Sukses

7 Fakta Menarik Li Ziqi, YouTuber Terkaya China yang Dikabarkan Menghilang

Tak pernah unggah konten, Li Ziqi dikabarkan menghilang.

Liputan6.com, Jakarta YouTuber China Li Ziqi lama tidak membuat konten video di kanal YouTube miliknya. Menghilangnya YouTuber terkaya di China itu pun memunculkan berbagai spekulasi. Beberapa orang beranggapan bahwa ia memang berhenti membuat konten di YouTube.

Namun, spekulasi lain muncul usai ia diberitakan terlibat kasus hukum, bahkan ada yang menghubungkannya dengan sensor Pemerintah China terhadap para publik figur karena popularitas dan kekayaan mereka dianggap dapat mengancam negara.

Dilansir Liputan6.com dari NZ Herald, 22 September 2021, dua bulan terakhir ini Li Ziqi memang tidak lagi mengunggah konten video baru di kanal YouTube. Padahal, biasanya Li Ziqi mengunggah video baru setiap bulan.

Li Ziqi kini mempunyai lebih dari 16 juta subscriber di YouTube. Konten yang diusungnya bisa dibilang sangat menarik. Ia membagikan aktivitasnya sehari-hari selama tinggal di sebuah desa di Provinsi Sichuan, di sebelah barat daya China. Dan dari setiap video yang ia unggah, semua ditonton oleh puluhan juta orang.

Sudah beberapa bulan tak lagi unggah video, berikut fakta menarik Li Ziqi, YouTuber China yang dikabarkan menghilang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (27/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kehidupan Li Ziqi

Li Ziqi lahir di Pingwu, Mianyang, Sichuan, China pada tanggal 6 Juli 1990. Ziqi membuat kanal YouTube-nya pada 22 Agustus 2017. Dan sampai saat ini, ia sudah mengunggah 128 video dengan durasi yang variatif sekitar 10-20 menit.

Diketahui, Li Ziqi sebelumnya tinggal bersama sang ayah. Namun, sejak sang ayah meninggal, ia kemudian tinggal bersama kakek dan neneknya, di Sichuan, China.

3 dari 8 halaman

2. Awal Jadi YouTuber

Pada awal membuat video, Li Ziqi melakukan semuanya sendiri, dari mulai meletakkan kamera dengan tripod, memilih angle, merekam, sampai mengedit videonya. Namun, kini ia sudah punya asisten dan seorang videografer. Meskipun begitu, ia tetap berperan sebagai sutradara.

Li Ziqi adalah wanita yang sangat kreatif, pekerja keras, dan juga terampil. Ia kerap menampilkan kemampuannya di video, mulai dari memasak, mencukur bulu domba, bertani, menenun benang, hingga bermain gitar.

4 dari 8 halaman

3. Jago Memasak

Dalam urusan memasak, Ziqi memang jago dalam menyiapkan hidangan dan masakan tradisional China. Ia juga memperlihatkan proses dari awal ia mengambil bahan dari kebun rumahnya, mengolah beberapa bahan, sampai menjadi masakan yang ia makan bersama sang nenek.

5 dari 8 halaman

4. YouTuber Terkaya China

Li Ziqi juga memecahkan rekor dari Guinness World Records sebagai YouTuber China dengan subscriber hampir 3 juta per tahun. Berdasarkan situs Social Blade, Li Ziqi diprediksi memperoleh 330 ribu dolar AS (Rp 4,8 miliar) hingga 5,3 juta dolar AS (Rp 78 miliar) per tahun dari pendapatannya di YouTube. 

6 dari 8 halaman

5. Dikabarkan Menghilang

Pada Juli 2021 merupakan terakhir kalinya Li Ziqi mengunggah konten video di YouTube. Pada bulan lalu, salah satu asisten Li Ziqi membuat unggahan di Weibo. Pada unggahannya tersebut menyebutkan bahwa wanita berusia 31 tahun itu memutuskan untuk rehat dan mundur sejenak dari YouTube.

 

7 dari 8 halaman

6. Melanjutkan Pendidikan

Li Ziqi dikatakan banyak menghabiskan waktu untuk membuat konten YouTube sehingga dirinya perlu kembali menjalani pendidikan. Hal ini belum dikonfirmasi lebih lanjut, tapi asistennya mengatakan bahwa Li Ziqi belum lulus dari pendidikan sekolah menengah.

8 dari 8 halaman

7. Pernah Mengajukan Laporan ke Polisi

Sementara itu, pada 30 Agustus 2021, Li Ziqi mengunggah foto di Weibo miliknya yang menampilkan dirinya sedang mengajukan laporan di kantor polisi. Namun kini unggahan itu telah dihapus.

Dalam komentar unggahan tersebut terlihat bahwa Li Ziqi meluapkan kekesalannya. "Saya meminta pengacara saya mencatat semuanya. Ini sangat mengerikan! Sebuah bisnis memang harus punya trik yang bagus!," tulis Li Ziqi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini