Sukses

14 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan, Bantu Cegah Kanker dan Lancarkan Pencernaan

Ada berbagai manfaat labu siam yang baik untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Labu siam sering kita temui sebagai campuran sayur atau lalapan, tak disangka sayuran yang berbentuk seperti buah pir ini memiliki banyak manfaat. Manfaat labu siam bagi kesehatan tubuh yaitu dapat melancarkan pencernaan hingga mencegah kanker.

Tak hanya sebagai campuran berbagai jenis sayur dan lauk, tanaman dengan nama latin Sechium edule ini juga dapat dikonsumsi langsung setelah dicuci atau direbus. Selain nikmat, labu siam juga menyehatkan. Buah ini mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, folat, serta beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Labu siam memiliki tekstur daging buah yang berwarna putih, renyah, dan memiliki banyak kandungan air. Apalagi labu siam ini mudah ditemukan di pasar maupun supermarket, buah hijau ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat herbal.

Berikut ini beberapa manfaat labu siam yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Kadar Asam Urat

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat labu siam yaitu untuk melancarkan pencernaan. Labu siam adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat. Kandungan ini diketahui baik untuk menyehatkan saluran cerna karena dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus dan melancarkan buang air besar.

2. Menurunkan Kadar Asam Urat

Sumber makanan rendah purin dan tinggi serat, seperti labu siam, dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat. Oleh karena itu, labu siam baik dikonsumsi bagi penderita asam urat. Meski demikian, manfaat labu siam untuk mengatasi penyakit asam urat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3 dari 8 halaman

Menurunkan Berat Badan dan Cegah Penuaan Dini

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat labu siam yang selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Tak hanya tinggi serat, labu siam juga rendah kalori dan kaya akan kandungan protein serta karbohidrat kompleks. Berkat kandungannya tersebut, labu siam baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet atau ingin menjaga berat badan ideal. Namun, tak hanya dengan mengonsumsi labu siam, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan vitamin C di dalam labu siam dapat merangsang produksi kolagen di dalam tubuh. Manfaat labu siam ini dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan kulit tampak kusam, muncul kerutan maupun garis halus, dan kulit terlihat kendur.

4 dari 8 halaman

Jaga Kesehatan Jantung dan Cegah Kanker

5. Memelihara Kesehatan Jantung

Labu siam kaya akan serat dan mengandung antioksidan myricetin yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung. Antioksidan tersebut bekerja dengan cara melancarkan aliran darah ke pembuluh jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Meski demikian, manfaat labu siam untuk memelihara kesehatan jantung ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa labu siam memiliki sifat antikanker yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukimia. Namun, sama halnya dengan klaim manfaat lainnya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas labu siam dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

5 dari 8 halaman

Baik untuk Fungsi Otak dan Wanita Hamil

7. Baik untuk Otak

Manfaat labu siam yang selanjutnya adalah baik untuk fungsi otak. Dalam labu siam juga terdapat vitamin B6 sebanyak 4% yang berguna untuk merangsang kinerja otak Anda. Kandungan gizi dalam labu siap diperlukan untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan memaksimalkan fungsi otak yang lainnya. Rutin mengonsumsi labu siam bisa mengurangi sifat pelupa yang Anda miliki.

8. Baik untuk Wanita Hamil

Manfaat labu siam yang lainnya yaitu baik untuk wanita hamil. Kandungan folat (vitamin B9) dalam labu siam sangat bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama kehamilan. Kekurangan folat saat kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi seperti, cacat tabung saraf, masalah jantung, malformasi ekstremitas, bahkan keguguran. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjaga kesehatan tubuh Anda dan janin, sebaiknya masukkan labu siam ke dalam menu makanan harian Anda.

6 dari 8 halaman

Menjaga Kolesterol dan Mengontrol Darah Tinggi

9. Menjaga Kolesterol

Labu siam mengandung sedikit kalori dan tidak ada lemak jenuh atau kolesterol. Hal ini menjadikan labu siam sebagai salah satu makanan yang baik untuk menjaga agar kadar kolesterol Anda berada di batas normal. Dikutip dari Mayo Clinic, kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah sehingga menyulitkan darah mengalir melalui arteri. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

10. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Manfaat labu siam lainnya adalah membantu Anda mengontrol tekanan darah karena memiliki sifat diuretik yang ringan. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Pharmaceutical Biology membuktikan manfaat labu siam tersebut pada hewan percobaan. Hasilnya, senyawa pada labu siam dapat membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

7 dari 8 halaman

Bantu Mengatasi Anemia dan Menangkal Radikal Bebas

11. Membantu Mengatasi Anemia

Manfaat labu siam yang lainnya adalah membantu mengatasi anemia. Kekurangan zat besi dapat membuat seseorang rentan mengalami anemia. Salah satu penyebab anemia adalah kurangnya asupan zat besi dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Ternyata labu siam mengandung cukup zat besi sehingga berpotensi membantu mengatasi anemia. Ini karena kandungan zat besi dalam labu siam dapat membantu agar hemoglobin bisa mengikat oksigen. Nah, dengan makan sayuran ini, gejala anemia mungkin bisa Anda hindari.

12. Menangkal Radikal Bebas

Labu siam adalah sumber vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain menangkal radikal bebas, kandungan vitamin C dalam labu siam membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini. Singkatnya, manfaat labu siam ini berpotensi untuk membantu Anda terlindung dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

8 dari 8 halaman

Merawat Kesehatan Organ Hati dan Bantu Cegah Jerawat

13. Merawat Kesehatan Organ Hati

Manfaat labu siam selanjutnya adalah membantu merawat kesehatan organ hati Anda. Khasiat labu siam ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Salah satunya dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, yang menampilkan sebuah pengamatan tentang manfaat ekstrak labu siam terhadap kesehatan hati melalui percobaan di laboratorium. Hasilnya, labu siam memiliki potensi sebagai makanan sehat untuk mencegah dan menyembuhkan lemak hati. Pada intinya, labu siam merupakan makanan yang sangat mudah untuk disajikan, terlebih manfaat yang ada di dalamnya begitu beragam.

14. Membantu Mencegah Jerawat

Kandungan seng (zinc) dalam labu siam cukup tinggi, yaitu sebesar 5%. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kulit wajah berjerawat memiliki jumlah seng dalam tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berjerawat. Mengonsumsi seng dan memenuhi kebutuhan seng dalam tubuh bisa mengurangi jerawat hingga 50%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.