Sukses

25 Fungsi Minyak Zaitun untuk Keperluan Sehari-Hari, Bahan Serbaguna

Kandungan antioksidannya membuat fungsi minyak zaitun sangat luas

Liputan6.com, Jakarta Fungsi minyak zaitun termasuk minyak serbaguna yang bisa ditemukan. Minyak zaitun merupakan hasil olahan buah zaitun. Minyak ini sangat terkenal di kawasan Mediterania.

Fungsi minyak zaitun sering digunakan dalam memasak, seperti untuk menumis ringan hingga campuran salad dressing. Tak hanya dikonsumsi, fungsi minyak zaitun dikenal manfaatnya sebagai perawatan kulit dan bahan kosmetik. Kandungan minyak zaitun banyak ditemukan di sabun, losion, krim, hingga makeup. 

Kandungan antioksidannya membuat fungsi minyak zaitun sangat luas. Fungsi minyak zaitun kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal yang merupakan pilihan sehat untuk masakan. Sementara untuk kulit, fungsi minyak zaitun bisa menjaga kelembapan.

Fungsi minyak zaitun bisa menjadi jenis minyak multifungsi yang ada di rumah. Fungsi minyak zaitun sangat berguna untuk keperluan rumah tangga. Berikut fungsi minyak zaitun, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(23/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Fungsi minyak zaitun untuk kesehatan

Cegah Stroke

Minyak zaitun dapat mengurangi risiko stroke dengan melindungi terhadap kondisi seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Mereka yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Cegah Penyakit Jantung

Fungsi minyak zaitun untuk kesehatan yang cukup penting adalah mencegah penyakit jantung. Minyak zaitun telah lama dikenal sebagai lemak yang menyehatkan jantung. Salah satu senyawa yang diduga berperan dalam mendukung kesehatan jantung adalah asam oleat, sejenis lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam jumlah tinggi dalam minyak zaitun.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa minyak zaitun mampu menstabilkan gula darah dan sensitivitas insulin. Efek ini dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Minyak zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan kadar glukosa darah.

Sehatkan otak

Fungsi minyak zaitun sangat baik untuk otak karena penuh dengan lemak sehat. Asam lemak Omega-3 dan Omega-6 hadir dalam minyak zaitun sangat penting untuk kesehatan otak. Asam lemak dalam minyak zaitun membantu melindungi jaringan otak terhadap zat-zat beracun yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

3 dari 9 halaman

Fungsi minyak zaitun untuk kesehatan

Bantu penurunan berat badan

Minyak zaitun dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak ini selain menjaga jantung tetap sehat dan kadar gula darah stabil juga membantu membantu penurunan berat badan. Minum minyak zaitun dapat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan yang penuh kalir.

Atasi sembelit

Minum minyak zaitun dapat meringankan sembelit. Minyak zaitun bisa jadi cara yang aman dan sehat untuk membuat tinja bergerak dan meringankan sembelit. Lemak dalam minyak zaitun dapat membantu menghaluskan bagian dalam usus, sehingga memudahkan buang air besar.

Antibakteri

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya. Salah satunya adalah Helicobacter pylori, bakteri yang hidup di perut dan dapat menyebabkan tukak lambung dan kanker perut.

Antioksidan dan Antiinflamasi

Terlepas dari asam lemaknya yang bermanfaat, minyak zaitun juga sarat dengan antioksidan kuat. Antioksidan ini aktif secara biologis dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Fungsi minyak zaitun juga memerangi peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah Anda dari oksidasi yang merupakan dua manfaat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4 dari 9 halaman

Fungsi minyak zaitun untuk kulit

Melembapkan kulit

Fungsi minyak zaitun untuk kulit dikenal untuk melempabkan dan menghaluskan kulit. Minyak zaitun adalah pelembap alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Minyak zaitun mampu mempertahankan elastisitas kulit dan cenderung membuatnya halus, kenyal, dan bercahaya. Minyak ini mengandung jumlah vitamin E yang baik, antioksidan yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti sinar matahari atau udara dingin.

Cegah dan atasi jerawat

Minyak zaitun telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Jika kamu rentan terhadap jerawat, menggunakan sabun yang mengandung dengan minyak zaitun dapat membantu.

Cegah penuaan dini

Ketika diterapkan pada kulit, antioksidan pada minyak zaitun dapat mencegah penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, kulit mulai mengendur dan mengembangkan kerutan. Tanda-tanda penuaan ini bisa diperlambat dengan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat memperbaiki sel-sel kulit secara alami. Karena kandungan antioksidannya, fungsi minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan.

5 dari 9 halaman

Fungsi minyak zaitun untuk kulit

Bantu hilangkan komedo

Minyak zaitun adalah obat alami untuk komedo. Menggunakan minyak zaitun di wajah akan membuka sumbat pori-pori dengan menyerap kotoran yang terkumpul sehingga komedo dapat terangkat.

Bantu hapus makeup

Fungsi minyak zaitun bisa menjadi alternatif untuk menghapus makeup. Menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih wajah bisa menjadi solusi alami untuk kulit sensitif yang kerap bermasalah ketika bersentuhan dengan bahan kimia. Cara menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan wajah adalah dengan mengoleskan dan memijatnya lembut.

Mengencangkan wajah

Antioksidan dalam minyak zaitun mampu mengencangkan wajah dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Hidrasi yang cukup membuat kulit tetap kencang bercahaya.

6 dari 9 halaman

Fungsi minyak zaitun untuk rambut

Cegah rambut rontok

Penggunaan minyak zaitun secara teratur membantu memblokir produksi hormon yang melemahkan rambut. Fungsi minyak zaitun ini membantu mengurangi rambut rontok.

Cegah kerusakan

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut serta melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Karena minyak mencegah kekeringan, minyak zaitun juga membantu menjaga rambut tetap tebal dengan mengurangi kerusakan. Kandungan asam lemak omega-6 yang kaya, menjaga rambut tidak patah.

Atasi rambut kering

Minyak zaitun adalah bahan perawatan rambut yang penting, terutama jika memiliki rambut kering. Fungsi minyak zaitun adalah kondisioner rambut yang sangat baik. Sifat pelembapnya dapat membantu menutup kutikula rambut dengan membentuk pelindung di atas batang rambut. Ini membantu mengontrol rambut kusut.

Tenangkan kulit kepala

Fungsi minyak zaitun dapat membantu menenangkan kulit kepala yang bermasalah. Ini dapat mengatasi masalah seperti gatal dan ketombe. Ketombe dan folikel yang tersumbat adalah penyebab utama rambut rontok. Minyak zaitun sangat bagus untuk melembabkan kulit kepala dan mencegah ketombe yang merupakan penyebab utama rambut rontok.

7 dari 9 halaman

Fungsi minyak zaitun untuk rambut

Tingkatkan pertumbuhan rambut

Minyak zaitun dapat membantu pertumbuhan rambut. Minyak zaitun dapat menenangkan kulit kepala, memperkuat folikel rambut, dan berpotensi merangsang pertumbuhan rambut.

Cegah rambut bercabang

Fungsi minyak zaitun dapat membantu menghaluskan ujung rambut yang patah atau terkena panas. Ini bisa membantu mengatasi rambut bercabang. Cukup aplikasikan minyak zaitun ke ujung rambut yang rusak. Minyak juga dapat memperkuat rambut dan meningkatkan elastisitasnya. Ini dapat membantu mencegah masalah, seperti kerusakan dan ujung bercabang.

Hilangkan ketombe

Menggunakan minyak zaitun dapat mengurangi ketombe. Minyak zaitun akan membantu melembabkan kulit kepala yang kering dan menenangkan pengelupasan. Minyak zaitun memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Ini menjadikannya pembersih rambut yang baik. Pembersihan ini digunakan untuk menghilangkan penumpukan yang menyumbat folikel rambut.

Menambah kilau rambut

Minyak zaitun dapat menambah kelembutan dan memperkuat rambut dengan menembus batang rambut dan menjaga kelembapan. Semua ini dapat meningkatkan kilau rambut karena minyak yang menghaluskan kutikula luar rambut. Menggunakan minyak zaitun secara rutin bisa membantu menambah kilau rambut.

8 dari 9 halaman

Fungsi minyak zaitun untuk rumah tangga

Cegah lengket pada perabot

Saat sedang masak atau menyiapkan makanan dengan bahan lengket seperti gula madu, dan selai, kamu bisa memanfaatkan fungsi minyak zaitun untuk mencegah lengket. Lapisi cangkir atau sendok dengan sedikit minyak zaitun agar makanan lengket mudah dilepaskan.

Beri kilau pada Stainless Steel

Oleskan sedikit minyak zaitun pada kain lembut dan gosok peralatan stainless steel, panci, dan bak cuci untuk mencegah goresan, noda air, noda, dan korosi. Akhiri dengan menggosok dengan kain lembut.

Memperlambat noda

Fungsi minyak zaitun tidak akan menghentikan noda pada perabot perak, tetapi ia kan membuatnya tetap berkilau lebih lama. Setetes minyak pada kain lembut yang dioleskan pada perak yang dipoles akan memperlambat oksidasi yang menyebabkan noda.

9 dari 9 halaman

Fungsi minyak zaitun untuk rumah tangga

Hilangkan label yang lengket

Basahi label kertas dengan setetes atau lebih minyak zaitun dan biarkan menempel pada label setidaknya selama 15 menit. Label akan mudah terkelupas dan plastik, kaca, atau barang kayu dapat dicuci dengan tangan untuk menghilangkan residu yang tersisa.

Melepaskan risleting

Celupkan kapas ke dalam minyak zaitun dan gosokkan pada gigi ritsleting. Ini bisa membantu mengatasi risleting yang macet. Perlahan tarik ritsleting ke atas atau ke bawah untuk mengatasi kemacetan.

Beri kilau di sepatu, tas, atau jaket berbahan kulit

Furnitur kulit, sarung tangan, sepatu, tas, atau jaket berbahan kulit akan menjadi lembut dan kenyal setelah digosok dengan beberapa tetes minyak zaitun dan kain lembut. Mengusap permukaan kulit dengan minyak zaitun bisa mengembalikan kilau dan membuatnya nampak bersih.

Cegah karat pada silet

Fungsi minyak zaitun juga bisa mencegah karat pada silet atau pisau cukur. Untuk membantu mereka bertahan lebih lama dan mencegah karat yang menumpuk, seka pisau cukur kering dengan bola kapas atau kapas yang dicelupkan ke dalam minyak zaitun. Biarkan bilah mengering sebelum digunakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.