Sukses

Cara Dapat Diskon Listrik PLN Oktober 2021, Ini Kriteria Penerima dan Langkah Ceknya

Begini cara mendapatkan diskon listrik PLN beserta kriteria penerima dan langkah mengeceknya di https://portal.pln.co.id.

Liputan6.com, Jakarta Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM masih terus berlanjut, sejalan dengan hal itu subsidi listrik PLN juga kembali diberikan pada Oktober hingga Desember 2021 nanti. Masyarakat bisa melakukan cek penerima subsidi listrik PLN untuk Oktober 2021 di laman portal.pln.co.id atau aplikasi PLN Mobile. 

Diskon atau subsidi listrik PLN akan diberikan secara langsung kepada pelanggan. Sama dengan sebelumnya, cara mendapatkan subsidi listrik yaitu dengan diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan bagi pelanggan pascabayar.

Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik akan diberikan saat pembelian token listrik. Untuk itu, pelanggan listrik bisa memastikan dirinya sebagai penerima stimulus PLN September 2021 atau tidak. Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Berikut ini ulasan mengenai cara mendapatkan diskon listrik PLN bulan Oktober 2021 beserta langkah mengeceknya di laman resmi PLN, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (1/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Syarat Penerima Diskon Listrik PLN

Pemerintah tidak lantas memberikan bantuan subsidi diskon listrik PLN ini kepada semua masyarakat, ada beberapa syarat penerima diskon listrik PLN tersebut. Berikut ini syarat atau kriteria diskon listrik PLN, diantaranya :

1. Golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

2. Golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pelanggan industri, bisnis, dan sosila mendapatkan pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum listrik sebesar 50 persen.

Diskon tersebut akan langsung diberikan kepada pelanggan PLN. Untuk pelanggan pascabayar, diskon akan diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik.

 

3 dari 5 halaman

Besaran Diskon Listrik PLN

Memasuki Oktober 2021, PLN akan memberikan diskon listrik sebesar 25 hingga 50 persen, tergantung dari daya listrik yang digunakan. Berikut rinciannya:

1. Besaran Diskon Listrik PLN sebesar 50 persen

a. Rumah tangga dengan daya 450 VA (R1/TR 450 VA)

b. Bisnis kecil daya 450 VA (B1/TR 450 VA)

c. Industri kecil daya 450 VA (I1/TR 450 VA)

2. Besaran Diskon Listrik PLN sebesar 25 persen

a. Rumah tangga daya 900 VA bersubsidi (R1/TR 900 VA)

Pembebasan biaya beban atau abonemen sebesar 50 persen, diberlakukan bagi pelanggan sebagai berikut ini:

a. Golongan sosial daya 220 VA, 450 VA, dan 900 VA (S-1/220 VA s.d S-2/900 VA)

b. Golongan bisnis daya 900 VA (B-1/900 VA)

c. Golongan industri daya 900 VA (I-1/900 VA)

4 dari 5 halaman

Cara Cek Penerima Diskon Listrik PLN

Bagi masyarakat yang ingin memastikan terlebih dahulu apakah dirinya bisa mendapatkan diskon stimulus dari PLN dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Cara Cek dengan Melalui Aplikasi PLN Mobile

a. Unduh pasang aplikasi PLN Mobile di smartphone jika belum memilikinya.

b. Buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih menu Info Stimulus.

c. Masukan ID Pelanggan/Nomor Meter, selanjutnya klik kirim.

2. Cara Cek dengan Melalui Website PLN

a. Buka website https://portal.pln.co.id

b. Klik "Diskon Stimulus Covid-19".

c. Masukkan nomor ID Pelanggan PLN dan kode captcha kemudian klik "cari".

d. Selanjutnya masukkan nomor KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat lengkap sesuai KTP dan kode captcha.

e. Berikutnya klik "simpan".

Jika pelanggan termasuk dalam kategori penerima diskon listrik, maka akan muncul keterangan besaran diskon yang diberikan. Namun apabila tidak termasuk dalam kategori penerima diskon listrik, maka akan muncul pemberitahuan bahwa pelanggan tidak mendapatkan diskon.

5 dari 5 halaman

Cara Mendapatkan Diskon Listrik PLN

Ada beberapa alur cara dapat diskon token listrik gratis PLN periode Oktober 2021. Berikut ini cara mendapatkan diskon listrik PLN, yaitu:

  1. Untuk pelanggan pascabayar, diskon token listrik gratis PLN akan diberikan langsung dengan memotong tagihan rekening listrik pelanggan.
  2. Sedangkan, untuk pelanggan prabayar, diskon token listrik gratis 2021 akan diberikan saat pembelian token listrik.
  3. Meski demikian, diskon token listrik gratis PLN 2021 50 persen hanya akan diberikan untuk biaya beban atau abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.
  4. Sementara itu, pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon token listrik gratis sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini