Sukses

Kronologi adalah Urutan Waktu Sejumlah Peristiwa, Jadi Ilmu Bantu Sejarah

Kronologi adalah suatu istilah yang juga perlu dipahami dalam pembelajaran sejarah.

Liputan6.com, Jakarta Kronologi adalah sebuah kata yang mungkin sering kamu dengar saat adanya berita kriminal. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan keterangan waktu dari suatu peristiwa. Kronologi adalah ilmu yang mempelajari waktu atau sebuah kejadian pada waktu tertentu.

Kronologi adalah istilah yang artinya diambil dari bahasa Yunani chronos yang artinya waktu dan -logi yang artinya ilmu. Sederhananya, kronologi ini merupakan urutan waktu dari sejumlah kejadian atau peristiwa. 

Kronologi adalah suatu istilah yang juga perlu dipahami dalam pembelajaran sejarah. Hal ini juga berkaitan dengan dua istilah lainnya selain kronologi, yaitu kronik dan sinkronik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/10/2021) tentang kronologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kronologi adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kronologi adalah istilah yang artinya diambil dari bahasa Yunani chronos yang artinya waktu dan -logi yang artinya ilmu. Maka disimpulkan kronologi adalah ilmu yang mempelajari waktu atau sebuah kejadian pada waktu tertentu.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kronologi adalah urutan waktu dari sejumlah kejadian atau peristiwa. Pada KBBI juga tercantum makna kronologi adalah ilmu tentang pengukuran kesatuan waktu (seperti dalam astronomi dan geologi).

Adapun kronologi biasanya digunakan dan bermanfaat pada sebuah kejadian, baik peristiwa kriminal maupun nonkriminal. Kronologi adalah kata yang sering dipakai para badan hukum untuk mengetahui kapan dan persisnya suatu kejadian atau tindak pidana terjadi.

Kronologi adalah bagian dari periodisasi. Kronologi juga merupakan bagian dari disiplin ilmu sejarah mencakup sejarah bumi, ilmu bumi, dan studi tentang skala waktu geologis.

Kronologi adalah ilmu untuk menempatkan peristiwa sejarah dalam waktu. Ini bergantung pada kronometri, yang juga dikenal sebagai timekeeping, dan historiografi, yang meneliti tulisan sejarah dan penggunaan metode historis. 

3 dari 5 halaman

Kronologi dalam Ilmu Sejarah

Dalam ruang lingkup sejarah, kronologi adalah penentuan urutan waktu suatu kejadian di masa lampau. Kronologi atau chronology digunakan sebagai sistem penanggalan dalam sejarah. Hal ini dilakukan untuk mengurutkan waktu, sehingga sejarah dapat lebih mudah dipelajari dan dipahami. Rangkaian peristiwa tersebut nantinya akan menjadi satu kesatuan utuh.

Pada pembelajaran sejarah, ada tiga istilah terkait dengan waktu ini yang perlu kamu pahami. Ketiganya adalah kronologi, kronik, dan sinkronik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kronologi adalah urutan waktu dari sejumlah kejadian atau peristiwa.

Sementara itu, kronik adalah catatan peristiwa menurut urutan waktu kejadiannya; susunan waktu; yang berhubungan dengan waktu.  Kronik adalah catatan kejadian-kejadian secara singkat dari waktu ke waktu secara berurutan. Hal ini berarti kumpulan kejadian di masa lalu dikumpulkan atau dikelompokkan dalam urutan waktu yang sama.

Selanjutnya, ada sinkronik. Sinkronik adalah bersangkutan dengan peristiwa yang terjadi dalam suatu masa yang terbatas. Dalam pembelajaran sejarah, sinkronik diartikan sebagai aktivitas pembelajaran peristiwa sejarah di masa tertentu secara lebih mendalam. Dalam sejarah, sinkronik lebih menitikberatkan pada batasan atau kelompok waktu tertentu.

4 dari 5 halaman

Pentingnya Kronologi dalam Ilmu Sejarah

Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertujuan untuk menyederhanakan peristiwa berdasarkan waktu kejadian. Kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan anakronisme yaitu kerancuan waktu dalam sejarah. Oleh sebab itu, kronologi adalah ilmu dasar yang sangat penting bagi ilmu sejarah karena urutan waktu dapat menggambarkan konsep sejarah secara sederhana.

Dengan adanya konsep kronologi peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau dapat direkonstruksi dengan tepat. Kronologi sejarah adalah kejadian-kejadian masa lampau yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya.

Berbagai kronologi dalam sejarah juga memiliki ciri khasnya masing-masing seperti, kronologi lahirnya kerajaan, kronologi peperangan, atau kronologi terbentuknya sebuah negara tergantung peristiwa apa yang menjadi topik kronologi.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu juga sering mendengar istilah kronologi yang biasanya digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa. Kronologi sejarah masih berhubungan atau berkaitan dengan konsep periodisasi sejarah.

5 dari 5 halaman

Periodisasi Sejarah

Sejarah merupakan salah satu aspek yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Peradaban yang kita bangun sekarang adalah hasil dari sejarah masa lalu. Hal ini menyebabkan mempelajari sejarah sangatlah penting bagi kehidupan manusia.

Pada masa masehi sendiri sejarah telah berlangsung selama 20 abad, belum lagi masa yang berlangsung sebelum masahi. Rentang waktu yang sangat panjang menyulitkan untuk memahami sejarah, sehingga digunakan metode priodisasi.

Sederhananya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), periodisasi adalah pembagian menurut zamannya; penzamanan; pembabakan. Periodisasi adalah proses mengaktegorikan masa lalu menjadi blok waktu yang diskrit, terkuantifikasi, dan bernama untuk memfasilitasi studi serta analisis sejarah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa periodisasi adalah pembabakan waktu berdasarkan peristiwa tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini