Sukses

Pameran adalah Pertunjukan Hasil Karya Seni, Ini Tujuan dan Fungsi Keberadaannya

Liputan6.com, Jakarta Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menerjemahkan pameran adalah bagian dari pertunjukkan berupa hasil karya seni, barang hasil produksi, dan lain sebagainya. Secara etimologi, pameran adalah berasal dari adaptasi bahasa Inggris “exhibition” yang memiliki arti pertunjukkan, peragaan, atau tontonan.

Pameran adalah menurut salah seorang ahli Isabel Briggs Myers, sebagai suatu aktivitas yang melibatkan ruangan (galeri) dan memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto, dan karya lainnya. 

Kegiatan pameran adalah memiliki karakteristik yang menginformasikan sesuatu secara intuitif, kompleks, visual, dan jelas. Dalam kegiatan pameran adalah akan terjadi komunikasi secara dua arah antara pihak penyelenggara dan penonton atau pihak publik sebagai penikmat acara pameran.

Pendapat yang sama tentang pameran adalah disampaikan oleh Frank William Jefkins. Menurutnya, pameran adalah satu-satunya media pemasaran yang dapat menyentuh semua pancaindra manusia (mata, telinga, kulit, hidung, lidah).

Berikut Liputan6.com ulas tentang pameran lebih dalam dari berbagai sumber, Jumat (15/10/2021).

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pengertian Pameran

Pameran adalah salah satu bentuk kegiatan menyampaikan ide gagasan melalui karya seni rupa sehingga dapat diapresiasi oleh orang banyak. Para ahli pun menyetujui pengertian pameran adalah sebagai sarana untuk memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto, dan karya lainnya.

Berikut pengertian pameran menurut para ahli:

1. Evelina Lidia

Pengertian pameran adalah suatu kegiatan masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum.

2. Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun

Pengertian pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif untuk tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, serta informasi tentang keunggulan suatu produk kepada masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi pasar.

3. Adi Irwanto

Pengertian pameran adalah satu di antara cara untuk dapat menyajikan sebuah karya seni secara visual, baik itu karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi.

4. Frank William Jefkins

Pengertian pameran adalah satu-satunya media pemasaran yang dapat menyentuh semua pancaindra manusia (mata, telinga, kulit, hidung, lidah).

5. Isabel Briggs Myers

Pengertian pameran adalah suatu aktivitas yang melibatkan ruangan (galeri) dan memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto, dan karya lainnya.

3 dari 4 halaman

Tujuan Pameran

Keberadaan kegiatan pameran adalah tidak semata untuk dinikmati karya seni yang dipamerkan. Begitu pula tujuan pameran adalah tidak untuk komersialiasi semata, tetapi bisa dijadikan sebagai salah satu wadah kegiatan sosial. Apa saja tujuan pameran?

1. Tujuan Komersial

Tujuan pameran adalah untuk kegiatan komesial. Kegiatan pameran untuk tujuan komersial adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan agar karya yang dipamerkan dibeli pengunjung sehingga penyelenggara pameran memperoleh keuntungan.

2. Mengumpulkan Informasi

Tujuan pameran adalah untuk kegiatan mengumpulkan informasi. Melalui kegiatan pameran, semua pihak dapat mengumpulkan dan memahami tren yang sedang berkembang di suatu industri. Bila begitu, maka pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pameran dapat lebih memahami industri yang menjadi bidang bisnisnya.

3. Tujuan Kemanusiaan

Tujuan pameran adalah untuk kegiatan kemanusiaan. Kegiatan pameran untuk kemanusiaan adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan pelestarian, pembinaan, nilai-nilai, serta pengembangan hasil karya seni budaya yang ada di masyarakat. Hasil penjualan karya dalam pameran tersebut disumbangkan untuk tujuan kemanusiaan, seperti korban bencana, panti asuhan, dan lainnya.

4. Tujuan Sosial

Tujuan pameran adalah untuk kegiatan sosial. Kegiatan pameran untuk tujuan sosial adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan sosial. Dalam hal ini, tujuan pameran adalah penting ketika hasil penjualan tiket maupun produk dalam pameran bisa disumbangkan untuk kepentingan kegiatan sosial.

4 dari 4 halaman

Fungsi Pameran

Apabila sudah memahami tujuan pameran adalah tidak sebagai komersialisasi semata, selanjutnya fungsi pameran sesungguhnya. Fungsi pameran adalah paling utama dijadikan sebagai alat komunikasi publik. Apa saja fungsi pameran?

1. Fungsi Edukasi

Fungsi pameran adalah untuk edukasi atau pendidikan. Fungsi edukasi pada pameran adalah berguna untuk memberikan pendidikan dan melatih masyarakat luas dalam memahami arti dari keahlian rohani manusia. Kegiatan ini mampu menyeimbangkan kembali ingatan dan pandangan manusia terhadap lingkungan sekitarnya.

2. Fungsi Apresiasi

Fungsi pameran adalah untuk apresiasi. Pameran adalah sangat berguna digunakan sebagai suatu media dalam menyampaikan apresiasi kepada para seniman sehingga para pengunjung akan menyampaikan apresiasinya kepada seniman dan hasil karyanya.

3. Fungsi Prestasi

Fungsi pameran adalah untuk pengembangan di bidang prestasi. Hal ini membantu memacu para pegiat seni untuk bisa berprestasi dalam menghasilkan suatu karya yang sangat menginspirasi.

4. Fungsi Rekreasi

Fungsi pameran adalah untuk rekreasi semata. Pameran adalah bisa dijadikan sebagai media rileksasi dan melepaskan diri dari berbagai tekanan kegiatan sehari-hari yang menguras pikiran dan energi. Lebih tepatnya bisa dijadikan sebagai sarana untuk relaksasi dan penyegaran jiwa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.