Sukses

Idap Penyakit Langka, Wajah Gadis 16 Tahun Ini Terlihat Seperti Nenek-Nenek

Kondisi langka membuatnya terlihat seperti nenek-nenek.

Liputan6.com, Jakarta Raizel Calago baru berusia 16 tahun, tetapi usianya tidak akan pernah ditebak hanya dengan melihatnya. Dia menderita penyakit langka yang disebut progeria yang membuatnya terlihat empat kali usianya.

Hanya dalam waktu dua tahun, Raizel Calago berubah dari seorang gadis muda cantik yang menghadiri kontes kecantikan, menjadi seorang wanita tua yang banyak orang mengira sebagai nenek.

Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central pada Kamis (7/10/2021), wanita asal Filipina itu mengatakan bahwa dia mulai melihat kerutan di kulitnya hanya beberapa hari setelah ruam muncul di sekujur tubuhnya. Bintik-bintik merah dan gatal yang menyakitkan saat disentuh muncul di tubuhnya.

Saat diperiksa, dia diberitahu bahwa itu disebabkan oleh serangga. Gadis 16 tahun itu diberi obat, tetapi itu tidak membantu, dan perlahan dia mulai memperhatikan perubahan fisik pada penampilannya. Sekarang, sulit dipercaya dia baru berusia 16 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Malu Bergaul dengan Teman Seusianya

Sejak penampilannya berubah, gadis 16 tahun itu terlalu malu untuk bergaul dengan teman-temannya seperti dulu. Dia juga menghindari keluar tanpa masker yang menutupi sebagian besar wajahnya, karena dia malu dengan penampilannya. Yang dia inginkan hanyalah agar semuanya kembali seperti beberapa tahun yang lalu.

"Sangat menyakitkan ketika mereka memberi tahu saya bahwa putri saya terlihat lebih tua dari saya. Kadang-kadang, saya membayangkannya ketika dia menjadi tua dan melihat betapa cantiknya dia," kata ibu Raizel, Joela.

Wanita 36 tahun itu juga menambahkan, "Dia cantik sejak dia masih bayi, tetapi sekarang, wajahnya, sangat jauh dari kecantikannya ketika dia masih muda."

Kepada GMA Network, Raizel mengaku jika orang-orang selalu bertanya kepadanya mengapa penampilannya semakin tua. Gadis itu pun tidak menjawabnya karena dia sendiri tidak mengetahui apa yang terjadi.

“Saya selalu berdoa agar saya menjadi lebih baik dan kulit serta penampilan saya yang lama akan kembali. Dengan begitu, saya akan bisa berkumpul dengan teman-temanku lagi. Saya tidak bisa sekarang karena saya malu,” ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Derita Penyakit Progeria

Raizel Calago baru-baru ini tampil di acara TV populer "Kapuso Mo, Jessica Soho" dan tim produksi membawanya ke ahli endokrinologi Dr. James Young, yang diagnosis awalnya adalah progeria. Kondisi yang sangat langka ini menyebabkan kerutan atau penuaan pada kulit dan pertumbuhan terhambat dan meningkatkan risiko mengalami serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Sayangnya, perubahan fisik yang disebabkan oleh progeria tidak dapat diubah, sehingga yang dapat dilakukan dokter sekarang adalah melakukan yang terbaik untuk mencegah munculnya masalah kardiovaskular, dan mengobati osteoporosis dan masalah persendian, dua efek samping paling umum dari progeria.

Karena orang tua Raizel kekurangan uang untuk membayar perawatan yang diperlukan, keluarganya telah meminta orang-orang baik hati yang bersedia menyumbang untuk perjuangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini