Sukses

Geografis adalah Letak Daerah Dilihat dari Kenyataannya di Bumi, Berikut Penjelasannya

Geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi.

Liputan6.com, Jakarta Geografis adalah istilah yang berkaitan dengan geografi. Sementara itu, geografi sendiri merupakan ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi. Tidak hanya itu, benda-benda di ruang angkasa pun turut menjadi objek kajian geografi.

Pusat kajian geografi adalah hubungan manusia dan lingkungannya. Secara umum, geografi terbagi menjadi dua cabang keilmuan yaitu geografi fisik dan geografi manusia. Geografi memiliki konsep-konsep penting yang digunakan untuk memahami hubungan, bentuk, dan fungsi peristiwa alam dan peristiwa sosial.

Geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi. Hal ini sangat berkaitan dengan geografi, sehingga kamu perlu memahami apa itu geografi terlebih dahulu. Hal ini dimaksudakan agar kamu lebih mudah memahami istilah geografis.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/10/2021) tentang geografis adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Geografi

Geografis adalah istilah yang berkaitan dengan letak dan tentunya bersangkut paut dengan geografi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, geografis adalah bersangkut paut dengan geografi. Geografi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu Geo yang berati bumi dan Graphein yang berarti tulisan. Sehingga saat digabungkan menjadi tulisan bumi atau deskripsi bumi.  Secara umum ilmu Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi.

Sementara dari segi terminologi pengertian geografi secara umum adalah ilmu yang dipakai untuk mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan permukaan bumi. Dengan perkembangan ilmu geografi membuat ilmu tersebut memiliki bidang kajian yang semakin luas. Kajian ilmu geografi dewasa ini menyentuh beragam aspek, mulai fisik bumi hingga yang berkaitan dengan manusia.

Dalam geografi dikenal mengenai konsep jarak yang digunakan dalam kehidupan sosial ekonomi. Dalam geografi jarak dapat diukur dengan dua cara, yaitu jarak geometrik dinyatakan dalam satuan panjang kilometer, dan jarak waktu yang diukur dengan satuan waktu (jarak tempuh). Selain itu konsep geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk permukaan bumi. Ilmu geografi tidak terlepas dari bentuk-bentuk permukaan bumi, seperti pegunungan, perbukitan, lembah, dan dataran. Hal inilah yang menyebabkan permukaan bumi merupakan objek studi geografi.

3 dari 4 halaman

Geografis adalah

Seperti Liputan6.com kutip dari BPS Jawa Timur, geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Letak geografis adalah suatu letak yang ditentukan pula oleh segi astronomis, geologis, fisiografis, dan sosial budaya. Letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi.

Letak geografis biasanya dibatasi dengan berbagai fitur geografi yang ada di bumi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut. Fitur geografi yang dimaksud di sini contohnya seperti benua, laut, gunung, samudera, gurun, dan lain sebagainya. Posisi geografis Indonesia terdiri atas letak astronomis, letak geografis, dan geologis yang berbeda pengertian dan pandangannya.

Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi silang, yang mempunyai arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian.

Wilayah Indonesia terletak pada posisi yang strategis dan menguntungkan karena beberapa alasan sebagai berikut: Letak Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia. Letak Indonesia di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Secara astronomi indonesia terletak antara 60 LU – 11 0 LS dan 95 0BT – 1410 BT. Geografis adalah istilah yang perlu dipahami dalam ilmu geografi.

4 dari 4 halaman

Cabang Ilmu Geografi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cabang ilmu geografi dibagi dalam beberapa kajian. Berikut ini masing-masing penjelasannya, yaitu:

Geografi Fisik

Geografi fisik, ilmu geografi yang mempelajari gejala fisik yang berasal dari permukaan bumi yaitu tanah, air, dan udara dengan berbagai prosesnya. Mempelajari gejala alamiah permukaan bumi yang menjadi tempat hidup manusia. Dalam cabang ilmu geografi ini, juga dibedakan dalam beberapa kajian, diantaranya:

1. Geologi

Geologi adalah mempelajari tentang suatu ilmu bumi berdasarkan struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, komposisinya dan proses pembentukannya, sistem tata surya atau gurun terluas di dunia.

2. Ilmu tanah

Ilmu tanah adalah mempelajari sifat-sifat fisik tanah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan jenis tanah yang ada di alam.

3. Geomorfologi

Geomorfologi merupakan mempelajari mengenai proses secara ilmiah mengenai permukaan bumi dan proses-proses yang terjadi pada bagian-bagian dari bumi, termasuk yang berhubungan dengan bentuk lahan.

4. Oseanografi

Oseanografi merupakan ilmu yang mempelajari secara detail mengenai samudera dan lautan seperti struktur salinitas, pencampuran, arus rekayasa laut,ombak, hingga sedimen kelautan.

5. Meteorologi dan Kilimatologi

Meteorologi dan Kilimatologi mempelajari mengenai gejala cuaca dan iklim di indonesia serta iklim di seluruh dunia, termasuk proses terjadinya pelangi.

 

Geografi Manusia

Mengkaji aspek keruangan yang dijadikan sebagai tempat terjadinya aktivitas manusia, di antaranya aktivitas manusia yang meliputi ekonomi, kependudukan, sosial budaya, dan aktivitas politik. Dalam cabang ilmu geografi ini juga dibedakan dalam beberapa kajian, yaitu:

1. Geografi ekonomi

Geografi ekonomi merupakan mempelajari berupa struktur keruangan aktivitas ekonomi. Titik berat Kajiannya pada aspek keruangan struktur ekonomi masyarakat yang meliputi dalam bidang industri, pertanian, transportasi, komunikasi, perdagangan, jasa dan lain sebagainya.

2. Geografi permukiman

Geografi permukiman merupakan cabang ilmu geografi manusia yang mempelajari perkembangan permukiman di suatu wilayah yang ada di seluruh permukaan bumi. Termasuk mencari tahu faktor apa yang mempengaruhi perkembangan dan pola permukiman serta bentuk permukimannya.

3. Geografi politik

Geografi politik merupakan mempelajari aspek keruangan pemerintah atau kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional, pemerintah atau kenegaraan di permukaan bumi. Dijadikan sebagai dasar perkembangan dan hubungan kenegaaraan.

4. Geografi sosial

Geografi sosial merupakan mempelajari hubungan sosial dengan struktur keruangan yang membahas mengenai ilmu sosial. Geografi sosial mengkaji mengenai kesehatan dan perlindungan, kriminalitas dan kemiskinan, dan variasi pergerakan sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.