Sukses

Arti Sans yang Sering Digunakan di Media Sosial, Pahami Maknanya

kata sans merupakan istilah plesetan dari kata santai.

Liputan6.com, Jakarta Kata sans sering kali muncul pada media sosial ataupun ketika sedang berkomunikasi dengan teman. Kata ini terbilang cukup populer di kalangan anak muda sekarang, bahkan setiap berkomunkasi dengan teman kata sans sering kali muncul.

Namun masih banyak orang belum tau arti sans. Arti sans adalah kata plesetan dari kata santai, kata in sering kali digunakan ketika seseorang merasa malas mengerjakan sesuatu. Ketika rasa malas tersebut datang, barulah mereka mengucapkan kata sans kepada teman-temannya. 

Tak hanya itu, arti sans juga sering diucapkan ketika seseorang terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu padahal waktu yang tersisa masih banyak. Tak hanya itu, arti sans ini berarti luas saat dipakai ketika berkomunikasi bersama teman.

Berikut ini arti sans beserta daftar kata dalam bahasa gaul yang sering digunakan di medsos yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (21/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Sans

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia atau KBBI sendiri menyatakan bahwa arti sans terdiri dari 4 buah karakter dan merupakan kata tak baku dari santai, di mana penggunaan kata yang satu ini ditujukan kepada seseorang untuk segera rileks atau tenang dalam sebuah keadaan.

Dalam bahasa gaul, arti sans juga dapat sebagai sebuah pengungkapan kepada seseorang untuk segera santai dalam menghadapi berbagai keadaan. Misalkan ada seseorang yang sedang curhat mengenai masalah yang tengah dihadapinya dan orang yang diajak mengobrol membalasnya dengan kata sans, berarti orang tersebut memberitahukan kepada temannya untuk santai saja dan bawa permasalahan tersebut dengan kepala dingin.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Istilah Sans

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa arti sans digunakan untuk membuat seseorang melakukan semua kegiatan dengan santai dan jangan terburu-buru.

Contoh penggunaan istilah sans, diantaranya:

1. Ah gw mah gak terlalu mikirin sih, dibawa sans aja coy.

2. Belum, sans aja masih besok ini dikumpulinnya.

4 dari 4 halaman

Kumpulan Kata Bahasa Gaul

Selain kata sans, ada banyak bahasa gaul di kalangan anak muda yang sering digunakan di medsos maupun terucap secara langsung. Berikut ini beberapa bahasa gaul di kalangan anak muda, diantaranya:

1. Mantap-mantap, artinya sebuah ungkapan kode menandakan keadaan pasangan yang sedang bermesraan atau bercumbu.

2. Enak-enak, sama halnya dengan kata mantap-mantap, Enak-enak juga menjadi sebuah kata yang lazim digunakan untuk mengganti kata bercumbu.

3. Mukbang, Mukbang dipakai saat akan makan. Biasanya mukbang berarti kenyang Atau menyantap dengan lahap dan dalam porsi banyak.

4. Anjir atau Anjay, beberapa mengartikannya sebagai anjing. Lebih sebagai pujian untuk sesuatu yang terlihat hebat, dan bukan sebagai makian.

5. Bosque, dibaca Bos ku. Istilah yang diucapkan untuk seseorang yang dihormati, atau lebih old.

6. Curcol, artinya curhat colongan. Istilah yang untuk sebuah kondisi dimana seseorang tiba-tiba curhat tanpa pemberitahuan sebelumnya.

7. Curhat, artinya curahan hati. Istilah untuk seseorang yang menceritakan masalahnya kepada orang lain.

8. Garing, istilah yang dipakai ketika tidak ada respon terhadap sesuatu. Ketika kita curhat, namun lawan bicara kita tidak merespon maka istilah untuk dia adalah garing banget.

9. Gercep, artinya gerak cepat. Istilah untuk seseorang yang melakukan segala sesuatu secara cepat, bahkan sudah jalan tanpa disuruh.

10. G-je (dibaca Geje), artinya gak jelas. Istilah ini digunakan jika kita tidak bisa menangkap maksud atau penjelasan dari seseorang.

11. Halu, artinya halusinasi. Istilah untuk seseorang yang sedang berkhayal, berimajinasi tinggi tapi tidak bisa mewujudkannya.

12. Jadul, artinya jaman dulu. Istilah yang dipakai untuk orang atau sesuatu yang masih kuno.

13. Japri, artinya jaringan pribadi atau jalur pribadi. Istilah yang digunakan ketika kita ingin berkomunikasi secara lebih privat, berdua saja.

14. Kid jaman now, Istilah yang dipakai untuk menyebut anak jama sekarang.

15. Komuk, artinya kondisi muka. Istilah yang digunakan untuk menyebut wajah atau muka seseorang.

16. Kudet, artinya kurang update. Istilah untuk orang yang tidak mengikuti perkembangan jaman.

17. Kuy, merupakan kebalikan dari yuk. Istilah yang digunakan untuk mengajak seseorang.

18. Leh uga, singkatan dari boleh juga. Istilah yang digunakan jika seseorang membolehkan sesuatu.

19. Mager, artinya malas gerak. Istilah untuk kaum rebahan, yang malas mengerjakan apapun.

20. Manjiw, artinya mantab jiwa. Istilah yang lebih kekinian dari mantul, boleh dikatakan sebagai mantul 2.0.

21. Mantul, artinya mantab betul. Istilah yang digunakan untuk memuji atau menggambarkan sesuatu yang hebat.

22. Monmaap, istilah ini merupakan singkatan dari mohon maaf.

23. Ntaps, artinya mantap. Istilah untuk memuji sesuatu.

24. Oldies, istilah yang dipakai untuk menyebut generasi tua.

25. OTW, artinya on the way. Istilah bagi orang yang mau atau sedang berangkat ke tujuan.

26. Pansos, artinya panjat sosial. Istilah ini digunakan untuk orang yang suka cari-cari perhatian baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

27. Receh, artinya sepele, murahan atau tidak berkualitas. Istilah ini sering digunakan untuk lelucon atau humor yang sepele.

28. Rempong, artinya repot atau ribet. Istilah untuk menggambarkan keadaan yang menyusahkan.

29. Sabi, kata kebalikan dari bisa. Agar bisa kelihatan keren.

30. Santuy, istilah gaul untuk santai.

31. Unyu, artinya lucu atau imut. Istilah untuk menggambarkan kelucuan sesuatu.

32. Uwu, istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan gembira atau lucu. Uwu juga bisa berarti sesuatu yang luar biasa imut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini