Sukses

Apa itu Marketing? Pahami Pengertian, Tugas, dan Baurannya

Liputan6.com, Jakarta Apa itu marketing pasti sudah tak asing lagi di telinga. Apa itu marketing sering digunakan untuk menggantikan istilah pemasaran. Istilah pemasaran sering muncul dalam bisnis.

Apa itu marketing dipelajari dalam ilmu ekonomi dan bisnis. Marketing berakitan dengan cara menangkap perhatian target pasar, membujuk konsumen, hingga memberi tindakan khusus untuk pelanggan. Strategi marketing sangat penting untuk menunjang berjalanannya sebuah bisnis atau usaha.

Apa itu marketing bahkan menjadi profesi profesional sendiri dalam dunia bisnis. Banyak cara yang digunakan marketing untuk mencapai tujuannya. Apa itu marketing dilakukan oleh orang yang profesional pada bidangnya.

Apa itu marketing berkaitam dengan aktivitas promosi dan penjualan. Berikut apa itu marketing, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(20/09/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian marketing secara umum

Apa itu marketing digunakan secara bergantian dengan istilah pemasaran. Menurut KBBI, marketing adalah proses, cara, atau perbuatan memasarkan suatu barang dagangan. Pemasaran juga terkait dengan aktivitas menyebarluaskan sesuatu ke tengah-tengah masyarakat.

Menurut Investopedia, apa itu marketing adalah semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa kepada konsumen. Marketing sebagai suatu disiplin melibatkan semua tindakan yang dilakukan perusahaan untuk menarik pelanggan dan memelihara hubungan dengan konsumen.

Menurut American Marketing Association, marketing adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas. Apa itu marketing adalah proses membuat orang tertarik pada produk atau layanan perusahaan.

3 dari 6 halaman

Pengertian marketing menurut ahli

William J. Stanton

Apa itu marketing menurut William J. Stanton adalah suatu sistem kesuluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang di tujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, apa itu marketing adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

Cutler

Cutler mendefinisikan apa itu marketing sebagai usaha untuk memperoleh pelanggan, mitra, investor, karyawan dan orang lain langsung berinteraksi dengan membantu pengguna memutuskan apakah mereka akan memakai barang dan jasa baik untuk dimiliki atau diperlukan.

 

4 dari 6 halaman

Bauran marketing 4P

Dalam apa itu marketing, ada yang namanya bauran pemasaran atau marketing mix. Bauran pemasaran ini merupakan kunci dari kesuksesan sebuah kerja marketing. Awalnya, bauran pemasaran yang diperkenalkan oleh Neil Borden (1964), terdiri dari 4 unsur yang dikenal sebagai 4P (product, price, promotion, dan place). Namun, konsep ini berkembang dan menghasilkan banyak aliran seperti milik Booms & Bitner, dengan konsep 7P-nya.

Berikut bauran pemasaran menurut Neil Borden:

Product (produk)

Product (produk) mengacu pada barang atau barang yang direncanakan bisnis untuk ditawarkan kepada pelanggan. Produk harus berusaha untuk memenuhi ketidakhadiran di pasar, atau memenuhi permintaan konsumen untuk jumlah yang lebih besar dari produk yang sudah tersedia.

Price (harga)

Harga mengacu pada berapa banyak perusahaan akan menjual produk. Ketika menetapkan harga, perusahaan harus mempertimbangkan harga biaya per unit, biaya pemasaran, dan biaya distribusi.

Promotion (promosi)

Promosi mencakup berbagai kegiatan seperti periklanan, penjualan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, sponsorship, dan aktivitas pemasaran lainnya. Promosi mewakili semua bentuk komunikasi yang di gunakan oleh pemasar dalam mengkomunikasikan produknya di pasar.

Place (tempat)

Tempat mengacu pada distribusi produk. Pertimbangan utama termasuk apakah perusahaan akan menjual produk melalui etalase fisik, online, atau melalui kedua saluran distribusi. Tempat merupakan cara memperoleh produk atau bagaimana mengakses produk oleh konsumen.

5 dari 6 halaman

Bauran marketing 7P

Sementara untuk bauran marketing 7P yang dikemukakan Booms & Bitner, ada tiga tambahan bauran. Bauran ini meliputi:

People (orang)

People dalam apa itu marketing merujuk pada SDM yang dimiliki dan juga konsumen. Layanan pelanggan yang sangat baik tidak hanya mengubah penjualan, tetapi dapat meningkatkan basis pelanggan.

Process (proses)

Proses mengacu pada bagaimana perusahaan melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen. Proses mengacu pada aliran aktivitas atau mekanisme yang terjadi ketika ada interaksi antara pelanggan dan perusahaan.

Physical Evidence (tampilan fisik)

Physical Evidence atau tampilan fisik berkaitan dengan visual yang diberikan perusahaan. Dalam bauran ini, pemasar harus mempertimbangkan semua hal yang dilihat, didengar, bahkan dicium oleh pelanggan. Bagian ini termasuk pengemasan dan branding. Tampilan fisik juga berkaitan dengan cara produk ditampilkan di toko, di mana mereka ditempatkan, dan konteks di mana mereka duduk, serta penempatan digital, termasuk di situs web dan media sosial.

6 dari 6 halaman

Tugas Marketing

Sebagai ujung tombak bisnis, tugas marketing adalah sebagai berikut:

Melakukan Riset Pasar

Untuk menetapkan harga yang tepat, marketing harus melakukan riset pasar untuk mengetahui harga produk sejenis. Hal ini nantinya menjadi petimbangan bersama keunggulan produk harga bahan baku dan biaya produksinya, serta faktor-faktor lainnya.

Mengidentifikasi Kebutuhan Konsumen

Marketing harus mampu melihat apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga perusahaan dapat menawarkan produk yang pasti dibeli konsumen.

Membuat Perencanaan Produk

Tim marketing memberikan usulan perencanaan produk kepada tim produksi, sehingga produk yang dihasilkan memiliki peluang tinggi untuk dipasarkan dengan luas dengan tingkat penjualan yang tinggi.

Merancang Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran meliputi bentuk dan media promosi beserta target yang ingin dicapai sehingga bisa dievaluasi keberhasilannya.