Sukses

6 Nama Anak Unik dan Panjang Ini Sempat Viral, Bikin Geleng Kepala

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tua tentunya akan memberikan nama unik tetapi penuh makna untuk buah hatinya. Selain unik, tentunya ada harapan dan doa di balik nama seorang anak. Bahkan saat ini tak sedikit orang tua yang memberikan nama cukup panjang untuk sang buah hati.

Saking panjangnya, tak jarang kemudian nama tersebut viral di media sosial. Saat ini memang perkembangan media sosial cukup pesat, oleh karenanya tak heran jika perihal nama unik dan panjang cepat viral dan menyita perhatian warganet.

Lantaran nama buah hatinya cukup panjang, tentunya penampakan kartu keluarganya jadi terlihat aneh dan berbeda dari kebanyakan kartu keluarga bukan? Nama yang panjang tentunya akan mempersulit petugas untuk input nama tersebut.

Belum lama ini viral di media sosial, nama anak unik dan panjang dengan 19 kata. Bahkan orang tua sang anak sampai mengirim surat terbuka ke Presiden Joko Widodo lantaran proses input tidak bisa dilakukan karena nama terlalu panjang.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang nama anak unik dan panjang dan sempat viral di media sosial, Rabu (6/10/2021).

2 dari 7 halaman

1. Nama Anak 19 Kata

Belakangan ini, warganet dibuat heran lantaran ramai nama anak yang unik dan panjang dengan 19 kata. Pasangan suami istri di Bancar Tuban, Arif Akbar dan Suci Nur Aisiyah, memberikan nama anak keduanya hingga 19 kata, yaitu "Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta". Anak tersebut lahir pada Minggu, 6 Januari 2019.

Akibat nama panjang tersebut, dia kesulitan mendapatkan akta kelahiran. Pihak Dukcapil beralasan maksimal nama yang ada di Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) hanya 55 karakter atau huruf termasuk spasi.

Lantaran kesulitan mendapatkan akta kelahiran, orang tua sang anak sampai mengirim surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo. Pasangan ini nekat mengirimkan surat terbuka kepada Presiden karena hampir 3 tahun perjuangannya untuk mendapatkan akta kelahiran anaknya tak kunjung berhasil. 

“Saya sudah berjuang 3 tahun untuk mengurus akta kelahiran ke dinas. Tiap datang di suruh menunggu sampai terakhir diberikan solusi mengganti nama anak," kata Arif Akbar Selasa (5/10/2021).

3 dari 7 halaman

2. Nama Anak ‘Dot Com’

Pada bulan Agustus lalu viral nama anggota keluarga dengan nama ‘Dot Com’. Pengguna TikTok @nazhmiramadhan unggah nama anggota keluarganya yang tersemat kata ‘Dot Com’ di akhir namanya.

Warganet semakin percaya bahwa nama tersebut bukan hanya sekadar rekayasa saat sang pemilik akun memperlihatkan kartu keluarganya. Dalam KK tersebut terlihat nama 3 anggota keluarga yang tersemat kata Dot Com.

Dilansir dari berbagai sumber, pasutri asal Gresik ini memilih nama unik untuk buah hatinya sebagai upaya mengenang perjalanan cinta orang tua sang pemilik akun karena mendapatkan jodoh melalui internet di salah satu situs website. Selain untuk mengenang perjalanan cinta, orang tua sang pemilik akun berharap jika anak-anaknya kelak dapat membanggakan keluarga.

4 dari 7 halaman

3. Nama Anak 58 Karakter

Belum lama ini juga viral nama anak lebih dari 50 karakter, yakni Akulah Cinta di Langit Prudence Lovely Princess of Awanamp. Selain panjang, nama anak yang belum lama ini viral juga dipadukan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Nama panjangn dan unik tersebut viral karena bermula dari unggahan akun Twitter @jayakabajay. Dalam unggahannya tertera kartu keluarga dengan nama anak Akulah Cinta Di Langit Prudence Lovely Princess Of Awnamp.

5 dari 7 halaman

4. Nama Unik Kebalikan Tanggal dan Bulan Nikah Orang Tua

Pada bulan April lalu viral di TikTok nama unik seorang pria yang diambil dari kebalikan tanggal dan bulan pernikahan kedua orang tuanya. Biasanya nama seseorang diambil dari bulan lahir dan kemudian dikreasikan dengan sebutan lain. Namun berbeda dengan nama pria yang belum lama ini viral, di mana namanya merupakan kebalikan dari tanggal dan bulan pernikahan keduanya orang tuanya.

Video singkat yang sudah ditonton lebih dari 3 juta kali dan mendapatkan ragam komentar dari warganet. Sang pemilik akun menjelaskan bahwa namanya 'Agit Sutsuga' merupakan kebalikan dari 'Tiga Agustus'. Lantaran banyak yang penasaran darimana inspirasi nama unik tersebut, sang pemilik akun mengunggah video lanjutan untuk menjawab pertanyaan warganet.

Pada video tersebut sang pemilik akun juga menuliskan bahwa namanya tidak memiliki korelasi dengan tanggal lahirnya. Nama 'Agit Sutsuga' yang merupakan kebalikan dari tiga Agustus jauh berbeda dengan tanggal lahirnya yang 4 April.

6 dari 7 halaman

5. Nama Unik Anak Pegawai Minimarket

Pada bulan Maret 2021 juga viral sebuah video yang memperlihatkan nama anak unik yang perpaduan namanya dari nama minimarket tempat kedua orang tuanya bekerja. Nama anak tersebut merupakan  nama gabungan dari dua minimarket terkenal yakni Alfamart dan Indomaret. Nama dua minimarket ini tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat bukan?

Dalam video tersebut terlihat sang pemilik akun menuliskan bahwa nama buah hatinya merupakan gabungan dari nama dua minimarket tempat ia dan sang istri bekerja. Sang suami bekerja di Alfamart dan sang istri bekerja di Indomaret. Alhasil nama anak dua pegawai minimarket ini adalah Alfindo jika digabungkan.

"alfindo keturunan dari alfa sama idm 🤗" tulis sang pemilik akun pada laman TikTok miliknya (23/2/2021).

7 dari 7 halaman

6. Nama Anak Terinspirasi dari Karakter Anime

Ada beragam nama unik yang viral di media sosial, salah satunya nama unik yang terinspirasi dari nama karakter anime. Salah satunya adalah seorang anak yang bernama Hokage pertama Desa Konohagakure menjadi inspirasi nama anak. Bahkan selain itu ada nama anak dengan