Sukses

4 Cara Membuat Stempel Sendiri, Mudah Dipraktikkan

Kumpulan cara membuat stempel yang praktis banget!

Liputan6.com, Jakarta Ada empat cara membuat stempel yang mudah dipraktikkan bagi pemula. Memanfaatkan software Microsoft Word, Photoshop, dan CorelDRAW. Selain itu, ada cara membuat stempel sendiri yang lebih praktis loh.

Cara membuat stempel yang praktis bisa dilakukan secara online. Manfaatkan koneksi internet untuk mengunduh desain stempel yang sudah tersedia dan memperbaikinya. Cara membuat stempel sendiri secara online ini tak perlu waktu lama untuk menyelesaikannya.

Penasaran dengan berbagai macam cara membuat stempel sendiri tersebut? Berikut Liputan6.com ulas empat cara membuat stempel sendiri yang mudah dipraktikkan dari berbagai sumber, Selasa (28/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Stempel Sendiri dengan Microsoft Word

1. Pertama, cara membuat stempel adalah buka Microsoft Word.

2. Selanjutnya, ketik kalimat dalam stempel Anda

3. Klik Insert, klik WordArt

Lalu tulisan akan berubah sesuai dengan format yang Anda pilih. Anda juga bisa memberikan efek pada text tersebut, misalnya glow, shadow dan yang lainnya.

4. Biasanya, cara membuat stempel dibuat dengan bentuk yang tidak persegi, seperti oval atau bundar misalnya, Anda bisa membuatnya 'meliuk' dengan klik Design > Format > Text Effect > Transform.

5. Cara membuat stempel selanjutnya adalah membuat bidang stempel, pilih Insert > Shape > Pilih bentuk stempel. Selanjutnya gambar bidang stempel tersebut.

6. Klik di bagian Format untuk Shape Style, misalnya untuk mengatur warna outlinenya dan ketebalannya. Misalnya, mengubahnya menjadi warna biru dan ketebalannya.

7. Untuk cara membuat stempel bentuk lingkaran pada bagian dalam stempel, cukup melakukan copy dan paste pada lingkaran yang sudah tersedia, lalu atur ukurannya.

8. Cara membuat stempel di mana bagian dalam tepat berada di tengah, yakni dengan klik lingkaran kecil, lalu klik CTRL dan klik lingkaran besar. Maka akan terlihat garis di keduanya. Lalu klik Format > Align > Align Center atau Align Middle

9. Lingkaran dalam stempel biasanya lebih tipis, maka cara membuat stempel adalah pengaturan dengan Shape Outline.

10. Agar tulisan stempel berada di dalam garis lingkaran. Cara membuat stempel selanjutnya, letakkan tulisan pada bidang yang hampir sejajar, lalu klik kanan dan Bring to Front.

11. Selanjutnya, tarik ke bawah agar sesuai dengan garis antar lingkaran yang sudah disediakan. Biasanya di dalam stempel tak cuma memuat tulisan mengenai badan usaha itu saja, tapi juga beberapa gambar seperti logo perusahaan dan lainnya.

12. Anda bisa menambahkan logo atau simbol dengan fitur Insert. Atur formatnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

13. Bila sudah selesai, satukan keseluruhan objek yang tadi dibuat lalu simpan, cara membuat stempel selesai.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Stempel Sendiri Online

1. Cara membuat stempel online adalah mengandalkan ponsel, tablet, laptop, atau komputer yang bisa terkoneksi dengan internet.

2. Langsung saja, cara membuat stempel dengan buka browser favorit kemudian masuk ke laman website MyStampReady.

3. Anda akan langsung ke laman editorial, agar lebih praktis cara membuat stempel adalah klik template.

4. Pilihlah desain stempel yang sesuai dengan kebutuhan, ini bukan desain akhir karena masih bisa diedit sesuai keingingan.

5. Bila sudah memilih dan memperbaiki teks, ukuran, gambar, dan lain-lain, cara membuat stempel selanjutnya menyelesaikan dengan mendownload atau mengunduh layout stempel.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Stempel Sendiri dengan Photoshop

1. Buka photoshop Anda, kemudian cara membuat stempel klik file pada sudut kiri atas untuk membuat dokumen baru.

2. Karena Anda ingin membuat file baru, klik New.

3. Selanjutnya, cara membuat stempel adalah atur lembar kerja pada dialog pop-up seperti mengatur ukuran dokumen, resolusi, ataupun background contents.

4. Kemudian, untuk membuat lingkaran pada dokumen tersebut. Klik Elliptical Marquee Tool.

5. Buat lingkaran menggunakan tool tersebut. Besarnya sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lalu, jika ingin memberi warna atau ketebalan pada lingkaran tersebut, klik kanan pada mouse Anda, dan pilih bagian stroke.

6. Setelah selesai membuat lingkaran, cobalah untuk memilih ketebalan lingkaran tersebut, contohnya pilih ketebalan lingkaran dengan width 9px, lalu mengatur warna pada bagian color.

7. Setelah lingkaran yang pertama selesai. Selanjutnya cara membuat stempel, klik kanan lagi pada mouse Anda, lalu pilih transform selection untuk membuat lingkaran yang kedua.

8. Anda cukup menggeser-geser tiap persegi pada sudut-sudut lingkaran tersebut agar lingkaran sejajar dengan yang sebelumnya. Setelah itu, jangan lupa klik tanda centang.

9. Jika ingin mewarnai kembali, jangan lupa klik kanan pada lingkaran tersebut. Setelah itu, pilih stroke.

10. Untuk membuat lingkaran yang ketiga, cara membuat stempel klik kanan kembali pada mouse Anda. Kemudian, klik transform selection.

11. Lakukan hal yang sama seperti cara sebelumnya. Jika ingin memberi warna dan mengatur ukuran, silakan klik kanan pada mouse Anda lalu pilih stroke.

12. Setelahnya, tambahkan teks pada lingkaran tersebut dengan mengklik icon yang berhuruf T pada menu di samping kiri.

13. Tulis teks yang Anda inginkan pada stempel tersebut. Lalu atur tulisan tersebut menjadi bengkok agar ukurannya pas pada lingkaran tersebut.

14. Setelah itu, muncul pop-up menu dialog seperti di bawah ini. Pada bagian style, pilih arch. Jika Anda ingin mengatur tulisannya menjadi bengkok ke atas, cara membuat stempel pada bagian bend, tarik ke samping kanan tanda panah tersebut.

15. Begitu juga jika Anda ingin membuat tulisan kedua. Lakukan hal yang sama seperti cara di atas. Tetapi, pada bagian ini tulisan harus bengkok ke bawah sehingga pada bagian bend, tanda panah itu harus ditarik ke samping kiri.

16. Masukkan logo di tengah lingkaran tersebut. Caranya adalah dengan metode drag and drop.

17. Setelah gambar stempel telah selesai, jangan lupa disimpan. Caranya adalah klik menu file, lalu pilih save as.

18. Ganti nama file tersebut pada kolom file name. Kemudian, jangan lupa ganti format gambar Anda dengan file JPEG. Setelah itu, jangan lupa klik Save.

19. Selanjutnya akan muncul JPEG option, cara membuat stempel adalah atur kualitas gambar Anda pada pop-up menu dialog berikut. Setelahnya, klik Ok.

20. Stempel yang telah Anda gambar telah selesai dengan menggunakan photoshop.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Stempel Sendiri dengan CorelDRAW

1. Buka aplikasi CorelDRAW X7 dan buat dokumen baru dengan ukuran A4 sebagai cara membuat stempel pertama.

2. Buat lingkaran utama dengan diameter 35 cm dengan ketebalan outline width 0,5 cm dengan memilih Ellips tool (F7) pada Toolbox kemudian drag pada page dengan menekan tombol Ctrl agar objek lingkaran berbentuk lingkaran sempurna (simetris).

3. Duplikat lingkaran pertama (Copy+Paste) dengan menekan tombol Ctrl+C dan Ctrl+V diameter 33 mm dengan ketebalan outline width 0,2 cm.

4. Duplikat lingkaran kedua cara membuat stempel  dengan (Copy+Paste) atau menekan tombol Ctrl+C dan Ctrl+V diameter 23 mm dengan ketebalan outline width 0,5 cm.

5. Buat persegi panjang dengan menggunakan Rectangle tool, lebar 25 mm dan tinggi 5 mm dengan ketebalan outline width 0,5 cm. Seleksi persegi panjang dan lingkaran yang tengah (diameter kecil), agar letaknya di tengah-tengah lingkaran tekan Shift lalu tekan E dan C pada keyboard.

6. Seleksi kembali persegi panjang lalu lanjutkan cara membuat stempel lingkaran yang tengah (diameter kecil), untuk memotong lingkarannya di property bar >> klik Back minus front.

7. Ketikan tulisan yang diinginkan dengan menggunakan Text tool (F8), contoh “LEMBAGA BAHASA INGGRIS” yang akan kita gunakan pada desain stempel dengan jenis font Arial font-size 9 pt font-style Bold. Klik tulisan tersebut >> lalu pada menu text >> pilih Fit Text to Path.

8. Geser dan atur posisi tulisan ke dalam lingkaran dengan menggunakan pick tool.

9. Buat tulisan untuk bagian bawah, contoh “XXXX” dengan jenis font Arial font-size 9 pt font-style Bold. Klik tulisan tersebut >> lalu pada menu text >> pilih Fit Text to Path.

10. Geser dan atur posisi tulisan ke dalam lingkaran dengan menggunakan pick tool.

11. Kemudian cara membuat stempel pilih Mirror Text Horizontaly dan Miror Text Verticali untuk membuat tulisan berbalik normal ke atas

12. Buat tulisan untuk bagian tengah, contoh “YOGYAKARTA” dengan jenis font Arial font-size 9 pt font-style Bold. Seleksi tulisan dan lingkaran bagian luar. Untuk menempatkan tulisannya di tengah-tengah, maka tombol Shift klik tulisan tersebut >> dan klik lingkaran bagian luar >> Lalu di tekan huruf “E” dan “C”

13. Untuk menyimpan hasil desainnya agar bisa di edit kembali yaitu dengan menekan tombol Ctrl+S atau di menu File >> Save, lalu di di kotak File name ketikan nama file, contoh “STEMPEL JADI” lalu di Save as type dan biarkan tetap *.CDR, pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// lalu telan Save.

14. Jika ingin dijadikan JPEG, cara membuat stempel tekan tombol CTRL+E atau File >> Export >> Pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// > beri nama, dan ganti jenis file menjadi JPEG. , pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// lalu telan Export

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini