Sukses

Apa Itu Opini? Simak Pendapat Para Ahli dan Jenis-jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Memahami apa itu opini, penting untuk menganalisis pola pikir. Apa itu opini menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai pendapat, pikiran, dan pendirian. Opini atau apa itu opini berasal dari kata serapan bahasa Inggris “opinion”.

Pendapat dua orang ahli, Cutlip dan Center tentang apa itu opini adalah berupa pernyataan tentang sikap mengenai masalah tertentu yang bersifat kontroversial. R.P Abelson pun menyatakan, memahami apa itu opini yang dimiliki setiap orang bukan perkara yang mudah dilakukan. 

Apa itu opini dijelaskan dalam jurnal resmi Universitas Islam Riau sebagai tanggapan terbuka terhadap suatu persoalan yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata, tertulis maupun lisan. Apa itu opini, dapat dinyatakan melalui perilaku, sikap tindak, mimik muka atau bahasa tubuh (body language) atau berbentuk simbol-simbol tertulis.

Berikut Liputan6.com ulas tentang apa itu opini lebih dalam dari berbagai sumber, Kamis (14/10/2021).

2 dari 5 halaman

Asal Usul Apa Itu Opini

Apa itu opini berasal dari bahasa latin, yaitu “opinari” yang berarti berfikir atau menduga. Kata apa itu opini mengandung akar kata onis yang berarti harapan.

Apa itu opini dalam bahasa Inggris “opinion” berhubungan erat dengan kata “option” dan “hope”, yang artinya pilihan atau harapan.

Apa itu opini secara terminologi dapat dimaknai sebagai pernyataan yang tidak meyakinkan, digunakan dalam hal-hal subjektif, yang tidak dapat dibuktikan benar atau salah.

Berikut ciri-ciri apa itu opini:

1. Dari segi isi, kebenaran opini bisa disesuaikan dengan kenyataan pada kepentingan tertentu.

2. Dari segi kebenaran, opini dikatakan benar atau tidak disesuaikan dengan data pendukung atau konteks yang dijabarkan.

3. Dari segi pengungkapan. opini cenderung persuasif dan argumentatif.

4. Dari segi penalaran, opini cenderung bersifat deduktif.

5. Dalam kalimat opini banyak berisi pendapat dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Dalam beberapa kasus, pada kalimat opini ditemukan pernyataan dari orang yang sudah terkenal sehingga terkesan sebagai fakta.

6. Pernyataan yang dipaparkan dalam kaimat cenderung subyektif. Artinya, hal-hal yang dikemukakan hanya menurut salah satu pihak sehingga tidak bisa dikatakan netral.

7. Pada kalimat opini, seseorang akan cenderung menemukan kata yang bersifat relatif. Maksud relatif di sini ialah kata atau frasa tersebut cenderung bisa berubah tergantung siapa yang mengucapkannya.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Apa Itu Opini dalam Kalimat

1. Mengandung Pendapat Pribadi

Dalam kalimat opini banyak berisi pendapat dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Dalam beberapa kasus, pada kalimat opini ditemukan pernyataan dari orang yang sudah terkenal sehingga terkesan sebagai fakta. Padahal, perkataan orang itu juga masih sebatas pendapat yang belum bisa dibuktikan kebenarannya.

2. Bersifat subyektif

Hampir sama dengan ciri pertama, ciri kedua dari kalimat opini adalah pernyataan yang dipaparkan dalam kaimat cenderung subyektif. Artinya, hal-hal yang dikemukakan hanya menurut salah satu pihak sehingga tidak bisa dikatakan netral.

3. Memiliki Kata Bersifat Relatif

Pada kalimat opini, seseorang akan cenderung menemukan kata yang bersifat relatif. Maksud relatif di sini ialah kata atau frasa tersebut cenderung bisa berubah tergantung siapa yang mengucapkannya. Kata yang termasuk relatif, di antaranya paling, lebih, agak, ataupun biasanya.

4 dari 5 halaman

Pendapat Ahli tentang Apa Itu Opini

Menurut Cambridge Dictonary, apa itu opini adalah sebuah pemikiran atau keyakinan tentang sesuatu atau seseorang.

Sementara menurut Merriam Webster, apa itu opini adalah sebuah pandangan atau penilaian yang terbentuk dalam pikiran tentang masalah tertentu.

Berikut pengertian apa itu opini menurut para ahli:

1. Cutlip dan Center

Apa itu opini adalah pengekspresian suatu sikap mengenaipersoalan yang mengandung pertentangan. Opini juga diartikan sebagaipendapat atau pandangan tentang suatu persoalan. Opini adalah suatu ekspresi tentang sikap mengenai suatu masalah yang bersifat kontroversial.

2. Leonardo W. Dood

Apa itu opini adalah suatu sikap atau pendapat seseorang mengenai sebuah persoalan ataupun keadaan yang pernah maupun sedang terjadi.

3. Frazier Moore

Apa itu opini adalah suatu kesimpulan yang ada dalam sebuah pikiran dan belum dikeluarkan untuk di perdebatkan. Opini lebih kuat dari pada sebuah kesan tetapi juga lebih lemah dari pada pengetahuan yang positif.

Sementara menurut Leonard W. Doob, apa itu opini dianggap kompeten atau mampu memenuhi syarat opini dalam arti khas jika memenuhi syarat:

1. Fakta yang dipakai sebagai titik tolak dari perumusan opini , diberi nilai “baik” oleh kelompok luas.

2. Dalam pengunaan fakta (ataupun keadaan dimana suatu sikap justru diambil karena tidak adanya fakta), orang sam[ai pada kesimpulan dan kesepakatan mengenai tindakan yang harus diambil untuk memecahkan persoalan.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Apa Itu Opini

1. Apa Itu Opini Minoritas?

Opini minoritas merupakan kebalikan dari opini mayoritas. Opini minoritas adalah pendapat relatif dalam jumlahnya sedikit dibandingkan jumlah mereka terkait dengan suatu masalah sosial.

2. Apa Itu Opini Publik?

Opini publik adalah sekumpulan pandangan individu tentang isu yang sama. Ppini publik adalah sikap yang ditunjukkan seseorang kepada khalayak tanpa harus membahayakan dirinya sendiri. Opini publik diibaratkan suatu proses penggabungan pikiran, usul dan perasaan yang diungkapkan warga negara secara individu kepada pilihan kebijakan.

3. Apa Itu Opini Massa?

Opini massa merupakan tahap kelanjutan dari opini publik. Opini yang bersifat massa akan cenderung beralih bentuk menjadi tindakan fisik.

4. Apa Itu Opini Umum?

Opini umum atau pendapat umum merupakan pendapat yang sama dari semua orang dalam suatu masyarakat mengenai masalah yang menyangkut kepentingan umum.

5. Apa Itu Opini Individu?

Opini individu merupakan pendapat seseorang secara perorangan mengenai sesuatu yang terjadi di masyarakat. Opini bisa menyatakan kesetujuan atau ketidak setujuan tentang suatu topik.

6. Apa Itu Opini Pribadi?

Opini pribadi adalah pendapat asli seseorang mengenai suatu masalah sosial. Opini pribadi timbul apabila seseorang tanpa dapat dipengaruhi oleh orang lain, menyetujui atau tidaknya suatu masalah sosial.

7. Apa Itu Opini Kelompok?

Opini kelompok adalah masalah sosial yang menyangkut kepentingan banyak orang termasuk sekelompok orang tersebut.

8. Apa Itu Opini Mayoritas?

Opini mayoritas adalah pendapat orang-orang terbanyak dari mereka yang berkaitan dengan suatu masalah yang pro atau kontra. Opini ini biasanya ada di forum terbuka dalam bentuk lembaga.