Sukses

Putus Akses, Ini Alasan India Matikan Internet di Belasan Distrik Selama 12 Jam

Pemerintah India sengaja matikan internet selama 12 jam.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, jaringan internet milik Telkom Indonesia sempat mengalami gangguan dikarenakan kabel yang berada di dalam laut putus. Alhasil, perusahaan pelat merah itu pun mendapatkan protes dari para pelanggannya. Lain hal dengan Indonesia, di India justru internet sengaja dimatikan. Apa penyebabnya?

Sebanyak 16 distrik di negara bagian Rajasthan, India, hari ini menutup layanan internet seluler dan SMS mereka selama 12 jam karena negara bagian itu mengadakan ujian penting untuk memilih guru untuk sekolah negeri. 

Seperti yang dilansir Liputan6.com dari NDTV pada Senin (27/9/2021), pemerintah negara bagian memutuskan menerapkan tindakan tersebut untuk mencegah kecurangan selama ujian berlangsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akses Internet di 16 Distrik Diputus

Ujian yang disebut Ujian Kelayakan Rajasthan untuk Guru (REET) adalah ujian yang sangat kompetitif di mana lebih dari 1.600.000 peserta bersaing untuk mendapatkan kuota yang hanya tersedia 31.000 kursi di sekolah negeri. Ada 16 distrik yang diputus akses internet dan juga sinyal telepon selulernya.

Di antara 16 distrik yang terkena dampak adalah Jaipur, Udaipur, Bhilwara, Alwar, Bikaner, Dausa, Chittorgarh, Barmer, Tonk, Ajmer, Nagaur, Sawai Madhopur, Kota, Bundi dan Jhalawar dan Sikar.

Lebih lanjut, mengingat banyaknya jumlah kandidat untuk ujian REET, pemerintah negara bagian Rajasthan telah membuat beberapa peraturan untuk keamanan dengan tindakan pencegahan ekstra yang diambil untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ujian REET tersebut dilakukan oleh Dewan Pendidikan Menengah Rajasthan yang berpusat di Ajmer di 3.993 pusat ujian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.