Sukses

15 Jenis Bunga Cantik untuk Keindahan Halaman Rumah, Mudah Dirawat

Liputan6.com, Jakarta Jenis bunga hias yang cantik dapat memperindah halaman rumah kamu. Berbagai macam tanaman hias seperti melati, anggrek, amarilis, hingga bunga krokot bisa kamu tanam untuk membuat suasana rumah lebih indah, segar, dan asri. Hal ini tentunya juga bisa membuat kamu lebih nyaman saat di rumah.

Tanaman hias ini memiliki bunga yang sangat cantik dengan warna-warna terang yang menyejukkan mata. Menanam tanaman hias akan memberikanmu kesenangan tersendiri, walaupun kadang kamu perlu bersabar dan tekun merawatnya.

Jenis bunga hias ini banyak juga yang perawatannya tidak begitu sulit. Dengan berkebun dan menanam tanaman hias, rumah akan terlihat lebih indah dan segar. Kamu dan orang-orang yang berkunjung pun akan semakin nyaman saat di rumah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (27/9/2021) tentang jenis bunga.

2 dari 6 halaman

Jenis Bunga Cantik

Mawar

Mawar merupakan salah satu tanaman atau bunga hias yang dapat menambahkan keindahan pekarangan rumah. Salah satu jenis bunga yang satu ini memang sangat populer. Bunga ini dikenal dengan warna beragam dan wanginya semerbak. Mawar jadi salah satu tanaman hias yang digemari banyak orang. Selain itu, bentuk mawar yang indah menjadi salah satu alasan tanaman berduri ini jadi salah satu primadona.

Melati

Melati merupakan jenis bunga yang mudah tumbuh dan tak memerlukan perawatan khusus, sehingga kamu tidak akan kerepotan dalam merawatnya. Namun, kamu harus menempatkannya di tempat yang teduh dari sinar matahari sampai ke tanah, dengan drainase yang baik dan tanah yang cukup subur. Tanaman ini juga merambat, tingginya mudah diatur dengan pemangkasan atau penjepit. Jika ditanam di dalam pot, kamu perlu melakukan pemupukan dua kali setahun.

Tanaman melati yang sedang tumbuh dapat menciptakan perisai wangi di atas pangkalan, teralis, dan pagar. Salah satu jenis bunga melati yaitu Jasminum sambac, ditetapkan sebagai bunga nasional atau puspa bangsa. Bunga ini melambangkan kesucian, kemurahan, dan lekat dalam tradisi Indonesia. Jenis bunga ini yang paling sering ditemui dan kerap menjadi campuran teh melati.

Anggrek

Bunga anggrek juga menjadi salah satu jenis bunga hias gantung yang paling digemari. Daya tariknya yang spesial dan elegan menjadikan bunga ini tampil sempurna dalam berbagai suasana. Terdapat ratusan jenis bunga anggrek. Bunga anggrek memiliki masa mekar yang melebihi masa mekar rata-rata bunga lainnya, hingga 6 minggu per masa mekarnya.

Bunga Anggrek juga cocok untuk ditanami di dalam rumah, sebagai hiasan taman dalam rumah tanpa membutuhkan banyak perawatan. Bibitnya sendiri juga cukup mudah didapatkan di Indonesia. Cukup tanam anggrek di temperatur ruang normal, rawat seadanya dan kamu akan mendapatkan rumahmu semakin cantik karenanya.

3 dari 6 halaman

Jenis Bunga Cantik

Lavender

Lavender adalah jenis bunga yang jadi favorit para pencinta tanaman hias. Warna serta harumnya menenangkan. Lavender bisa ditanam di pot mulai dari biji atau stek. Untuk perawatan lavender dalam pot yaitu menjaga suhu dengan tepat, menjaga intensitas paparan sinar matahari, serta memperhatikan ketinggian air. Letakkan pot lavender di tempat yang terdapat sinar matahari penuh setidaknya 8 jam per hari. Sirami dengan cukup dan biarkan tanah mengering pada sela-sela penyiraman.

Alamanda

Alamanda atau yang juga dikenal dengan nama bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau buttercup merupakan jenis bunga yang yang sering menghiasi pagar rumah. Tanaman ini memiliki bunga berwarna kuning cerah, ungu, hingga pink. Perawatan tanaman Alamanda mirip dengan kebanyakan tanaman hias tropis dan dapat dikuasai dengan beberapa trik. Diperlukan cahaya tinggi, suhu hangat secara konsisten dan kelembaban setidaknya 50 persen.

Tanaman ini biasa ditanam di luar rumah untuk menghias pagar atau halaman belakang. Namun, kamu juga bisa menanamnya di dalam ruangan dengan trik khusus. Gunakan tanah pot dengan bagian yang sama yaitu gambut. Tanaman terompet emas membutuhkan sinar matahari langsung selama empat jam atau lebih. Karena bisa merambat, kamu perlu memangkasnya secara rutin.

Bunga Begonia

Begonia adalah genus dari tanaman berbunga abadi dalam keluarga Begoniaceae. Salah satu jenis bunga cantik ini terkenal karena bentuknya yang padat serta bentuk dari bunga hingga daunnya terlihat indah. Terdapat hingga 1.500 jenis Begonia yang berasal dari Amerika, Afrika dan Asia Tenggara.

Jenis bunga hias gantung Begonia juga cocok untuk ditanam di iklim tropis atau sub-tropis, termasuk Indonesia. Bunga Begonia sebagai pilihan tanaman gantung sangat digemari sebagai bunga hias di beranda ataupun rumah karena bentuk daunnya yang padat dan ornamental. Rupa dedaunan jenis bunga hias gantung Begonia biasanya asimetris dan memiliki variasi warna yang memikat.

4 dari 6 halaman

Jenis Bunga Cantik

Amarilis

Bunga amarilis merupakan tanaman hias yang biasa mekar pada awal musim penghujan. Amarilis menghasilkan bunga berwarna cerah, sehingga banyak orang menanamnya di sekitar pekarangan rumah. Jenis bunga amarilis memiliki bentuk seperti bintang dan terompet berwarna jingga, merah, dan kuning. Sebagian besar tangkai akan menghasilkan dua hingga empat bunga.

Tanaman amarilis dapat dikembangkan melalui umbi. Umbi ini bisa diperoleh dari tanaman sebelumnya atau membelinya di toko bibit tanaman. Tanaman ini bisa tumbuh di pekarangan dan di dalam rumah dengan pot. Jika ditanam di pekarangan, pilih lokasi dengan drainase bagus yang tidak akan tergenang air saat hujan. Jika ditanam pada pot, usahakan memiliki pot yang kuat dengan lebar pot 3-5 cm dari diameter umbi.

Portulaca (Bunga Krokot)

Jenis bunga hias ini cocok ditanam di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan hangat. Tanaman ini dikenal dengan nama Bunga Krokot. Nama lain dari tanaman ini adalah Bunga Pukul Sembilan, karena bunga ini akan mekar pada pukul sembilan dan akan berangsur layu pada saat siang. Terdapat dua jenis Bunga Portulaca tergantung pada jenis daunnya.

Daun yang berbentuk runcing lebih tahan terhadap cuaca dan lebih cocok menjadi tanaman penutup tanah. Untuk jenis daun bulat, memiliki daya tahan terhadap cuaca yang lebih rendah dan membutuhkan perawatan ekstra. Warna dari bunga ini beragam, ada yang putih, pink, kuning, hingga ungu.

Krisan

Krisan adalah jenis bunga yang populer untuk hadiah. Bunga ini cocok ditanam di dalam pot sebagai hiasan ruangan atau teras. Perawatan krisan bisa dengan penyiraman, menjaga kelembapan tanah serta drainase yang baik. Krisan butuh cahaya lebih rendah supaya bisa mekar dengan indah. Letakkan krisan pada lokasi yang banyak sinar matahari setidaknya empat jam per hari.

5 dari 6 halaman

Jenis Bunga Cantik

Bougenville

Bougenville atau yang kerap disebut bunga kertas terkenal sebagai jenis bunga yang berwarna-warni cerah. Bunga ini menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikan warnanya dan perawatannya yang mudah. Bougenville adalah tanaman musim panas yang berduri dan hijau sepanjang musim. Untuk mulai menanam bugenvil di kebun, kamu harus mencari lokasi yang hangat.

Mereka sangat tahan kekeringan dan tumbuh subur di hampir semua tanah yang memiliki drainase baik. Meskipun tanaman bugenvil toleran terhadap banyak jenis tanah, mereka lebih suka tanah yang mengandung tanah liat, pasir, dan lumpur di bagian yang sama. Untuk perawatan bugenvil terbaik, pilih tanah dengan pH lebih dari 6.

Geranium

Jenis bunga Geranium dikenal juga dengan sebutan Crane’s Bill. Geranium bisa ditemukan di hampir seluruh dunia, tetapi bunga ini berasal dari Afrika Selatan dan cocok untuk ditanam sebagai tanaman hias gantung di negara tropis seperti Indonesia.

Geranium cukup populer sebagai pilihan bunga hias di taman-taman depan rumah atau kebun rumah. Karakteristiknya yang menarik, yaitu bunga yang tampil dalam berbagai warna seperti merah, putih, merah mudah, biru ataupun ungu menjadikannya jenis bunga hias gantung yang menarik perhatian. Selain itu, Geranium juga bisa tumbuh mencapai 1,2 meter.

Bunga Lobelia White Fountain

Jenis bunga hias gantung yang satu ini memiliki kriteria putih, jernih, padat dan sangat indah. Tidak heran kalau Lobelia White Fountain ini sering dijadikan bunga hias gantung yang mengisi keranjang atau pot-pot sebagai dekorasi rumah.

Bentuknya menyerupai air terjun yang indah, bunga ini bisa tumbuh dengan cukup cepat dan bisa dibudidayakan melalui perpindahan media tanah atau pot. Jenis bunga hias gantung klasik ini juga sangat murah. Pas untuk dekorasi rumah anda.

6 dari 6 halaman

Jenis Bunga Cantik

Asoka

Bunga asoka biasa ditemukan sebagai tanaman pagar di pekarangan rumah. Warnanya beragam mulai dari merah, pink, jingga, dan kuning. Tanaman asoka berbunga ketika menjelang musim hujan tiba. Bunganya dapat bertahan selama 3-4 bulan. Bibit tanaman soka bisa didapat dari hasil cangkok atau biji. Pemupukan tanaman ini cukup dilakukan 3 bulan sekali.

Jika ditanam dalam pot, tanam dalam pot 2 inci yang diisi dengan campuran starter benih yang baik. Tempatkan di lokasi yang hangat dengan cahaya sedang. Pemangkasan dan pemupukan tahunan akan meningkatkan kesehatan tanaman. Sirami hanya zona akar untuk mencegah dedaunan menjadi basah.

Kembang Sepatu

Kembang sepatu menjadi salah satu jenis bunga hias tropis yang kerap ditemui di pekarangan rumah. Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm dengan putik menjulur ke luar bunga.

Meskipun merupakan tumbuhan tropis, kondisi lembap sangat ideal untuk kembang sepatu. Tanaman ini paling baik tumbuh dalam suhu 16-32 C. Ketika kembang sepatu sedang dalam tahap berbunga, mereka membutuhkan banyak air. Kembang sepatu perlu disiram setiap hari dalam cuaca hangat. Tetapi begitu cuaca mendingin, kembang sepatu membutuhkan lebih sedikit air, dan terlalu banyak air dapat membunuhnya.

Bunga Million Bells

Jika kamu ingin membuat tampilan rumah dengan bunga hias gantung yang selalu mekar tahunan dalam jumlah banyak, Million Bells merupakan pilihan yang tepat. Seperti namanya, jenis bunga gantung ini tumbuh dengan jumlah yang banyak dan padat, dengan jarak hanya sekitar 1 inchi antara satu bunga dengan yang lainnya.

Daunnya berwarna hijau menyala dengan bentuk oval yang lucu, sedangkan kelopak bunganya tampil kontras dengan warna-warna utama seperti kuning dan merah. Jenis bunga hias gantung ini kerap mengundang burung kecil hingga kupu-kupu. Cukup mudah juga merawat jenis bunga hias gantung ini, kamu hanya perlu meletakkannya dalam ketinggian tertentu agar bisa terkena oleh sinar matahari dan gunakanlah bibit yang berkualitas agar bunga mendapatkan hasil yang memuaskan.