Sukses

Awas, Bahaya Terlalu Lama Duduk Saat Bekerja

Ini bahaya duduk terlalu lama.

Liputan6.com, Jakarta Terlalu lama duduk berisiko bisa menganggu kesehatan. Sebagai contoh saat bekerja di kantor atau bekerja di rumah. Jika terlalu lama, hal itu bisa berisiko menganggu kesehatan. Dilansir liputan6, berikut bahaya duduk terlalu lama.

Jantung

Tanpa disadari, duduk terlalu lama bisa menyebabkan risiko penyakit jantung. Pasalnya, tubuh yang tidak bergerak karena duduk hanya mampu membakar lemak yang sedikit. Akibatnya aliran darah tidak mengalir dengan baik dan menyebabkan asam lemak menyumbat jantung. Belum lagi dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi minumana beralkohol.

Obesitas

Obesitas dan perut buncit bisa menjadi salah satu risiko akibat terlalu lama duduk. Pasalnya, tubuh yang tidak bergerak membuat otot tubuh tak dimanfaatkan sepenuhnya. Selain itu, untuk perut buncit, karena kurangnya pelepasan molekul, seperti lipoprotein lipase yang bertugas untuk mengelola lemak dan gula dalam tubuh.

Diabetes

Bayangkan saat bekerja, kita duduk berjam - jam sambil menatap laptop atau monitor. Hal itu bisa mengakibatkan sensitivitas insulin berkurang yang merupakan membawa glukosa ke dalam sel darah untuk dijadikan energi. Jika tidak diatasi, tubuh bisa cepat lelah dan berat badan pun bertambah.

Risiko kanker

Selain penyakit di atas, risiko lainnya adalah meningkatkan risiko kanker. isiko kanker karena duduk terlalu lama disebabkan oleh produksi insulin yang berlebihan mempromosikan pertumbuhan sel sehingga ada beberapa sel yang tumbuh dengan tidak terkendali dan menjadi tumor.

Hal ini berbanding terbalik bila badan bergerak dengan aktif. Antioksidan akan bekerja dengan baik dan dapat menghilangkan risiko terkena kanker karena radikal bebas. Ketika duduk terlalu lama, antioksidan tidak dapat bekerja dengan baik, dan menyebabkan radikal bebas mudah menyerang.

Cara mencegahnya

Penyakit akibat terlalu lama duduk masih bisa dicegah sekarang juga. Caranya, kamu cukup istirhat yang cukup. Jadi seimbangkan waktu untuk bekerja dan istirahat.

Selain itu, berolahraga. Saat kamu menyadari bahwa sudah terlalu lama duduk. Kamu bisa lakukan olahraga ringan. Mulai dari yoga, squat, dan push up. Terakhir ada seimbangkan dengan makanan sehat. Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna bisa menjadi cara mencegah penyakit akibat duduk terlalu lama.

Kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin agar tubuh mendapatkan vitamin yang dibutuhkan. Selain itu, dengan multivitamin, bisa menjaga imun tubuh selama bekerja.

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini