasil merekam menggunakan smartphone pemilik kendaraan. Ini pertama kali saya melihat buaya," kata Richard seperti dikutip oleh Liputan6.com dari Siakapkeli, Jumat (17/9/2021).

 

3 dari 3 halaman

Melaporkan ke Perlindungan Satwa Liar

Rekaman video itu pun juga ia unggah di media sosialnya. Bukan tanpa alasan, Richard ingin masyarakat lebih berhati-hati saat hujan turun, karena bisa saja buaya berkeliaran.

“Tujuan saya menyebarkan hal tersebut adalah sebagai pengingat kepada masyarakat agar lebih berhati-hati,” tutur Richard 

Ia juga mengatakan penduduk desa sering turun ke sungai untuk menangkap ikan. Namun belum ada yang pernah menceritakan tentang penemuan reptil tersebut. Merasa khawatir, Richard melaporkan keberadaan hewan tersebut ke Sabah Wildlife Department (JHL) untuk membantu menangkap buaya berbahaya tersebut.