Sukses

20 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh, Penting Selama Pandemi

Menjaga kesehatan akan mencegah masalah kesehatan jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta Cara menjaga kesehatan tubuh penting dilakukan siapa saja. Terlebih, di masa pandemi, cara menjaga kesehatan tubuh menjadi suatu keharusan. Meski kini angka positif Covid-19 mulai melandai, masyarakat tetap tak boleh lengah.

Cara menjaga kesehatan tubuh juga akan mencegah penyakit dan masalah kesehatan jangka panjang. Saat ini beragam risiko masalah kesehatan begitu banyak menghantui. Gaya hidup tidak sehat meningkatkan risiko penyakit tidak menular kronis seperti diabetes, jantung, dan stroke.

Menurut International Diabetes Federation (IDF), Indonesia kini berada dalam status waspada diabetes. Menurut Rikesdas 2018, setidaknya 15 dari 1000 orang, atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung. Ini sebabnya penting menerapkan cara menjaga kesehatan tubuh.

Cara menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan di rumah, di tempat kerja, di sekolah, dan saat bepergian. Berikut cara menjaga kesehatan tubuh, dirangkum Liputan6.com dari WHO dan Healthline, Selasa(05/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara menjaga kesehatan tubuh

Makan makanan sehat

Pastikan mengonsumsi kombinasi makanan yang berbeda, termasuk buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Dengan cara menjaga kesehatan tubuh ini, Anda akan mengurangi risiko kekurangan gizi dan penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes, penyakit jantung, stroke dan kanker.

Kurangi konsumsi garam dan gula

Kelebihan natrium akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyebab penyakit jantung dan stroke. Di sisi lain, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penambahan berat badan yang tidak sehat. Kurangi asupan garam menjadi 5g per hari, setara dengan sekitar satu sendok teh. Pada orang dewasa dan anak-anak, asupan gula bebas harus dikurangi hingga kurang dari 10% dari total asupan energi. Ini setara dengan 50g atau sekitar 12 sendok teh untuk orang dewasa.

Kurangi asupan lemak

Lemak yang dikonsumsi harus kurang dari 30% dari total asupan energi. WHO merekomendasikan untuk mengurangi lemak jenuh hingga kurang dari 10% dari total asupan energi; mengurangi lemak trans hingga kurang dari 1% dari total asupan energi; dan mengganti lemak jenuh dan lemak trans menjadi lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh yang lebih disukai ditemukan pada ikan, alpukat dan kacang-kacangan, dan pada bunga matahari, kedelai, kanola dan minyak zaitun; lemak jenuh ditemukan dalam daging berlemak, mentega, minyak kelapa sawit dan kelapa, krim, keju, ghee dan lemak babi; dan lemak trans ditemukan dalam makanan yang dipanggang dan digoreng, serta makanan ringan dan makanan yang dikemas.

3 dari 7 halaman

Cara menjaga kesehatan tubuh

Hindari penggunaan alkohol

Tidak ada tingkat aman untuk minum alkohol. Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan mental dan perilaku, termasuk ketergantungan alkohol, PTM utama seperti sirosis hati, beberapa jenis kanker dan penyakit jantung, serta cedera akibat kekerasan dan kecelakaan di jalan.

Hindari merokok

Cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya adalah hindari rokok. Merokok tembakau menyebabkan PTM seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung dan stroke. Tembakau membunuh tidak hanya perokok langsung tetapi bahkan non-perokok melalui paparannya. Jika saat ini Anda seorang perokok, belum terlambat untuk berhenti.

Aktif bergerak

Aktivitas fisik didefinisikan sebagai setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang membutuhkan pengeluaran energi. Ini termasuk olahraga dan aktivitas yang dilakukan saat bekerja, bermain, melakukan pekerjaan rumah tangga, bepergian, dan terlibat dalam kegiatan rekreasi.

Orang dewasa berusia 18-64 tahun harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang sepanjang minggu. Tingkatkan aktivitas fisik intensitas sedang menjadi 300 menit per minggu untuk manfaat kesehatan tambahan.

4 dari 7 halaman

Cara menjaga kesehatan tubuh

Periksa tekanan darah secara rutin

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, disebut sebagai silent killer. Ini karena banyak orang yang menderita hipertensi mungkin tidak menyadari masalah ini karena mungkin tidak memiliki gejala apa pun. Maka dari itu, penting memeriksakan tekanan darah rutin dalam cara menjaga kesehatan tubuh. Jika tekanan darah tinggi, dapatkan saran dari petugas kesehatan. Ini sangat penting dalam pencegahan dan pengendalian hipertensi.

Lakukan tes rutin

Melakukan tes rutin merupakan cara menjaga kesehatan yang penting untuk mengetahui status kesehatan. Ini terutama penting untuk mengetahui indikasi HIV, hepatitis B, infeksi menular seksual (IMS), dan tuberkulosis (TB). Mengetahui status kesehatan berarti Anda akan mengetahui cara untuk terus mencegah penyakit ini.

Lakukan vaksinasi

Vaksinasi adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit. Vaksin bekerja dengan pertahanan alami tubuh untuk membangun perlindungan terhadap penyakit seperti kanker serviks, kolera, difteri, hepatitis B, influenza, campak, gondok, pneumonia, polio, rabies, rubella, tetanus, tipus, dan demam kuning.

Tutup mulut saat batuk atau bersin

Penyakit seperti influenza, pneumonia dan TBC ditularkan melalui udara. Ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, agen infeksi dapat ditularkan ke orang lain melalui tetesan udara. Ketika merasa batuk atau bersin datang, pastikan telah menutup mulut dengan masker wajah atau menggunakan tisu kemudian membuangnya dengan hati-hati. Jika tidak menemukan tisu, tutuplah mulut dengan siku.

5 dari 7 halaman

Cara menjaga kesehatan tubuh

Bersihkan tangan dengan benar

Mencuci tangan sangat penting tidak hanya untuk petugas kesehatan tetapi untuk semua orang. Tangan yang bersih dapat mencegah penyebaran penyakit menular. Cara menjaga kesehatan tubuh ini dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air saat tangan terlihat kotor atau menggosok tangan menggunakan produk berbasis alkohol.

Mencegah gigitan nyamuk

Penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, malaria dan filariasis limfatik ditularkan oleh nyamuk. Lakukan langkah 3 M (menguras, menutup, dan mengubur) untuk membasmi sarang nyamuk. Kenakan kemeja dan celana lengan panjang berwarna terang dan gunakan obat nyamuk. Di rumah, gunakan tirai jendela dan pintu, gunakan kelambu dan bersihkan lingkungan secara rutin.

Minum air bersih

Minum air yang kotor dapat menyebabkan penyakit yang terbawa air seperti kolera, diare, hepatitis A, tipus dan polio. Secara global, setidaknya 2 miliar orang menggunakan sumber air minum yang terkontaminasi tinja. Dalam situasi di mana tidak yakin dengan sumber air, rebus air setidaknya selama satu menit. Ini akan menghancurkan organisme berbahaya di dalam air. Biarkan dingin secara alami sebelum diminum.

Menyusui bayi dari 0 hingga 2 tahun ke atas

Menyusui adalah cara terbaik untuk memberikan makanan yang ideal untuk bayi baru lahir dan bayi. WHO merekomendasikan agar ibu memulai menyusui dalam waktu satu jam setelah kelahiran. Menyusui selama enam bulan pertama sangat penting bagi bayi untuk tumbuh sehat. Disarankan agar menyusui dilanjutkan hingga dua tahun dan lebih.

6 dari 7 halaman

Cara menjaga kesehatan tubuh

Bercerita ketika merasa sedih

Depresi adalah penyakit umum di seluruh dunia dengan lebih dari 260 juta orang mengalaminya. Depresi dapat bermanifestasi dalam berbagai cara, tetapi mungkin membuat seseorang merasa putus asa atau tidak berharga, atau mungkin sering memikirkan pikiran negatif dan mengganggu atau memiliki rasa sakit yang luar biasa.

Jika mengalami ini, ingatlah bahwa Anda tidak sendirian. Bicaralah dengan seseorang yang dipercayai seperti anggota keluarga, teman, kolega, atau profesional kesehatan mental tentang perasaan.

Minum antibiotik hanya sesuai resep

Resistensi antibiotik adalah salah satu ancaman kesehatan masyarakat terbesar. Ketika antibiotik kehilangan kekuatannya, infeksi bakteri menjadi lebih sulit untuk diobati, yang menyebabkan biaya medis yang lebih tinggi, lama tinggal di rumah sakit, dan peningkatan kematian. Pastikan hanya minum antibiotik jika diresepkan oleh profesional kesehatan yang berkualifikasi.

Siapkan makanan dengan benar

Cara menjaga kesehatan tubuh yang tak kalah penting juga ada pada cara penyiapan makanan. Makanan yang disiapkan dengan tidak benar akan menyebabkan lebih dari 200 penyakit – mulai dari diare hingga kanker. Saat membeli makanan di pasar atau toko, periksa label atau produk sebenarnya untuk memastikan aman untuk dimakan.

Jika menyiapkan makanan, pastikan mengikuti Lima Kunci Makanan yang Lebih Aman: (1) jaga kebersihan; (2) pisahkan mentah dan matang; (3) masak hingga matang; (4) menjaga makanan pada suhu yang aman; dan (5) menggunakan air dan bahan baku yang aman.

7 dari 7 halaman

Cara menjaga kesehatan tubuh

Lakukan pemeriksaan rutin

Pemeriksaan rutin dapat membantu menemukan masalah kesehatan sebelum dimulai. Profesional kesehatan dapat membantu menemukan dan mendiagnosis masalah kesehatan lebih awal. Kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksa layanan kesehatan, pemeriksaan dan pengobatan yang dapat diakses.

Tidur cukup

Tidur yang buruk dapat mendorong resistensi insulin, dapat mengganggu hormon nafsu makan, dan mengurangi kinerja fisik dan mental. Terlebih lagi, kurang tidur adalah salah satu faktor risiko individu terkuat untuk penambahan berat badan dan obesitas. Pastikan untuk tidur minimal 6 sampai 8 jam.

Tetap terhidrasi

Cara menjaga kesehatan tubuh yang sering diabaikan adalah tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi membantu memastikan bahwa tubuh berfungsi secara optimal dan volume darah. Minum air putih adalah cara terbaik untuk tetap terhidrasi, karena bebas dari kalori, gula, dan zat tambahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini