Sukses

15 Arti Warna Sebagai Simbol, Punya Pesan yang Berbeda

Arti warna bisa menarik tubuh fisik, otak, dan budaya.

Liputan6.com, Jakarta Arti warna bisa menjadi simbol dari sebuah sifat. Ada lebih banyak warna dari sekadar apa yang terlihat oleh mata. Warna bisa memengaruhi persepsi, menyentuh emosi, dan keputusan.

Arti warna bisa menarik tubuh fisik, otak, dan budaya. Tak jarang, arti warna dijadikan media komunikasi tersirat dalam kehidupan sehari-hari. Arti warna, pada akhirnya memainkan peran yang sangat menonjol dalam kehidupan

Tiap warna memiliki makna dan menjadi simbol tersendiri. Tidak semua arti warna diciptakan sama. Meskipun beberapa nuansa serupa, itu tidak berarti mereka akan membangkitkan emosi yang sama. Ini sebabnya, penting mengetahui arti warna.

Berikut arti warna sebagai simbol, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(14/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Arti warna sebagai simbol

Hitam

Hitam adalah warna yang sangat kuat dan menakutkan. Arti warna hitam bisa memancarkan otoritas dan membuat seseorang merasa aman dan terlindungi.

Putih

Arti warna putih menyimbolkan kemurnian dan kepolosan. Putih adalah keseimbangan sejati dari semua warna dan dikaitkan dengan kebersihan, kesederhanaan, dan kesempurnaan. Warna putih membuat orang lain merasa baik dan memberikan harapan dan kejelasan dengan menyegarkan dan memurnikan pikiran.

Abu-abu

Abu-abu merupakan kompromi dan kontrol. Abu-abu bersifat netral, konservatif, dan tidak emosional. Arti warna abu-abu praktis padat seperti batu, membuatnya sangat stabil, andal, dan menenangkan.

 

3 dari 7 halaman

Arti warna sebagai simbol

Cokelat

Arti warna cokelat adalah stabilitas dan keandalan. Cokelat dapat diandalkan dan menenangkan. Warna ini menstabilkan, membantu tetap membumi dan mengilhami untuk menghargai hal-hal sederhana dalam hidup.

Merah

Arti warna merah menunjukkan gairah dan energi. Merah menarik perhatian tidak seperti warna lain. Ia memancarkan energi yang kuat dan kuat yang memotivasi untuk mengambil tindakan. Merah digunakan di mana-mana untuk memperingatkan dan memberi sinyal kehati-hatian dan bahaya.

Oranye

Jingga atau oranye menunjukkan antusiasme dan emosi. Oranye memancarkan kehangatan dan kegembiraan dan dianggap sebagai warna menyenangkan yang memberikan kekuatan emosional. Warna ini optimis dan membangkitkan semangat, menambah spontanitas dan kepositifan pada kehidupan.

4 dari 7 halaman

Arti warna sebagai simbol

Kuning

Arti warna kuning adalah kebahagiaan dan optimisme. Kuning adalah warna ceria dan energik yang membawa kesenangan dan kegembiraan bagi dunia. Ia membuat belajar lebih mudah karena mempengaruhi bagian logis dari otak, merangsang mentalitas dan persepsi.

Hijau

Hijau melambangkan harmoni dan kesehatan. Arti warna hijau adalah warna yang murah hati dan santai yang merevitalisasi tubuh dan pikiran. Warna ini menyeimbangkan emosi dan membuat seseorang merasa aman dan terlindungi.

Biru

Arti warna biru melambangkan kepercayaan dan kesetiaan. Biru memiliki efek menenangkan dan rileks pada jiwa. Ia memberi kedamaian dan membuat merasa percaya diri dan aman.

5 dari 7 halaman

Arti warna sebagai simbol

Ungu

Arti warna ungu menyimbolkan spiritualitas dan imajinasi. Ungu menjadi ilham untuk mengungkapkan pikiran terdalam. Ia melambangkan sesuatu yang menerangi dengan kebijaksanaan tentang siapa dan mendorong pertumbuhan spiritual. Ini sering dikaitkan dengan royalitas dan kemewahan, dan misteri serta keajaibannya memicu fantasi kreatif.

Merah muda

Merah muda melambangkan cinta dan kasih sayang. Merah muda baik dan menghibur, penuh simpati dan kasih sayang, dan membuat merasa diterima. Semangatnya yang ramah dan menyenangkan menenangkan dan memelihara, membawa sukacita dan kehangatan ke dalam hidup. Merah muda juga merupakan warna feminin dan intuitif yang penuh dengan romansa murni.

Turquoise

Arti warna turquoise atau pirus menjadi simbol ketenangan dan kejernihan. Turquoise menstabilkan emosi dan meningkatkan empati dan kasih sayang. Ini memancarkan kedamaian yang menenangkan, memberi dorongan energi mental positif yang meningkatkan konsentrasi dan menjernihkan pikiran.

6 dari 7 halaman

Arti warna sebagai simbol

Emas

Warna emas adalah warna kemewahan, kekayaan, dan kelebihan. Warna emas adalah sepupu dari warna kuning dan warna coklat, dan juga dikaitkan dengan iluminasi, cinta, kasih sayang, keberanian, gairah, sihir, dan kebijaksanaan. Warna emas adalah warna hangat yang bisa cerah dan ceria.

Silver

Arti warna silver adalah warna kekayaan yang dibedakan. Ia memiliki sifat keren seperti abu-abu, tetapi lebih menyenangkan, hidup, dan menyenangkan. Warna silver diasosiasikan dengan makna industrial, ramping, berteknologi tinggi, dan modern, serta berornamen, glamour, anggun, canggih, dan elegan.

Perunggu

Perunggu adalah warna yang terkait dengan kedewasaan dan kesahajaan. Ia mirip dengan psikologi warna coklat, warna memancarkan aura alam dan ide-ide pengalaman, pertumbuhan, kekuatan dan keamanan. Ia melambangkan kekayaan dan kenyamanan duniawi, yang memunculkan respons intim dalam diri.

7 dari 7 halaman

Macam-macam warna

Warna Primer

Warna primer terdiri dari merah, kuning, dan biru. Warna yang paling dasar adalah warna primer. Warna primer dikenal sebagai warna dasar karena tidak dapat dihasilkan dengan mencampurkan warna lain.

Karena manusia adalah trikromatik di mana kondisi mata mampu mampu membedakan tiga kanal warna yang berbeda,warna-warna primer kuning, merah, dan biru sangat mendasar bagi penglihatan manusia. Warna primer adalah pembangun semua blok warna lainnya.

Warna Sekunder

Warna sekunder diciptakan oleh gabungan yang seimbang dari dua warna primer. Misalnya, kuning dan merah menghasilkan jingga, merah dan biru menghasilkan ungu, dan biru dan kuning menghasilkan hijau. Pada roda warna, warna sekunder terletak di antara dua warna primer.

Warna Tersier

Warna tersier juga sering disebut warna menengah. Saat Anda memadukan warna sekunder dan primer menjadi satu, Anda menghasilkan apa yang disebut warna tersier, atau warna menengah. Pada roda warna, warna tersier ditemukan antara warna primer dan sekunder.

Kuning-oranye, merah-oranye, merah-ungu, biru-ungu, biru-hijau, dan kuning-hijau adalah contoh warna tersier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.