Sukses

Email adalah Surat Elektronik, Simak Sejarah Perkembangan dan Cara Membuatnya

Email adalah biasanya digunakan untuk melamar kerja, mengajukan perjanjian kerja sama, menggunakan media sosial, keperluan bisnis, dan masih banyak lagi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Email adalah surat elektronik yang selama ini menjadi pengganti surat formal fisik. Email adalah biasanya digunakan untuk melamar kerja, mengajukan perjanjian kerja sama, menggunakan media sosial, keperluan bisnis, dan masih banyak lagi lainnya. Email tersedia dalam berbagai jenis. Jenis email adalah dapat dibedakan mulai dari penyedia layanan hingga isi pesan.

John Rhoton dalam bukunya berjudul Programmer Guide Internet Mail menjelaskan email adalah jembatan yang memudahkan untuk melakukan aktivitasi dan memperoleh informasi di media jejaring sosial.

Ada email berbasis web, server email POP3, IMAP email servers, server email MAPI, email langsung, email siaran, dan email HTML. Tak hanya itu, email adalah hadir dengan berbagai penawaran layanan, ada yang gratis dan berbayar. Email populer yang gratis adalah Gmail, Outlook Mail, Yahoo Mail, Mail.com, ProtonMail, dan AOL Mail.

Erima Oneta dan Yosep. S menerjemahkan e-mail adalah salah satu fasilitas di internet yang sangat populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Berguna menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis.

Berikut Liputan6.com ulas tentang email lebih dalam dari berbagai sumber, Kamis (30/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Email Menurut Para Ahli

1. Jack Popo

Email adalah salah satu sarana untuk berbagi foto melalui internet. Email adalah dibutuhkan untuk melakukan hal ini ialah tentu saja koneksi ke internet dan sebuah account email yang masih aktif.

2. Indar Kertarajasa Furqon

Email adalah singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia artinya surat elektronik. Sesuai dengan namanya email adalah digunakan untuk melakukan kegiatan surat-menyurat dengan jaringan internet.

3. Ali Zaki dan Smitdev Community

Email adalah surat elektronik yang memungkinkan semua orang dapat saling berkirim pesan dengan jaringan internet.

4. Tyas Vanneza

Email adalah layanan yang bisa digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik.

5. Happy Chandraleka

Email adalah surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer.

6. Jasmadi dan E-media Solusindo

Email adalah singkatan dari electronic mail. Secara singkat, e-mail adalah metode berkirim pesan secara elektronik dengan atau melalui internet.

 

3 dari 4 halaman

Sejarah Perkembangan Email

Mulanya, email adalah hanya dapat dikirim dan diterima oleh satu jaringan komputer saja dalam rangkaian LAN (Local Area Network). Pada tahun 1971, Raymond Tomlinson, programmer asal Amerika mulai menggunakan simbol @ sebagai penghubung email.

Sejak saat itu, standar penggunaan email adalah menjadi nama_pengguna@nama_komputer. Disusul kemudian penemuan software untuk pengaturan email pada tahun 1975 oleh John Vital. Sejak beberapa tahun setelahnya, email adalah kemudian memenuhi lalu lintas internet hingga 75 persen.

Pada perkembangannya email adalah mulai mengadopsi fitur-fitur yang lebih rapi. Salah satu sistem email komersial pada saat itu adalah Eudora, yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988. Namun pada saat itu, pengguna email harus membayar layanan tersebut per menit.

Bersama dengan penemuan World Wide Web oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991, email mulai tersedia secara gratis dengan antar muka web yang lebih ramah oleh beberapa penyedia layanan email seperti Yahoo dan Hotmail.

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Email

Cara Membuat Email Gmail di Laptop

1. Masukkan alamat www.Gmail.com pada web browser Anda.

2. Klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.

3. Atau anda dapat langsung masuk ke alamat https://accounts.google.com/signup

4. Selanjutnya isi data diri Anda dengan lengkap. Meliputi nama depan, nama belakang, username, dan password

5. Pada isian setelah nama, Anda akan diminta untuk menuliskan username, anda dapat memilih sendiri apa username anda.

6. Apabila terdapat tulisan “That username is taken. Try another” maka Anda tidak bisa menggunakan alamat Gmail tersebut. Sebab, ada kemungkinan jika nama pengguna yang Anda ingin gunakan:

- Sudah digunakan.

- Sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada (misalkan, jika contoh@gmail.com sudah ada, Anda tidak dapat menggunakan cont0h@gmail.com).

- Sama seperti nama pengguna yang pernah dipakai seseorang, yang kemudian telah dihapus.

- Tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan.

7. Apabila nama yang diinginkan sudah disetujui oleh Google, maka Anda bisa klik Next dan Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.

8. Selanjutnya, anda diminta untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin. Sedangkan untuk data lain seperti nomor HP dan akun recovery bersifat opsional.

9. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan. Klik pada I Agree.

10. Akun Gmail Anda telah aktif.

Cara Membuat Email Gmail di HP

1. Cari menu setting atau pengaturan di ponsel.

2. Cari menu account atau akun.

3. Pilih add account atau tambah akun.

4. Cari ikon google.

5. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account.

6. Pilih create a new account.

7. Isi nama depan dan nama belakang.

8. Klik next.

9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin.

10. Klik next.

11. Pilih nama untuk username Gmail Anda.

12. Klik next.

13. Apabila terdapat tulisan “That username is taken. Try another” maka Anda perlu mencari username lainnya. Sebab, username tersebut sudah tidak dapat digunakan. tipsnya, Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka.

14. Klik next.

15. Selanjutnya buat password untuk akun Anda, dengan minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Pastikan Anda tidak lupa.

16. Selanjutnya vrifikasi password dengan mengetik ulang di kolom bawahnya.

17. Klik next.

18. Langkah selanjutnya tidak wajib diisi. Tapi, apabila Anda ingin mengisinya bisa klik next atau jika tidak cukup klik skip.

18. Selanjutnya akan muncul kotak Privacy and Terms.

19. Klik I Agree.

20. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password.

21. Klik Next.

22. Lalu, akan muncul pilihan pembayaran. Anda bisa melewatinya dengan klik No Thanks, lalu klik Next.

23. Aplikasi akan memproses dan setelah itu Anda akan mendapat pemberitahuan yang menyatakan bahwa Anda telah memiliki akun Gmail baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini