Sukses

Pengertian Inovasi dan Contohnya, Begini Cara Menciptakannya

Pengertian inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada dan sudah dikenal.

Liputan6.com, Jakarta Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada dan sudah dikenal. Gambaran dari pengertian inovasi bisa berupa karya baru, entah itu gagasan, metode, atau alat.

Dipahami bahwa pengertian inovasi adalah proses terciptanya berasal dari cara berpikir elastis dan komprehensif. Disertai dengan produktivitas, sensitivitas, originalitas, dan kreativitas yang tinggi. Inovasi secara jelas dipaparkan dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2002, yang bunyinya:

Pengertian inovasi adalah berbagai kegiatan atau aktivitas penelitian, pengembangan, serta atau perekayasaan yang dilakukan untuk dapat pengembangan penerapan praktis nilai serta konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan serta teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau proses produksinya.

Berikut Liputan6.com ulas tentang pengertian inovasi dan contohnya lebih jauh dari berbagai sumber, Sabtu (9/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal Kata Pengertian Inovasi

Pengertian inovasi adalah berasal dari kata kerja bahasa Latin “innovare”, yang berarti memperbaharui. Pengertian inovasi berarti pembaruan atau pengenalan sesuatu yang baru. Inovasi adalah tentang solusi baru atau lebih baik yang menciptakan nilai bagi masyarakat, perusahaan, dan individu.

Sesuatu yang disebut pengertian inovasi harus baru dan menciptakan nilai. Sesuatu yang menjadi inovasi, itu harus berhasil menyebar ke orang-orang yang dapat mengekstrak nilainya. Dari pengertian inovasi inilah tercipta istilah inovatif yang merupakan sifat dari inovasi.

Untuk bisa menciptakan sebuah inovasi sesuai pengertian inovasi, maka pemikiran yang inovatif harus disertai beberapa ketentuan. Selain elastis, komprehensif, dan luas, inovatif adalah perlu disertai dengan produktivitas, sensitivitas, originalitas, dan kreativitas yang tinggi.

Inovatif adalah cara berpikir yang baru, sementara inovasi merupakan hasil dari buah pikiran yang inovatif. Keduanya sama-sama bersifat pembaruan, tetapi maknanya berlainan. Bagaimana cara menciptakan inovasi?

3 dari 4 halaman

Cara Menciptakan Inovasi

Ada hal-hal yang perlu dipersiapkan dari menciptakan inovasi sesuai pengertian inovasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Berikut cara menciptakan inovasi yang wajib dicoba:

1. Rinci Ide Kreatif

Tulis secara rinci di buku catatan atau notes di handphone. Dimulai dari poin-poinnya saja dulu, apa yang ingin disampaikan dan inti dari ide-idenya.

2. Jelaskan dengan Kalimat dan Gaya Bahasa Alami

Jelaskan menurut gaya bahasa alami agar lebih mudah dipahami dan terlihat natural.

3. Fokus pada Point Ide

Yakinkan betapa penting ide kreatif yang sedang disampaikan dan buat suasana lebih hidup.

4. Ilustrasikan Ide Kreatif

Pergunakan ilustrasi baik gambar, data, dan infografik ide kreatif yang hendak disampaikan.

5. Tanyakan Feedback

Pelajari semua input yang diberikan untuk menyempurnakan ide inovasi. Ingat, jangan bawa perasaan (baper), ya!

Selain itu, untuk menciptakan inovasi wajib tahu seperti apa ciri khas yang dimiliki inovasi. Berikut ciri-ciri inovasi:

1. Baru

Segala yang inovatif adalah bersifat baru. Bisa diartikan sebagai gagasan yang benar-benar murni belum pernah digunakan oleh siapa pun. Bisa juga berarti sesuatu yang sudah pernah digunakan orang lain, tetapi ingin diadopsi karena dirasa cocok dijadikan solusi.

2. Terencana

Cara beripikir yang inovatif pasti terencana karena termasuk sesuatu yang sengaja dibuat. Memiliki pola pikir tertentu yang bisa digunakan mempraktikkan pengembangan yang sudah direncanakan.

3. Khas

Segala yang inovatif akan selalu bersifat khas meskipun berangkat dari pengadopsian. Hal ini dapat diartikan pula dengan segala pengadopsian yang dipraktikkan di tempat baru akan memunculkan ciri khas tersendiri. Adopsi belum tentu membuatnya nampak sama persis dalam hal praktis.

4. Tujuan Jelas

Ciri-ciri inovasi pasti memiliki tujuan yang jelas. Hal ini berdasar pada ilmu pengetahuan yang digunakan. Ilmu pengetahuan selalu menitikberatkan pada objek dan subjek dalam pengembangan. Tanpa menentukan objek dan subjek yang jelas, inovasi tidak akan tepat sasaran dan gagal diterapkan.

4 dari 4 halaman

Contoh Inovasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penggunaan masker saat pandemi terus meningkat. Terlebih, ada anjuran memakai masker dobel agar mereka bisa aman berkegiatan saat menghadapi virus Covid-19 varian baru. Ini membuat keberadaan sampah masker menjadi sulit dibendung.

Parongpong Raw Lab adalah perusahaan pengelolaan/pengolahan sampah yang memberikan pelatihan untuk memisahkan sampah, mendaur ulang, dan mencegah sampah residu agar tidak mencapai tempat pembuangan sampah (TPS) atau tempat pembuangan akhir (TPA) dengan dikelola secara mandiri oleh penghasil sampah.

Perusahaan ini berinovasi mengolah limbah masker menggunakan metode waste material dengan teknologi hydro thermal. Dari masker itu diperoleh tiga bahan, yaitu kawat yang digunakan sebagai penyangga di bagian hidung, plastik, dan fiber dari talinya.

Berdasarkan riset yang dilakukan pihaknya, mereka mendapatkan bahwa satu kilogram limbah masker itu terdiri dari 200 pieces masker. Saat ini salah satu produk yang dimunculkan adalah wall tiling bekerja sama dengan Contur Concrete Lab.

Kenapa wall tiling? Mereka menjelaskan penggunaannya di ruang publik bisa besar sekali. Contohnya, ketika diterapkan di jalan layang yang ada di kota, itu penggunaannya bisa sangat tinggi. Saat ini untuk wall tiling (bahan untuk tembok) penggunaannya bisa 10 gram masker itu kurang lebih seperti 2000 pieces masker menjadi satu tiling ukuran 10x20 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini