Sukses

10 Ciri-Ciri Penelitian Kualitatif, Pengertian, dan Jenis-Jenisnya

Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang didasarkan pada riset deskriptif.

Liputan6.com, Jakarta Mengenal ciri-ciri penelitian kualitatif yang paling khas adalah berupa penafsiran dan penguraian data sesuai dengan situasi yang dihadapi oleh responden. Pengertian penelitian kualitatif secara umum, dijelaskan oleh Koentjaraningrat sebagai desain penelitian yang memiliki tiga format deskriptif, verifikasi, dan format Grounded research. 

Dalam penelitian ini, peneliti adalah instrumen paling penting dan menentukan keberhasilan penelitian yang dilakukan. Ciri-ciri penelitian kualitatif ini wajib diketahui sebelum peneliti mulai memilih untuk menggunakan metodenya. Sebab ciri-ciri penelitian kualitatif menekankan makna daripada generalisasi.

Salah seorang ahli, Sugiono mengungkap ciri-ciri penelitian kualitatif lebih cocok digunakan untuk memahami fenomena sosial dari perspektif partisipan. Secara sederhana, penelitian yang lebih cocok digunakan untuk meneliti kondisi atau situasi objek penelitian. 

Berikut Liputan6.com ulas lebih dalam tentang ciri-ciri penelitian kualitatif, pengertian, dan jenis-jenisnya dari berbagai sumber, Jumat (8/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Penelitian Kualitatif

1. Saryono 

Metode penelitian kualitatif adalah selain digunakan untuk menyelidiki, menemukan dan menggambarkan objek yang diteliti. Ternyata juga dapat digunakan untuk menjelaskan atau menuliskan keistimewaan dari pengaruh sosial yang kemudian dijelaskan dan diukur menggunakan pendekatan kuantitatif. 

2. Bogdan dan Taylor 

Pendapat Moleong senada dengan Bogdan dan Taylor (1975), penelitian kualitatif adalah metodologi yang dimanfaatkan untuk prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data deskriptif adalah data yang ditulis menggunakan kata-kata secara mendetail. 

3. Danim 

Metode penelitian kualitatif adalah bagian dari konstruktivisme yang beranggapan bahwa realita memiliki dimensi jamak dan interaktif. Dapat pula diartikan sebagai upaya pertukaran pengalaman sosial yang dapat didevinisikan lewat hasil penelitian. Jadi, penelitian kualitatif beranggapan bahwa kebenaran itu bersifat dinamis dan dapat ditemukan melalui kajian terhadap orang melalui interakasi ataupun lewat situasi sosial. 

4. Creswell, J. W

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti masalah manusia dan sosial. Dimana peneliti akan melaporkan dari hasil penelitian berdasarkan laporan pandangan data dan analisa data yang didapatkan di lapangan, kemudian di deskripsikan dalam laporan penelitian secara rinci. 

5. David Williams 

Menurut David Williams penelitian kualitatif adalah upaya peneliti mengumpulkan data yang didasarkan pada latar alamiah. Tentu saja, karena dilakukan secara alamiah atau natural, hasil penelitiannya pun juga ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. 

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Penelitian Kualitatif yang Umum

1. Ciri-ciri penelitian kualitatif adalah bukan berdasarkan data, tetapi riset yang bersifat deskriptif.

2. Ciri-ciri penelitian kualitatif adalah berlandaskan pada filsafat postpositivisme.

3. Ciri-ciri penelitian kualitatif adalah meneliti pada kondisi objek alamiah.

4. Ciri-ciri penelitian kualitatif adalah peneliti sebagai instrumen kunci keberhasilan penelitian yang dilakukan.

5. Ciri-ciri penelitian kualitatif adalah hasilnya menekankan makna daripada generalisasi.

6. Ciri-ciri penelitian kualitatif adalah umumnya menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi.

7. Ciri-ciri penelitian kualitatif adalah hal-hal yang dikemukakan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari data yang diamati.

8. Ciri-ciri penelitian kualitatif adalah dikenal lebih subjektif dibanding penelitian kuantitatif.

9. Ciri-ciri penelitian kualitatif adalah secara sederhana dilakukan dengan menafsirkan dan menguraikan data sesuai situasi penelitian yang dihadapi.

10. Ciri-ciri penelitian kualitatif adalah mengungkapkan sikap, pertentangan, hubungan, dan pandangan yang terjadi pada sebuah lingkup responden.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Penelitian Kualitatif

1. Dasar (Basic Research)

Fokus utama jenis penelitian adalah kontinuitas dan integritas dari ilmu dan filosofi. Penelitian ini tidak memikirkan ada atau tidaknya hubungan dengan kejadian dalam masyarakat. Bahkan jalan pemikiran peneliti jenis ini bisa jadi tanpa memikirkan sudut pandang suatu penelitian.

2. Etnografi

Etnografi menggunakan dua dasar konsep sebagai landasan penelitian, yaitu aspek budaya (antropologi) dan bahasa (linguistik). Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji bentuk dan fungsi bahasa dalam budaya dalam kehidupan masyarakat. Menginterpretasikan dalam kelompok sosial, sistem yang dijalankan, dan interaksi di dalamnya.

3. Terapan (Applied Research)

Peneliti yang menggunakan jenis ini, memiliki ciri-ciri yaitu mengaplikasikan penemuan jenis penelitian dasar. Tujuannya untuk keperluan praktis dalam bidang-bidang tertentu. Biasanya seorang peneliti terapan punya keinginan supaya hasil penelitiannya bermanfaat dan berguna bagi khalayak umum.

4. Studi Kasus

Penelitian studi kasus adalah penelitian berdasar kejadian yang sudah terjadi. Penelitian ini mempelajari interaksi antar variabel satu dengan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari bagaimana suatu kejadian bisa terjadi secara sistematis pada kurun waktu yang cukup lama.

5. Evaluasi (Evaluation Research)

Penelitian ini dilakukan setelah ada penelitian lain dan dilaksanakan dalam bentuk penelitian baru. Penelitian ini adalah jenis turunan dari penelitian terapan. Tujuan jenis penelitian ini sebagai evaluasi pada sebuah keberhasilan, manfaat, kegunaan, sumbangan, serta kelayakan suatu program, produk, atau kegiatan tertentu, yang pada akhirnya bisa mendapatkan perbaikan agar hasilnya lebih baik.

6. Tindakan

Penelitian tindakan mempraktikkan ilmu dalam tindakan nyata agar mengetahui respon pada situasi di lapangan. Penelitian ini tujuannya untuk memperbaiki proses dan memahami bagaimana praktik pendidikan yang baik, professional, serta dapat meningkatkan hasil dari kegiatan.

7. Naratif

Jenis penelitian naratif adalah jenis penelitian yang dijabarkan langsung secara lisan dengan mengatakan atau menceritakan mengenai isi penelitian. Penelitian ini dikumpulkan dengan cara diskusi, percakapan, atau wawancara.

8. Historis

Jenis penelitian kualitatif historis lebih menekankan pada masalah sejarah. Sumber data dari penelitian historis adalah dari catatan sejarah, artifak, laporan verbal, dan saksi yang dapat dipertanggungjawabkan. Sederhananya, melihat suatu fenomena perkembangan berdasarkan pergeseran waktu.

9. Eksplorasi

Penelitian eksplorasi adalah jenis penelitian yang tujuannya menemukan ilmu pengetahuan baru atau terapan, serta masalah-masalah baru dalam bidang pendidikan.

10. Deskriptif

Penelitian Deskriptif adalah jenis penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan suatu masalah. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu populasi, situasi atau fenomena secara akurat dan sistematis. Jenis penelitian ini dapat menjawab pertanyaan apa, di mana, kapan dan bagaimana, tetapi tidak untuk pertanyaan mengapa.

11. Verifikasi

Penelitian ini adalah jenis penelitian dengan menguji kebenaran ilmu-ilmu di dalam bidang pendidikan yang sudah ada, seperti konsep, prinsip, prosedur, dalil maupun praktek pendidikan. Data penelitian yang sudah didapatkan akan digunakan sebagai dasar pembuktian informasi atau masalah-masalah dalam pendidikan yang mungkin sedang diragukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini