Sukses

Konsisten adalah Ketetapan Bertindak, Ketahui Manfaat dan Cara Membangunnya

Konsisten adalah kebiasaan penting untuk dimiliki.

Liputan6.com, Jakarta Konsisten adalah salah satu sifat integritas. Satu kesamaan yang dimiliki oleh orang-orang yang tidak sukses adalah mereka kurang konsisten. Konsisten adalah salah satu kunci dari keberhasilan.

Konsisten adalah kebiasaan penting untuk dimiliki. Kecil kemungkinan mencapai hal-hal hebat jika tidak secara konsisten membuat keputusan yang cerdas dan mengambil tindakan yang tepat. Konsisten adalah perilaku yang berkaitan dengan dedikasi dan komitmen.

Salah satu manfaat dari konsisten adalah terbentuknya nikai dan standar kuat dalam diri. Inti dari konsisten adalah tentang pengulangan. Konsisten adalah sifat yang perlu dilatih. Berikut pengertian konsisten dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(07/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian konsisten

Konsisten adalah istilah yang berakar dari bahasa Latin consistentem yang berarti "berdiri diam". Menurut KBBI, konsisten adalah tetap, tidak berubah-ubah, taat asas, atau ajek. Konsisten juga berarti selaras atau sesuai.

Cambridge Dictonary mendefinisikan konsisten sebagai sifat yang selalu berperilaku atau terjadi dengan cara yang serupa. Menurut Kamus Merriam Webster, konsisten ditandai oleh harmoni, keteraturan, atau kontinuitas yang mantap. Sementara Lexico mendefinisikan konsisten sebagai tindakan atau sesuatu yang dilakukan dengan cara yang sama dari waktu ke waktu, terutama agar adil atau akurat.

Konsisten digambarkan sebagai sesuatu yang dilakukan dengan cara yang sama untuk waktu yang lama. Ketika sesuatu terjadi lagi dan lagi, itu terjadi secara konsisten. Konsisten paling sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang dapat diandalkan.

3 dari 7 halaman

Pentingnya sikap konsisten

Mengembangkan disiplin dan pengendalian diri

Konsisten adalah kemampuan yang membutuhkan pengendalian diri. Ini berarti kamu tidak membiarkan diri keluar jalur sambil tetap fokus pada peningkatan bertahap. Ini akan membantu mengembangkan disiplin yang diperlukan untuk terus berjalan.

Membangun tingkat kepercayaan yang lebih tinggi

Tingkat kepercayaan yang dimiliki dengan diri sendiri muncul dalam tingkat kepercayaan orang lain terhadapmu. Menjadi konsisten akan membantu membangun momentum. Ini berarti kamu juga akan merasa senang dengan apa yang sedang kamu kerjakan.

Kelacak peningkatan atau pengembangan

Konsistensi akan mengarah pada kemajuan. Ini dapat mempercepat pencapaian apa yang kamu inginkan. Konsisten akan membangun kepercayaan diri, yang akan membantu menetapkan tujuan yang lebih besar dan lebih menantang.

Menciptakan akuntabilitas

Hasil akan mengungkapkan apakah kamu konsisten atau tidak. Jika kamu tahu bahwa kamu tidak berada di jalur yang benar, kamu dapat meminta pertanggungjawaban diri sendiri. Ini berarti kamu dapat menyesuaikan tindakan atau perilaku dan terus maju menuju apa yang diinginkan.

Lebih menonjol atau diperhatikan

indakan kecil yang dilakukan berulang kali akan menghasilkan hasil yang besar seiring waktu. Ketika kamu melakukan sesuatu untuk waktu yang lama, kamu akan membedakan diri dari mereka yang tidak konsisten. Ini dapat membantu menarik peluang baru yang mungkin tidak mungkin terjadi jika kamu tidak konsisten.

4 dari 7 halaman

Keuntungan menjadi konsisten

Menjadi konsisten bisa memberi keuntungan jangka panjang. Keuntungan menjadi konsisten adalah:

- Orang tahu apa yang diharapkan darimu.

- Kamu memberikan hasil berkualitas tinggi.

- Kamu efisien dan memiliki hasil yang lebih baik.

- Kamu dapat mengukur kesuksesan dan kemajuan dengan lebih mudah.

- Kamu mengidentifikasi area peningkatan lebih cepat.

- Kamu lebih berhasil dalam mencapai tujuan

5 dari 7 halaman

Di mana harus konsisten

Diri sendiri

Konsisten dalam cara menampilkan diri secara langsung atau online sangat penting. Orang mungkin tidak selalu mendapatkan kesempatan untuk bertemu secara langsung terlebih dahulu, jadi sangat penting untuk menampilkan diri dengan cara yang sama di semua platform.

Keuangan

Cara yang telah terbukti untuk mencapai tujuan keuangan adalah dengan konsisten. Semua praktik keuangan yang baik seperti penganggaran, tabungan, dan investasi membutuhkan konsistensi. Kamu perlu berkomitmen untuk melakukan sesuatu berulang kali untuk menuai manfaat jangka panjang.

6 dari 7 halaman

Di mana harus konsisten

Hubungan

Untuk menjadi individu yang seimbang dan bahagia, kamu perlu memiliki hubungan yang sehat. Seperti halnya semua hal baik, kamu perlu berinvestasi dalam hubungan untuk mendapatkan manfaat yang mereka bawa. Hargai hubungan dan konsistenlah dalam menjaga hubungan.

Kehidupan Profesional

Konsisten dalam membangun rekam jejak kesuksesan dalam kehidupan profesional. Hasil kerja harus memiliki kualitas yang konsisten. Karena hasil pekerjaan adalah hal yang paling diperhatikan oleh orang-orang dalam kehidupan profesional, penting bagi mereka untuk konsisten. Ketika kamu bekerja untuk diri sendiri atau memiliki bisnis sendiri, kebutuhan untuk konsisten semakin diperkuat.

Pengembangan Pribadi

Konsisten mengevaluasi kemajuan dan bidang perbaikan diperlukan untuk menjadi diri yang terbaik. Memprioritaskan pengembangan diri dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk berada di tempat yang kamu inginkan adalah komitmen yang signifikan terhadap diri sendiri.

7 dari 7 halaman

Cara menjadi konsisten

Mengembangkan sikap konsisten adalah tindakan yang tidak sulit. Ini membutuhkan perubahan dalam pemikiran. Berikut cara menjadi konsisten:

Mulailah dengan langkah kecil

Kamu tidak perlu membuat perubahan besar dalam waktu singkat jika tidak perlu. Kamu dapat membangun menuju sesuatu yang besar dengan memulai dengan langkah-langkah kecil.

Buat rencana

Buat jadwal atau rencana untuk tetap pada jalurnya. Jika tidak mengukur kemajuan, sulit untuk tetap konsisten. Sebuah rencana untuk melacak kemajuan akan membantu meningkatkan konsistensi lebih cepat.

Manfaatkan waktu luang

Manfaatkan waktu luang dengan lebih baik. Setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama setiap hari. Belajar menggunakan waktu luang dengan bijak dapat membantu tetap konsisten.

Beri diri istirahat

Beri diri istirahat ketika mulai merasa keluar jalur. Tidak dapat dihindari bahwa kamu akan terganggu dan kehilangan fokus dari apa yang ingin dicapai. Daripada menyalahkan diri sendiri tentang hal itu, belajarlah dari kesalahan dan berkomitmen kembali untuk melakukan apa yang diperlukan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini