Sukses

Temani Anak Belajar di Rumah, 4 Museum di Jogja Ini Bisa Dikunjungi Secara Virtual

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sudah menunjukkan tanda-tanda menurun. Kendati demikian, pemerintah tetap menghimbau masyarakat untuk taat protokol kesehatan 5M. Yakni, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas yang tidak penting.

Nah, bagi para orangtua yang ingin 'liburan' dengan anaknya bisa menjajal virtual traveling tanpa keluar rumah dan berkerumun lho.

Saat ini sudah banyak wisata di Indonesia yang menyediakan fasilitas virtual tour, di antaranya museum-museum yang ada di Yogyakarta. Fasilitas tersebut dimanfaatkan pengelola museum Yogyakarta untuk menarik minat wisatawan berkunjung dan menikmati koleksi museum.

Teknologi ini cocok jadi pilihan bagi para orangtua untuk mengajak sang buah hati bermain sambil belajar ke museum. Berikut 4 museum di Jogja yang bisa dikunjungi secara virtual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Museum di Jogja Online

1. Museum Benteng Vredeburg

Kondisi pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM membuat pengelola Museum Benteng Vredebrug harus memutar otak agar masyarakat tetap dapat menikmati museum ini. Pengelola bersama-sama dengan kementerian terkait membangun fasilitas kunjungan virtual Museum Vredeburg.

Kunjungan virtual ini dibuka untuk umum secara gratis selama 24 jam dari Senin hingga Minggu. Kunjungan virtual ini dilengkapi view 360 derajat, denah, foto koleksi yang dilengkapi keterangan sejarah.

Museu Benteng Vredeburg ini memiliki banyak koleksi bersejarah, antara lain, empat ruangan diorama yang menggambarkan sejarah panjang Indonesia, mulai dari perang Diponegoro hingga Orde Baru. Museum virtual di Yogyakarta ini dikemas dengan menarik dan dilengkapi game edukatif sehingga pengunjung tidak bosan. Tertarik? Bisa langsung akses melalui https://virtualtourvredeburg.id/.

2. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo merupakan museum sejarah kebudayaan Jawa. Museum yang terletak di tepi Alun-Alun Utara Yogyakarta ini menyimpan koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa yang cukup lengkap.

Selama PPKM, Anda dapat mengunjungi museum Sonobudoyo secara virtual secara dan gratis. Penyajian kunjungan virtual museum ini juga tidak kalah menarik, yakni dengan 360 derajat view video.

Meskipun tidak mencantumkan keterangan koleksi secara detail, tetapi ada fitur backsound yang dapat dinyalakan, sehingga suasana berkunjung langsung tetap terasa. Untuk berkunjung secara virtual bisa mengakses https://jogja360.net/museum/03/2021/virtual-tour-museum-sonobudoyo/.

3 dari 3 halaman

Wisata Museum di Jogja Online

3. Museum Affandi

Pencinta seni, terutama seni lukis, masih bisa melakukan kunjungan ke galeri seni museum Affandi meski dari rumah. Museum Affandi membuka kunjungan virtual yang diselenggarakan Galeri Nasional Indonesia.

Saat ini, museum ini dapat dinikmati di mana pun berada melalui smartphone atau komputer Anda. View 360 derajat dapat menggambarkan kemegahan galeri seni maestro Affandi. Kunjungan virtual museum seni ini digelar tanpa memungut biaya kok.

Selain itu, kunjungan virtual ini menyajikan gambar-gambar koleksi yang ada di museum disertai keterangannya secara rinci dan interaktif, sehingga akan terasa seperti mengunjungi museum seni ini secara langsung. Untuk berkunjung secara virtual bisa mengakses https://www.360indonesia.id/gallery-nasional-affandi/.

4. Museum Sandi Negara

Museum sandi negara ini merupakan museum kriptologi satu-satunya di Indonesia. Museum ini didirikan dengan tujuan sebagai salah satu bentuk media penanaman nilai patriotisme.

Museum ini dapat dikunjungi secara virtual tanpa memungut biaya seperserpun lho. Museum ini berdiri atas prakarsa bersama antara Kepala Lembaga Sandi Negara RI, Mayjen TNI Nachrowi Ramli dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada 2006.

Selain menghadirkan koleksi museum secara detail secara virtual, pengunjung juga bisa belajar membuat sandi sederhana. Untuk mengakses kunjungan virtual bisa mengklik https://jogja360.net/museum/03/2021/virtual-tour-museum-sandi/.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini