Sukses

50 Kata Kata Bijak Bahasa Sunda Beserta Artinya, Penuh Makna dan Bisa Jadi Semangat

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata bijak bahasa Sunda beserta artinya dapat menjadi motivasi hidup kamu. Melalui kata-kata bijak, kamu bisa mendapat pencerahan dan dorongan semangat. Kata-kata bijak bahasa Sunda ini juga bisa kamu baca kapanpun.

Pasalnya, kata-kata bijak bahasa Sunda itu mencakup aspek luas, baik tentang diri sendiri maupun kepada orang lain. Tak hanya digunakan oleh orang Sunda, Bahasa Sunda ini juga kerap digunakan oleh seseorang yang juga tidak berasal dari Jawa Barat.  Logat dan cara pengucapan yang khas, sehingga membuat banyak orang tersenyum sendiri saat mendengarnya.  

Terkadang seseorang tak bisa mengeluarkan perasaan sedih ataupun marah dan kecewa kepada orang lain, padahal jika semua rasa kesal tersebut dipendam akan membuat mood menjadi jelek dan pikiran semakin lelah. Untuk itu penting untuk kamu membaca kata-kata bijak bahasa Sunda ini agar dapat termotivasi dan terhibur.

Berikut ini beberapa kata-kata bijak bahasa Sunda yang penuh makna dan bisa jadi semangat, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (21/9/2021).

2 dari 6 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Sunda Beserta Artinya

Berikut ini beberapa kata-kata bijak bahasa Sunda dan artinya, yaitu:

1.    "Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor". (Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda)

2.    "Hirup itu harus loba seuri, iar keliatannya teh bagja alias senang. Gitu, meskipun mah hate keur notog titajong boleksek". (Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat senang dan bahagia, meski hati sedang dalam keadaan gundah)

3.    "Ulah nepika ngajadikeun cinta matak poho kana sagalana, komo nepika poho ka nu maha kawasa, asa ku kabina-bina". (Jangan sampai menjadikan cinta membuat lupa pada semuanya, apalagi sampai lupa pada yang maha kuasa)

4.    "Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana". (Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya)

5.    "Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh." (Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih.)

6.    "Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du’a sarta ditutup ku rasa sukur." (Hidup haruslah dimulai dengan doa serta diakhiri dengan rasa syukur.)

7.    "Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggéur katémbong masihan cahyana." (Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya)

8.    "Jalmi tiasa suksés, margi gaduh seuéur cara. Sedéngkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gaduh seuéur téuing alésan." (Orang bisa sukses karena punya banyak cara. Sedangkan orang yang gagal karena dia punya banyak sekali alasan.)

9.    "Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh." (Harus saling mencintai, memberi nasihat, dan mengayomi.)

10. "Mun geus johnamah moal kamana ieuh." (Kalau sudah jodoh tidak bakal lari ke mana)

 

 

 

 

 

 

3 dari 6 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Sunda Beserta Artinya

Berikut ini beberapa kata-kata bijak bahasa Sunda dan artinya, yaitu:

11. "Teu aya istilah cinta buta, aya ge jalma eta sorangan nu ngabutakeun diri." (Tidak ada istilah cinta buta, yang ada orang itu sendiri yang membutakan dirinya)

12. "Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira." (Sebelum memberi nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu)

13. "Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga sipat samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng." (Nafsu adalah suatu hal yang bersifat sementara yang lebih dulu disukai daripada hal-hal yang abadi)

14. "Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi". (Orang miskin bukanlah ketika tak mempunyai harta, tetapi ketika kita telah kehilangan cinta dari keluarga)

15. "Bobot pangayun timbang taraju." (Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu)

16. "Kudu silih asih, silih asah, jeung silih asuh." (Kita harus saling mengasihi, mengasah, dan juga saling mengasuh antarsesama manusia)

17. "Sacangreud pageuh sagolek pangkek." (Apa yang kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan konsisten)

18. "Kudu hade gogod hade tagog." (Kita harus menjaga tingkah laku diri yang baik)

19. "Bengkung ngariung bongok ngaronyok." (Jika kita menghadapi suatu kesulitan atau masalah pecahkan secara bersama-sama)

20. "Kalakuan ngukur baju sasereg awak." (Jangan hanya melihat seseorang dari luarnya saja)

 

 

4 dari 6 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Sunda dan Artinya

Berikut ini beberapa kata-kata bijak bahasa Sunda dan artinya, yaitu:

21. "Cai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok." (Harus punya tekad dan semangat yang pantang mundur)

22. "Lakukeun naon anu urang sanggup, teras tinggalkeun ka Gusti." (Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan)

23. "Jaga kalakuan anjeun, ulah sombong pikeun kakuatan, jabatan atanapi kasang tukang saha anjeun." (Jagalah selalu kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan, kedudukan atau latar belakang siapa dirimu)

24. "Kudu bageur pikeun diri anjeun, kulawarga, sareng sadaya mahluk sasama anjeun. (Bersikap baiklah untuk diri sendiri, keluarga, dan semua sesama makhluk hidup)

25. "Paradaban sareng elmu sami pentingna pikeun ngudag kahirupan dunya." (Adab maupun ilmu sama pentingnya untuk mengejar kehidupan dunia)

26. "Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksésan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun urang pangaweruh." (Kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu)

27. "Gusti moal sare." (Tuhan tidak pernah tidur)

28. "Jalma anu menang nyaéta jalma anu tiasa ngontrol dirina." (Orang yang menang adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya sendiri)

29. "Asih henteu dumasar kana penampilan alus, kaéndahan raray anjeun, kabeungharan anjeun sareng karya anjeun." (Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu)

30. "Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna." (Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalannya)

 

5 dari 6 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Sunda Beserta Artinya

Berikut ini beberapa kata-kata bijak bahasa Sunda dan artinya, yaitu:

31. "Kagagalan tina hiji hubungan cinta nyaeta hal anu biasa. Wanci urang bisa bangkit tina kagagalan, eta tandana urang bisa jadi jalma anu luar biasa." (Kegagalan dalam hubungan cinta adalah hal yang sangat umum. Kita bisa bangkit dari kegagalan, yang berarti kita bisa menjadi orang yang luar biasa.)

32.  "Miindung ka waktu mibapa ka zaman." (Mengikuti perkembangan zaman.)

33. "Sakali salira nyarios henteu tiasa. Mangka, didinya oge salira kaleungitan kasempetan kanggo tiasa." (Sekali kamu katakan tidak bisa. Maka di sana juga kamu kehilangan kesempatan untuk bisa.)

34. "Tong gede hulu bisi teu bisa maké hélm." (jangan besar kepala nanti tidak bisa memakai helm.)

35. "Misalkeuna aya jalmi anu nyengseurikeun urang, ulah bae ngarasa ngarasula, Sabab nu diluhur mah bakalan terus masihan jalan pikeun urang." (Misalkan ada seseorang yang menertawakan kita, jangan sampai merasa terganggu dan jadi masalah, sebab Allah pasti memberikan jalan untuk kita semua.)

36. "Lamun anjen mikahayang hiji perkawis nu henteu acan kantos anjen mipiboga, mangka anjen keudah lakukeun hiji perkawis, nu heunteu acan kantos anjen pigawean." (Bila kamu menginginkan suatu yang belum pernah kamu miliki, maka kamu mesti lakukan satu hal yang belum pernah kamu kerjakan.)

37.  "Harta banda ukur titipan, kade poho syukuran kanu Maha Kawasa." (Harta benda hanya titipan, jangan lupa bersyukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa)

38. "Tong ngalalaworakeun kanu jadi kolot, sabab indung tunggul rahayu bapa tangkal darajat." (Jangan menyia-nyiakan orang tua sebab ibu sumber kemakmuran dan bapak sumber derajat seorang anak)

39. "Lamun boga rejeki kudu bisa ngeureut neundeun meh isuk jaganing geto teu katalangsara." (Kalau punya rijki harus bisa menyisihkan agar besok lusa tidak kesusaha.)

40. "Jadi jelema mah kudu jujur jeung hampang birit meh loba nu mikaresep." (Jadi orang harus jujur dan rajin agar banyak orang yang menyayangimu)

 

 

6 dari 6 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Sunda Beserta Artinya

Berikut ini beberapa kata-kata bijak bahasa Sunda dan artinya, yaitu:

41. "Kudu bisa mihapékeun manéh atau sing bisa mipahekeun diri." (Harus bisa menjaga diri dalam pergaulan atau harus pandai beradaptasi dengan lingkungan)

42. "Tata titi duduga peryoga." (Menjaga etika dan sopan santun)

43. "Moal aya haseup mun euweuh seuneu, matak oge ulah nyieun pucuk tigirang bisi nimbulkeun bancang pakewuh." (Tidak akan ada akibat kalau tidak ada sebab, makanya jangan bikin perkara takutnya akan menimbulkan masalah)

44. "Kudu boga barang sorangan ulah adéan ku kuda beureum." (Harus punya barang sendiri jangan merasa bangga dengan milik orang lain)

45. "Bawa! tong sok ridu ku tanduk, engkemah butuh." (Bawa! (barang tertentu) jangan merasa ribet nanti juga akan butuh)

46. "Sing boga pamadegan hirup, ulah jiga awi sumaér di pasir." (Harus punya pendirian jangan plin plan)

47. "Lamun jangji kudu sacangreud pageuh sagolek pangkek." (Kalau janji harus ditepati tidak boleh mencla mencle)

48.  "Ulah ngumbar nafsu sabab nafsu nu matak kaduhung awak nu bakal katempuhan." (Jangan mengumbar amarah sebab amarah akan menimbulkan penyesalan dan kerugian di kemudian hari)

49.  "Munding dicekel tambangna, jelema dicekel caritannana. Kudu tijin kana jangji ulah lunca linci luncat mulang udar tina tali gadang." (Kalau berbicara harus jujur dan kalau berjanji harus bisa dipegang dan jangan berkhianat)

50. "Sing daek peurih da hirupmah moal beunghar ku panyukup batur." (Harus mau berjuang sendiri meskipun sulit sebab hidup tidak akan kaya dengan pemberian orang lain)