Sukses

Pramuniaga adalah Pelayan Toko, Ketahui Tugasnya

Liputan6.com, Jakarta Pramuniaga adalah bagian dari sumber daya manusia sebuah perusahaan. Tugas pramuniaga adalah tak hanya bertugas melayani pelanggan. Salah satu peran pramuniaga yang cukup penting adalah meninggalkan kesan baik dengan siapa dia berinteraksi.

Dalam perusahaan, terutama yang bergerak pada perdagangan, pramuniaga adalah kunci hubungan dengan konsumen. Pramuniaga adalah tak hanya sekadar pelayan toko, melainkan sumber daya manusia yang menentukan citra sebuah usaha.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki pramuniaga adalah kebijaksanaan dan kecerdasan saat berurusan dengan pelanggannya. Kemampuan penting pramuniaga adalah harus berani menghadapi segala macam situasi saat melakukan aktivitas penjualan.

Berikut pengertian pramuniaga yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (25/9/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian pramuniaga

Pramuniaga adalah karyawan di perusahaan dagang yang bertugas melayani konsumen. Pramuniaga merupakan orang yang bertugas melayani proses jual beli pada konsumen. Selain jual beli, pramuniaga juga bertugas memperkenalkan produk yang tersedia atau mungkin dibutuhkan konsumen.

Pramuniaga harus dengan tulus dan ramah serta senantiasa tersenyum saat melayani konsumen. Seorang pramuniaga membutuhkan keterampilan hubungan antar pribadi lebih dari yang lain. Saat ia berinteraksi dengan berbagai orang dalam situasi yang beragam, ia harus menunjukkan keterampilan diplomatik dan ketenangan.

Tugas lain pramuniaga seperti menerima pembayaran pelanggan, memberikan kembalian, membantu pelanggan, dan membungkus hadiah dan pembelian.

3 dari 6 halaman

Tugas pramuniaga

Memberi pelayanan pada konsumen

Tugas utama pramuniaga adalah memberi pelayanan prima pada konsumen. Pramuniaga harus membantu konsumen mendapatkan kebutuhannya, mendengarkan keluhan, dan mengarahkan konsumen ke pilihan yang tepat. Pramuniaga harus peka pada tanggapan konsumen.

Menyambut pelanggan

Pramuniaga bertugas menyambut pelanggan dengan ramah dan sopan. Pramuniaga bertanggung jawab untuk menyapa pelanggan, membantu mereka menemukan barang di toko, dan meningkatkan pembelian. Orang yang dipekerjakan dalam peran ini biasanya diharapkan untuk memberikan tingkat layanan pelanggan yang tinggi.

4 dari 6 halaman

Tugas pramuniaga

Memahami informasi produk

Pramuniaga juga harus memahami informasi produk yang dijual. Dengan begitu, ia akan dapat menawarkannya sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pramuniaga juga perlu mengetahui produk-produk yang sedang diskon atau memiliki penawaran spesial lainnya.

Mendata produk

Selain berhubungan dengan konsumen, tugas pramuniaga adalah memperhatikan produk yang ditawarkannya. Pramuniaga perlu mendata produk yang ada dan melaporkan ketersediaan atau kekosongan pada staf gudang atau pemasok.

Mendisplay produk

Tanggung jawab seorang pramuniaga yang dipekerjakan di toko termasuk mengatur pajangan barang dagangan di jendela toko atau di area toko lainnya. Pramuniaga juga bertugas mendisplay produk di rak atau etalase. Menata produk secara berkala akan membuatnya tetap rapi dan lebih mudah ditemukan. Ini juga bisa menarik konsumen.

5 dari 6 halaman

Sikap yang harus dimiliki pramuniaga

Kemampuan mendengarkan

Seorang pramuniaga yang baik perlu memenuhi kebutuhan konsumennya. Satu-satunya cara untuk mengetahui apa itu adalah dengan mendengarkan apa yang dikatakan setiap konsumen. Pramuniaga terbaik tidak selalu berbicara banyak, tapi juga perlu mendengarkan.

Empati

Seorang pramuniaga yang baik tahu bagaimana merasakan apa yang dirasakan pelanggan mereka. Dengan masuk ke dalam hati calon pelanggan, mereka tahu persis bagaimana menjual produk atau jasa. Empati adalah cara yang bagus untuk mengantisipasi apa yang diinginkan pelanggan.

Kepercayaan diri

Percaya pada produk atau layanan yang dijual pramuniaga adalah bagian yang sangat penting. Itu muncul sebagai kepercayaan diri yang menular dan membuat pelanggan ingin membeli lebih banyak.

Antusiasme

Seorang pramuniaga yang sukses selalu termotivasi. Mereka selalu siap untuk melakukan penjualan pada saat tertentu dan terus mencari kemungkinan.

Keterampilan Multitasking

Seorang tenaga penjualan yang luar biasa tahu bagaimana menangani kesepakatan yang mereka coba tutup dengan prospek yang menjanjikan. Mereka bahkan dapat menjawab pertanyaan melalui email dan telepon secara bersamaan. Multitasker yang hebat membuat tambahan yang sangat baik untuk tim penjualan mana pun.

6 dari 6 halaman

Sikap yang harus dimiliki pramuniaga

Kejujuran

Orang-orang yang paling pandai menjual barang juga jujur. Mereka tahu bahwa kesepakatan yang curang mengarah ke jembatan yang terbakar yang dapat berlipat ganda dan menghabiskan biaya lebih dari satu konsumen.

Keterampilan Komunikasi

Memiliki keterampilan verbal yang sangat baik jika mencoba menjual barang dan jasa kepada orang lain. Orang-orang yang unggul di sini tahu bagaimana menghindari jargon dan konsep yang sulit dipahami.

Kegigihan

Tanpa bersikap kasar atau memaksa, pramuniaga yang baik tahu bagaimana menyelesaikan pekerjaan. Mereka tahu banyak orang menghadapi rintangan yang paling menantang sebelum mereka mencapai tujuan mereka. Mereka tahu bagaimana mengatasi angka penjualan yang merosot.

Kesabaran

Beberapa konsumen membutuhkan penanganan lebih dari yang lain. Seorang pramuniaga yang baik mengetahui hal ini dan mengambil semua waktu yang dibutuhkan.

Ketelitian

Salah satu kemampuan penting pramuniaga adalah ketelitian. Pramuniaga harus teliti dengan produk yang ia tawarkan. Ketelitian menjadi kemampuan penunjang dari pramuniaga. Ia juga harus teliti membaca konsumennya.