Sukses

Telemarketing adalah Pemasaran Jarak Jauh, Ketahui Jenis dan Tugasnya

Telemarketing adalah termasuk pemasaran efektif.

Liputan6.com, Jakarta Telemarketing adalah salah satu bentuk pemasaran yang umum dilakukan. Kegiatan telemarketing adalah menghubungi pelanggan potensial untuk menawarkan atau mengenalkan produk. Tujuan telemarketing adalah untuk terhubung dengan pelanggan potensial.

Telemarketing adalah aktivitas yang menggunakan teknologi informasi dalam kegiatannya. Para telemarketing biasanya menggunakan telepon, email, atau pesan singkat untuk menawarkan produk atau jasa perusahaannya.

Tak jarang, telemarketing adalah sumber utama penjualan dan keuntungan bagi banyak perusahaan. Bahkan telemarketing adalah salah satu industri terbesar di banyak negara. Sebutan untuk orang yang melakukan kegiatan telemarketing adalah telesales. Berikut pengertian tentang telemarketing, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(1/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian telemarketing

Telemarketing adalah metode pemasaran langsung yang dilakukan secara jarak jauh. Kegiatan telemarketing adalah meminta calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan, dengan cara menghubunginya lewat telepon, video call, email, atau pesan singkat.

Menurut Investopedia, telemarketing adalah pemasaran langsung barang atau jasa kepada pelanggan potensial melalui telepon atau Internet. Telemarketing melibatkan praktik menghubungi, memeriksa, dan mendekati pelanggan potensial.

Istilah telemarketing pertama kali digunakan secara luas pada akhir 1970-an. Ini dimulai dengan munculnya kelas baru layanan telepon jarak jauh keluar dan layanan bebas pulsa masuk. Secara historis, telemarketing terdiri dari perusahaan yang melakukan panggilan telepon ke pelanggan yang sudah ada atau pelanggan potensial. Dengan teknologi baru, pemasaran jarak jauh telah diperluas untuk mencakup panggilan konferensi video juga, meskipun itu biasanya dilakukan dengan pelanggan yang sudah ada.

3 dari 6 halaman

Cara kerja telemarketing

Praktik telemarketing dapat dilakukan dari pusat panggilan. Sering kali, pemasaran jarak jauh dapat melibatkan satu panggilan untuk menilai minat atau kesesuaian, dan kemudian panggilan tindak lanjut untuk mengejar penjualan. Panggilan telemarketing yang berhasil biasanya menghasilkan janji temu dengan tenaga penjual, baik di tempat tinggal pelanggan atau di tempat perusahaan.

Berbagai data dapat digunakan untuk mempersempit basis data nama yang besar menjadi sejumlah kecil prospek pelanggan dengan probabilitas lebih tinggi. Telemarketing digunakan oleh bisnis nirlaba, amal nirlaba, kelompok dan kandidat politik, survei, permintaan sumbangan, riset pemasaran, dan jenis organisasi lainnya.

Bagi calon pelanggan, terkadang aktivitas telemarketing bisa cukup mengganggu. Aktivitas telemarketing terkadang bisa menjadi spam dan mengurangi minat pada pelanggan. Banyak pelanggan tidak menyukai telemarketing. Selain itu, marak laporan penipuan yang dilakukan melalui telepon dengan mengatasnamakan telemarketing.

Namun, hingga kini telemarketing adalah salah satu teknik pemasaran yang efektif menjaring pelanggan.

4 dari 6 halaman

Jenis telemarketing

Outbound

Outbound telemarketing adalah pemasaran proaktif di mana calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada dihubungi secara langsung. Jenis telemarketing ini biasanya disebut pemasaran dingin.

Prospek pelanggan dan pelanggan yang sudah ada secara aktif dihubungi melalui panggilan telemarketing outbound. Ini berarti konsumen belum pernah membeli dari perusahaan sebelumnya dan juga tidak pernah meminta telepon dari perusahaan.

Inbound

Inbound telemarketing adalah penerimaan pesanan yang masuk dan permintaan informasi. Permintaan umumnya diciptakan oleh iklan, publisitas, atau upaya tenaga penjualan luar. Panggilan telemarketing ini didasarkan pada pertanyaan masuk tentang produk atau layanan seperti yang diminta oleh iklan atau upaya penjualan.

Ini dianggap sebagai panggilan "hangat" karena pelanggan biasanya telah mengirimkan formulir minat online atau sudah mengenal perusahaan tersebut.

5 dari 6 halaman

Tugas telemarketing

Tugas telemarketing outbound

- Melakukan panggilan telepon ke daftar pelanggan saat ini atau calon pelanggan

- Mengusulkan produk atau layanan dan menggambarkan kualitas dan manfaatnya secara rinci dan persuasif

- Menghasilkan prospek dan janji temu untuk tim penjualan

- Cross-selling dan upselling

- Merekam hasil panggilan di komputer

Tugas telemarketing inbound

- Menjawab panggilan telepon dari pelanggan

- Memberikan informasi dan dukungan teknis mengenai produk dan layanan, sambil memajukan panggilan menuju hasil promosi atau komersial yang telah ditentukan sebelumnya

- Mengelola kontak pelanggan menggunakan aplikasi CRM

- Merekam hasil panggilan di komputer

6 dari 6 halaman

Skill yang harus dimiliki telemarketing

Kemampuan komunikasi antar pribadi menjadi skill utama dalam telemarketing. Berikut skill yang harus dimiliki seorang telemarketing:

- Sikap positif dan watak yang cerah

- Keyakinan yang kuat memiliki sesuatu yang bermanfaat bagi siapa pun yang dipanggil

- Pengetahuan produk relevan yang baik tetapi bukan promosi penjualan yang banyak fitur. Memahami manfaat jauh lebih menarik.

- Pengetahuan yang luas tentang pasar sasaran

- Pemahaman tentang masalah yang dihadapi pembeli target

- Bakat dan kepercayaan diri untuk berkomunikasi dengan pembuat keputusan kunci tanpa khawatir

- Kecepatan yang baik, nada dan kemampuan untuk menjadi alami dalam percakapan, tidak tertulis dan kaku.

- Kemampuan dan pengetahuan untuk mengajukan pertanyaan yang mendalam dan menarik

- Keterampilan mendengarkan yang sangat baik setelah prospek menjawab pertanyaan.

- Keterampilan komunikasi dan membangun hubungan yang sangat baik

- Kecakapan untuk dapat menyaring prospek keluar dari jaringan dan juga masuk.

- Kemampuan untuk menangani dan menangkis keberatan yang pasti akan datang dari pengambil keputusan

- Keterampilan manajemen waktu untuk memastikan panggilan dilakukan tepat waktu dan tanpa terganggu

- Konsistensi dengan jam panggilan. Ini untuk memastikan bahwa momentum dibangun dengan panggilan dan panggilan balik terencana yang pada gilirannya akan membangun momentum

- Kesediaan dan tekad yang teguh untuk maju dan terus maju dalam menghadapi penolakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.