Sukses

4 Fakta Terkini Tukul Arwana Pasca Pendarahan Otak, Tinggalkan Ruang ICU

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini Tukul Arwana sedang menjadi pusat perhatian publik. Hal itu dikarenakan komedian kelahiran 16 Oktober 1963 tersebut mengalami pendarahan otak. Pendarahan otak yang dialami komedian Tukul Arwana membuatnya dirawat secara intensif di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON). 

Pemilik nama asli Tukul Riyanto sempat dilarikan ke ruang ICU karena kondisinya sempat memburuk karena pendarahan otak. Tukul sudah lebih dari sepekan di rumah sakit dan berada di ruang ICU. Kini setelah operasi, perlahan kondisi Tukul Arwana mulai membaik dan bahkan sudah meninggalkan ICU.

Saat ini Tukul Arwana tak berada di ruang ICU dengan dipindahkan ke ruang perawatan. Tentu, kabar presenter kocak yang kondisinya membaik ini disambut hangat oleh publik. Publik berharap Tukul segera sembuh dan kembali ke dunia hiburan sebagai komedian sekaligus presenter yang guyonannya selalu bikin ngakak.

Selain fakta Tukul Arwana sudah tidak dirawat di ruang ICU, ada beberapa fakta lainnya terkait kondisi Tukul. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta terkini kondisi pendarahan otak Tukul Arwana, Sabtu (2/10/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Terkonfirmasi kondisi terus membaik

Tukul Arwana semakin membaik kondisinya setelah menjalani operasi akibat perdarahan otak. Kondisi Tukul yang berangsur membaik ini terkonfirmasi lansgung oleh manajer, dari Tukul, Rizki Kimon. Kimon mengatakan Tukul sudah diperbolehkan ke ruang rawat inap VIP.

"Alhamdulillah, karena kondisi beliau semakin membaik, jadi sudah diperbolehkan sama dokter ke ruang rawat inap VIP,” ungkap Kimon saat dihubungi, Kamis (30/9/2021).

3 dari 5 halaman

2. Tukul belum bisa dijenguk

Tukul Arwana kondisinya kian membaik dengan sudah dipindahkan ke ruangan rawat inap. Meski begitu, sang manajer Kimon menjelaskan bahwa Tukul masih perlu perawatan intensif pasca operasi sehingga belum bisa dijenguk.

"Iya, sudah berangsur-angsur membaik. Cuma, walau sudah dirawat inap, beliau masih harus istirahat intensif. Jadi, mohon maaf belum bisa dijenguk karena beliau harus istirahat," tambah Kimon.

4 dari 5 halaman

3. Sudah bisa menggerakan tangan

Manajer Kimon juga memberi kabar baik terkait kondisi Tukul Arwana pasca operasi. Saat ini Tukul sudah bisa merespons orang yang mengajaknya berkomunikasi. Komunikasi Tukul masih sebatas menggerakan tangan dan kaki namun belum bisa komunikasi diajak secara verbal.

"Sudah bisa merespons dengan perintah dokter, dengan gerak tangan, kaki, gumam," kata Kimon.

5 dari 5 halaman

4. Pendarahan otak

Tukul Arwana hingga hari ini sudah menghabiskan 11 hari dengan tergeletak lemas di rumah sakit. Awal mula Tukul Arwana alami pendarahan otak yakni saat  bercengkrama santai dengan keluarga dan karyawannya di rumah. 

Setelah kejadian pendarahan otak, Tukul Arwana segera dilarikan ke rumah sakit Brawijaya. Namun karena membutuhkan penanganan lebih lanjut, Tukul dirujuk ke RS PON. Di sana komedian ini mendapatkan tindakan operasi pada 22 September 2021. Kini setelah 11 hari operasi, kondisi Tukul kian membaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini