Sukses

Rendering adalah Proses Pengeditan, Ketahui Jenis, Cara Kerja, dan Waktunya

Rendering adalah proses yang tak asing bagi para desainer grafis.

Liputan6.com, Jakarta Rendering adalah bagian dari proses editing. Tentunya, rendering adalah proses yang tak asing bagi para desainer grafis. Rendering adalah istilah yang berasal dari dunia grafis. Rendering adalah proses yang dilakukan dengan perangkat lunak khusus.

Rendering adalah proses yang dilakukan pada video, animasi, gim, suara, arsitektur atau grafis. Seringkali rendering adalah proses yang memerlukan waktu lama. Ada berbagai teknik yang digunakan dalam proses rendering.

Rendering adalah proses yang akan menentukan hasil dari karya grafis. Teknik dan fitur rendering yang digunakan bervariasi sesuai dengan proyek. Berikut pengertian tentang rendering, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (25/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian rendering

Rendering adalah proses menghasilkan gambar fotorealistik atau non-fotorealistik dari model 2D atau 3D melalui program komputer. Gambar yang dihasilkan disebut sebagai render. Gambar tersebut merupakan gambar digital atau gambar grafik raster.

Dilansir dari Techopedia, rendering adalah proses yang terlibat dalam pembuatan gambar dua dimensi atau tiga dimensi dari model melalui program aplikasi.

Rendering adalah proses menggabungkan hasil editan berupa foto, video, audio, teks, dan objek lainnya. Proses rendering adalah langkah menggabungkan seluruh objek menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Rendering adalah proses akhir dari membuatan sebuah grafis. Hasil dari rendering adalah output yang bisa dinikmati.

Efek video, audio, dan animasi yang diedit masuk ke proses rendering. Rendering digunakan dalam pembuatan permainan komputer dan video , simulator, film atau efek khusus TV, dan visualisasi desain, masing-masing menggunakan keseimbangan fitur dan teknik yang berbeda.

3 dari 6 halaman

Unsur-unsur rendering

Dilansir dari graphic fandom, unsur atau fitur dalam proses rendering adalah:

- Bayangan — bagaimana warna dan kecerahan permukaan bervariasi dengan pencahayaan

- Tekstur-mapping — metode menerapkan detail ke permukaan

- Bump-mapping — sebuah metode simulasi bumpiness skala kecil pada permukaan

- Media fogging/participating — bagaimana cahaya meredup saat melewati atmosfer atau udara yang tidak cerah

- Refleksi — efek menghalangi cahaya

- Bayangan lembut — berbagai kegelapan yang disebabkan oleh sebagian sumber cahaya yang dikaburkan

- refleksi — refleksi seperti cermin atau sangat mengkilap

- transparansi — transmisi cahaya yang tajam melalui benda padat

- translucency — transmisi cahaya yang sangat tersebar melalui benda padat

- pembiasan — pembelokan cahaya yang terkait dengan transparansi

- penerangan tidak langsung — permukaan yang diterangi oleh cahaya yang dipantulkan dari permukaan lain, bukan langsung dari sumber cahaya

- caustics (suatu bentuk iluminasi tidak langsung) — pantulan cahaya dari objek yang mengkilap, atau pemfokusan cahaya melalui objek transparan, untuk menghasilkan sorotan terang pada objek lain

- kedalaman bidang — objek tampak kabur atau tidak fokus ketika terlalu jauh di depan atau di belakang objek dalam fokus

- gerakan kabur — objek tampak buram karena gerakan berkecepatan tinggi, atau gerakan kamera

- photorealistic morphing — photoshopping rendering 3D agar tampak lebih hidup

- rendering non-fotorealistik — rendering adegan dalam gaya artistik, dimaksudkan agar terlihat seperti lukisan atau gambar

4 dari 6 halaman

Jenis rendering

Dilansir dari Techopedia, ada dua kategori rendering: pre-rendering dan rendering real-time. Perbedaan mencolok antara keduanya terletak pada kecepatan komputasi dan finalisasi gambar.

Rendering Real-Time

Rendering Real-Time digunakan dalam grafik dan game interaktif di mana gambar harus dibuat dengan cepat. Karena interaksi pengguna tinggi di lingkungan seperti itu, pembuatan gambar waktu nyata diperlukan. Perangkat keras grafis khusus dan pra-kompilasi informasi yang tersedia telah meningkatkan kinerja rendering waktu nyata.

Pra-Rendering

Teknik rendering ini digunakan di lingkungan di mana kecepatan tidak menjadi perhatian dan perhitungan gambar dilakukan menggunakan unit pemrosesan pusat multi-inti daripada perangkat keras grafis khusus. Teknik rendering ini banyak digunakan dalam animasi dan efek visual, di mana fotorealisme harus berada pada standar setinggi mungkin.

5 dari 6 halaman

Proses Rendering

Dilansir dari Promax, proses rendering dimulai dengan pengumpulan elemen dan efek video. Proses pra-rendering – menggambar garis besar, mengatur model, dan menambah efek di sekitar komponen video dan mengintegrasikan komponen audio. Setelah semua operasi awal selesai, video ditransfer ke perangkat lunak rendering.

Perangkat lunak rendering mengatur tekstur, bayangan, dimensi, dan efek – menghasilkan gambar visual yang terpadu. Ini seperti menstaples gambar digital bersama-sama dengan campuran audio untuk membuat video.

6 dari 6 halaman

Waktu Render

Masih dari sumber yang sama, waktu rendering adalah faktor penting karena paling diperdebatkan dan diperebutkan di antara berbagai perangkat lunak pengeditan video. Waktu rendering dapat berkisar dari beberapa detik hingga beberapa hari, tergantung pada panjang video yang dirender dan elemen yang digabungkan.

Seperti video dengan efek digital nominal kemungkinan besar akan memakan waktu beberapa menit jika video penuh fitur dengan banyak animasi dapat memakan waktu lebih lama karena kerumitan efek dan animasi 3D.

Komputer membuat semuanya secara real-time untuk menampilkan konten tanpa penundaan. Komputer memproses data yang dikodekan dengan cepat untuk menampilkan dan memperbarui piksel gambar tanpa jeda yang jelas. Meskipun kompleksitas video dapat membuat rendering konten lebih sulit dan rendering real-time menjadi sulit.

Karena istilah render mengacu pada pemrosesan ekstra, komputer memang harus menghitung grafik untuk menghasilkan pemutaran video dengan segera. Jika video menampilkan model animasi atau tugas lain yang terlalu menuntut, komputer akan merender konten video terlebih dahulu untuk memberikan kesan rendering waktu nyata.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini