Sukses

Ketentuan Uji Coba Pembukaan Gym selama PPKM Level 3, Pakai PeduliLindungi

Walaupun kebijakan PPKM diperpanjang hingga 18 Oktober, memang pelonggaran dilakukan pada beberapa sektor.

Liputan6.com, Jakarta Pelonggaran pembatasan dilakukan pada berbagai sektor selama PPKM diperpanjang di Jawa-Bali. Sempat tidak boleh buka, sekarang gym atau tempat fitnes sudah diperbolehkan untuk beroperasi kembali.

Walaupun kebijakan PPKM diperpanjang hingga 18 Oktober, memang pelonggaran dilakukan pada beberapa sektor. Pelonggaran yang dilakukan pada pusat kebugaran atau gym ini disambut dengan rasa syukur oleh para pengelola. 

Perlu diperhatikan, aturan ini berlaku untuk daerah di Jawa-Bali yang menjalankan PPKM Level 1, 2, dan 3. Ketentuan berbeda diterapkan pada setiap PPKM Level yang diterapkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Inmendagri No.47 Tahun 2021, Jumat (8/10/2021) tentang ketentuan uji coba pembukaan gym selama PPKM Level 3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketentuan Uji Coba Pembukaan Gym selama PPKM Level 3

Kegiatan di gym atau tempat fitnes termasuk dalam kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) dalam Inmendagri No. 47 Tahun 2021.

Sementara itu, penerapan PPKM Level 3 di berbagai daerah di Pulau Jawa-Bali ini membuat adanya beberapa penyesuaian. Salah satunya, akan dilakukan uji coba protokol kesehatan untuk fasilitas pusat kebugaran/gym dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Fasilitas berlokasi di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Bangkalan;

2. Jumlah orang 25% dari kapasitas maksimal;

3. Harus mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan; dan

4. Wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

3 dari 3 halaman

Ketentuan Pembukaan Gym selama PPKM Level 2 dan Level 1

Ketentuan Pembukaan Gym selama PPKM Level 2

- Kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 50% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat serta wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Ketentuan Pembukaan Gym selama PPKM Level 1

- Kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 75% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat serta wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Ketentuan Pembukaan Gym selama PPKM Level 4

Sementara itu, walaupun sudah tidak ada daerah yang menerapkan PPKM Level 4 di Jawa-Bali, mungkin kamu tetap perlu mengetahui ketentuan pembukaan gym selama penerapan PPKM Level 4.

- Kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian serta kerumunan) ditutup sementara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.