Sukses

15 Manfaat Bawang Putih untuk Pria yang Wajib Diketahui, Baik untuk Sistem Reproduksi

Manfaat bawang putih untuk pria berhubungan dengan kandungan senyawa allicin, vitamin C, fosfor, protein, dan zat besinya.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah manfaat bawang putih untuk pria sangat baik untuk kesehatan reproduksinya. Manfaat bawang putih untuk pria mampu meningkatkan gairah seksual, menjaga kesehatan prostat, gangguan disfungsi ereksi, hingga menyembuhkan wasir yang sering dialami oleh pria.

Bawang putih dikenal mengandung senyawa allicin, vitamin C, fosfor, protein, dan zat besi. Menurut sebuah penelitian, manfaat bawang putih untuk pria mampu menurunkan risiko timbulnya Benign Prostatic Hyperplisia (BPH) yang merupakan kondisi pembesaran prostat jinak.

Selain itu, manfaat bawang putih untuk pria sangat direkomendasikan bagi perokok aktif. Terdapat kandungan allyl sulfida pada bawang putih yang berfungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak. Inilah mengapa bawang putih dinilai sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker paru.

Berikut Liputan6.com ulas tentang manfaat bawang putih untuk pria yang wajib diketahui dari berbagai sumber, Kamis (7/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Pria yang Wajib Diketahui

1. Meningkatkan Produksi Testosteron

Manfaat bawang putih untuk pria adalah kaitannya dengan peningkatan dalam produksi estosteron. Testosteron bagi pria merupakan jenis hormon yang sangat penting. Hormon ini ternyata merupakan hormon penting pada sistem reproduksi pria.

Hormon testosteron juga sangat berpengaruh pada jumlah produksi sperma pada laki-laki. Pada saat terjadinya proses pembuahan, hormon testosteron inilah yang akan membentuk genital laki-laki pada janin. Selain itu, kandungan hormon testosteron tersebut memiliki fungsi dalam memperkuat otot serta kepadatan tulang.

2. Menjaga Kesehatan Prostat

Salah satu kelenjar yang penting bagi pria adalah kelenjar prostat. Manfaat bawang putih untuk pria sangat baik untuk menjaga kesehatan prostat. Kelenjar prostat sendiri merupakan kelenjar eksokrin yang letaknya ada di dalam panggul yang cenderung dekat dengan lokasi dari kandung kemih.

Manfaat bawang putih untuk pria ini tidak main-main, ternyata kelenjar prostat berperan penting dalam menentukan kesuburan pria. Prostat memiliki fungsi untuk mengeluarkan cairan yang melindungi sperma. Pada saat pria mengalami ejakulasi, maka prostat akan menutup saluran yang menuju kandung kemih.

Prostat akan mengeluarkan cairan yang akan membuat sperma bergerak menuju rahim wanita. Meski begitu, seiring bertambahnya usia, umumnya ukuran prostat akan mengalami pembesaran. Ukuran prosestat yang terlalu besar tersebut maka fungsi dari prostat tidak akan optimal.

Itulah mengapa dengan mengonsmsi bawang putih menjadi sebuah cara yang dilakukan agar prostat senantiasa tetap sehat. Hal tersebut karena bawang putih mampu menurunkan risiko timbulnya Benign Prostatic Hyperplisia (BPH) yang merupakan kondisi pembesaran prostat jinak.

3. Menghindari Disfungsi Ereksi

Manfaat bawang putih untuk pria adalah mampu menjaga fungsi dari alat reproduksi. Mengonsumsi bawang putih sangat dipercaya akan kemampuannya dalam mencegah disfungsi ereksi.

Disfungsi ereksi merupakan kondisi di mana pria tidak mampu mempertahankan ereksi pada alat vital ketika berhubungan seksual. Penyebab dari disfungsi ereksi ini sangat beragam, salah satunya karena tidak lancarnya peredaran darah menuju alat vital.

Sempat disinggung sebelumnya jika bawang putih mampu melancarkan peredaran darah. Oleh sebab itu gangguan kesehatan berupa disfungsi ereksi bisa dihindari dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin. Manfaat bawang putih untuk pria ini jangan dianggap remeh.

4. Menciptakan Wangi Bagi Pria

Mungkin manfaat bawang putih untuk pria ini terdengar aneh, namun percaya atau tidak banyak wanita yang berpandangan jika wangi tubuh pria yang khas ternyata sangat menarik. Manfaat bawang putih untuk pria adalah dapat menciptakan wangi khas pria.

Mengonsumsi bawang putih, maka produksi keringat tersebut akan semakin meningkat. Jadi, tidak ada salahnya bukan jika Anda mencoba konsumsi bawang putih tersebut? Tentunya agar pasangan semakin sulit untuk jauh dari Anda. Manfaat bawang putih untuk pria ini wajib dicoba.

5. Menambah Gairah Seksual

Posisi menentukan keberhasilan. Bagi kaum pria, posisi yang tepat bisa membuat pasangan mencapai orgasme atau bahkan multiorgasme. Tentu manfaat bawang putih untuk pria ini akan menjadi kebanggan diri sendiri.

Bukan menjadi hal yang baru, karena memang bawang putih sejak lama telah diketahui memiliki khasiat penting bagi pria dalam peningkatan gairah seksualnya. Bawang putih memiliki efek yang baik dalam meningkatkan sirkulasi darah.

Peningkatan sirkulasi darah inilah yang menjadikan manfaat bawang putih untuk pria mampu meningkatkan gairah seksual tersebut. Rangsangan ini yang akan memberi peningkatan pada nafsu birahi pria. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan dengan menambahkannya ke dalam makanan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Pria yang Wajib Diketahui

6. Mencegah Kanker Paru

Manfaat bawang putih untuk pria yang mentah dan sudah dicuci bersih dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru. Mengutip pernyataan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, hasil studi yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention menemukan bahwa responden yang mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak dua kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko kanker paru sebesar 44%.

7. Berperan sebagai Afrodisiak

Bawang putih dikenal luas sebagai makanan kesehatan. Kerabat bawang ini merupakan sumber sejumlah vitamin dan mineral yang mengejutkan untuk sesuatu yang dikirim dalam paket sekecil itu. Manfaat bawang putih untuk pria termasuk magnesium, selenium, dan vitamin C.

Semua nutrisi ini dianggap penting untuk kesehatan seksual. Manfaat bawang putih untuk pria menormalkan aliran darah di tubuh secara khusus ke arah penis. Ini telah digunakan sejak zaman kuno untuk meningkatkan seksualitas dan menyembuhkan masalah terkait seks.

8. Mengatasi Kapalan

Manfaat bawang putih untuk pria dapat mengatasi kapalan yang sering terjadi pada pria. Enzim dalam bawang putih dapat membantu dengan jamur seperti kapalan. Hancurkan dua hingga empat siung bawang putih segar dan tambahkan ke air hangat untuk membuat baskom di wadah yang cukup besar agar pas dengan kaki Anda. 

Tambahkan sedikit alkohol gosok. Rendam kaki selama 30 menit. Anda juga bisa mencincang beberapa siung bawang putih dan menutupinya dengan sedikit minyak zaitun. Tutupi dan diamkan selama sekitar tiga hari, gemetar beberapa kali per hari. Menggunakan bola kapas, oleskan minyak ke daerah yang terkena dua kali sehari sampai kapalan sembuh.

9. Meredakan Wasir Pria

Manfaat bawang putih untuk pria yang tak kalah penting adalah meredakan wasir yang meradang. Oleskan sari bawang tunggal pada area anus akan membantu meredakan pembengkakan.

10. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat bawang putih untuk pria dapat menurunkan risiko kanker. Khasiat antikanker disebabkan adanya kandungan allyl sulfida pada bawang putih yang berfungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak. Manfaat bawang putih untuk pria dinilai sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker paru.

“Bawang putih bagus, untuk mencegah kanker paru. Untuk mendapatkan khasiat lebih banyak, coba makan bawang putih secara mentah. Memang rasanya tidak enak tetapi manfaatnya luar biaa. Jika Anda ingin mencobanya, mulailah dengan potongan yang kecil dulu," kata dr. Nadia Octavia seperti dikutip dari situs Klik Dokter.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Pria yang Wajib Diketahui

11. Mengatur Gula Darah

Manfaat bawang putih untuk pria dapat berfungsi sebagai pengatur gula darah. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan insulin dalam darah. Oleh karena itu, manfaat bawang putih untuk pria dapat membantu mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes.

12. Terhindar dari Penyakit Kardiovaskular

Terbukti banyak manfaat bawang putih untuk pria yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Bawang putih menipiskan darah untuk berkurang dan melindungi dari gumpalan, memungkinkan zat besi mengalir lebih baik bagi tubuh. Berbagai penelitian menunjukan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat kadar gula dalam darah.

13. Merawat Rambut dan Kulit

Manfaat bawang putih untuk pria dapat merawat rambut dan kulit. Ada berbagai kandungan dalam bawang putih yang dapat melindungi kulit ari efek radikal bebas dan memperlambat penurunan kolagen, yang berujung pada hilangnya elastisitas kulit.

Manfaat bawang putih untuk pria dapat melindungi kulit dari infeksi jamur dan bisa menyembuhkan kulit dari iritasi. Bawang putih ampuh untuk merawat rambut. Menggosokkan bawang putih mentah ke kulit kepala dan memijatnya bisa mencegah dan mengembalikan ketebalan rambut yang berkurang akibat rontok.

14. Menunda Penuaan

Manfaat bawang putih untuk pria bisa menunda penuaannya. Ini karena manfaat bawang putih untuk pria mengandung senyawa aktif yang bersifat antioksidan. Senyawalah inilah yang bisa membantu kamu menunda penuaan.

Mungkin terdengar aneh, namun dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin mampu memberikan hasil yang menakjubkan.

Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung dengan madu dan lemon di pagi hari untuk bisa merasakan manfaat bawang putih untuk pria. Cukup potong kecil bawang putih. Kemudian campurkan dengan lemon dan madu saat bangun tidur di pagi hari.

15. Meringankan Sakit Gigi

Bantu meredakan sakit gigi merupakan manfaat bawang putih untuk pria yang bisa dirasakan. Bawang putih memang sudah dipercaya dapat mengatasi masalah sakit gigi. Cukup letakkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan langsung pada gigi yang sakit, maka bawang putih dapat membantu meringankan sakit gigi karena sifat anti bakteri dan analgesik. Namun sayangnya, cara ini membawa efek samping terjadinya iritasi pada gusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.