Sukses

Banner adalah Media Promosi, Kenali Jenis dan Keunggulannya

Banner adalah media promosi yang masih sangat efektif digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Banner adalah salah satu media yang sering digunakan untuk promosi. Melalu banner, pesan atau informasi dapat dijangkau oleh banyak orang. Saat ini, banner adalah media promosi yang masih sangat efektif digunakan.

Banner adalah media promosi yang berisi pesan untuk mengenalkan atau menawarkan sesuatu. Banner punya beragam bentuk dan penggunaan. Salah satu contoh banner adalah X banner, mini banner, atau giant banner.

Bentuk lain dari banner adalah banner online. Jika kamu sering melihat iklan di satu situs web, ia bisa disebut banner. Penggunaan banner adalah cara untuk menjaring banyak audiens.

Mengetahui fungsi banner adalah langkah penting untuk promosi. Berikut pengertian tentang banner, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal banner

Banner adalah sebuah media promosi yang berisi informasi atau ajakan. Kata banner, berasal dari bahasa Perancis kuno baniere, yang berarti panji atau bendera. Penggunaan banner sudah ada sejak Romawi Kuno.

Dalam bahasa Indonesia, banner juga disebut sebagai spanduk. Ini merujuk pada kain yang direntangkan yang berisi slogan, propaganda, atau berita yang perlu diketahui umum. Namun, kini arti banner sudah meluas, bukan hanya sekadar kain yang direntangkan.

Banner saat ini bisa terbuat dari bahan plastik dengan berbagai bentuk dan ukuran. Sejak munculnya internet dan eCommerce, istilah banner juga mencakup pesan, sering kali iklan, yang ditempatkan di halaman web. Banner digunakan dalam pemasaran, demonstrasi, acara publik, hingga protes.

3 dari 6 halaman

Jenis-jenis banner

Spanduk

Spanduk adalah jenis banner yang bisa dibilang paling tradisional. Spanduk biasanya berbentuk horizontal dengan beragam ukuran. Spanduk biasa dipasang sebagai penanda atau memberi informasi terkait pesan dan tujuan yang akan disampaikan. Spanduk biasanya diikat di satu sudut tembok ke tembok lainnya.

Giant banner

Giant banner adalah media yang biasa ditempatkan di luar ruangan sama seperti baliho atau billboard. Biasanya Giant Banner menggunakan bahan flexi yang jauh lebih kuat ketika diterpa cuaca panas atau hujan.

Giant banner bisa digunakan untuk penanda toko atau menginformasikan tentang promo yang sedang berjalan. Banner ini juga bisa berbentuk horizontal atau vertikal sesuai dengan kebutuhan.

Roll up banner

Banner ini berbentuk gulungan dan ditarik keatas jika ingin digunakan. Roll up banner terkenal lebih kokoh dan tidak mudah kusut atau terlipat. Ukuran standar dari jenis banner satu ini berukuran 80×200 cm, 85×200 cm, 120×200 cm hingga 150×200 cm. Roll up banner bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan.X banner

X banner adalah jenis banner yang kini banyak digunakan sebagai media promosi. Jenis banner ini bisa digunakan secara indoor maupun outdoor. X banner merupakan jenis standing banner yang memiliki penyangga berupa kerangka berbentuk X. Kerangka X banner biasanya terbuat dari pipa aluminium yang bisa dilepas pasang.

4 dari 6 halaman

Jenis-jenis banner

Y banner

Sekilas, Y banner tampak mirip dengan X banner. Jenis banner ini juga termasuk yang sering digunakan dalam promosi. Perbedaan Y banner dengan X banner adalah bentuk kerangka penyangganya.

Y banner memiliki penyangga tambahan di bagian kakinya agar bisa berdiri kuat. Penyangga tambahan inilah yang menyerupai huruf Y. Ukuran standar Y banner biasanya 60×160 cm. Y banner bisa jadi alternatif untuk banner makanan yang simpel dan efektif.

Mini X banner

Mini X banner merupakan versi kecil dari X banner. Kerangka mini X banner sama dengan X banner pada umumnya yang berbentuk X. Ukuran Mini X Banner umumnya sebesar 26×38 cm atau bisa lebih kecil tergantung dengan kebutuhan.

Banner online

Banner online terdiri dari gambar atau media statis atau animasi dan biasanya ditempatkan di area dengan visibilitas tinggi di situs web dengan lalu lintas tinggi. Iklan banner menarik karena dapat membantu menciptakan kesadaran merek, menghasilkan prospek, dan menargetkan ulang audiens.

5 dari 6 halaman

Keunggulan banner untuk promosi

Murah

Menggunakan banner masih merupakan salah satu metode termurah yang bisa dilakukan. Bahkan jika kamu memasang banner secara online, biayanya masih jauh lebih murah daripada memasang iklan TV atau radio.

Tersegmentasi

Di mana pun kamu menampilkan banner, kamu memiliki peluang lebih tinggi untuk membuat calon pelanggan tertarik dengan bisnis. Ini terlepas dari apakah itu ditampilkan saat mensponsori acara atau di luar lokasi bisnis. Ini memastikan bahwa kamu tidak membuang terlalu banyak sumber daya pada orang-orang yang tidak tertarik dengan bisnis.

Berkelanjutan

Setiap kali orang melihat banner, itu memperkuat citra baik perusahaan. Tempatkan di bagian lalu lintas tinggi di lokal dan kemungkinan jangkauan pelanggan akan meningkat.

6 dari 6 halaman

Keunggulan banner untuk promosi

Dapat Digunakan Kembali

Jika kamu memiliki tipe bisnis kecil yang suka mensponsori acara lokal untuk lebih banyak eksposur, kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan. Ini sangat berguna ketika pergi ke banyak pertemuan sosial atau pameran dagang yang menampilkan produk atau layanan. Setelah membuat banner, kamu tidak perlu membayar biaya berulang selama kamu merawatnya.

Mengesankan

Ketika orang merasa membutuhkan layanan atau produk yang kamu tawarkan, mereka akan lebih cenderung mengingat bisnis melalui banner. Misalnya, jika kamu berada dalam bisnis binatu, kamu dapat memasang banner di area perumahan. Orang-orang, setelah melihatnya, tidak mengingat bisnismu sampai mereka membutuhkannya untuk cucian mereka.

Mudah dibuat

Banner saat ini terbuat dari vinyl. Kini lebih mudah untuk memesan dan membuat banner untuk bisnis daripada membuat iklan radio dan TV. Jika kamu perlu memiliki sarana untuk mengiklankan bisnis dalam waktu singkat, banner tidak akan mengecewakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.