Sukses

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar, Perhatikan Formatnya

Liputan6.com, Jakarta Cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris perlu kamu ketahui. Pasalnya penulisan tanggal dalam bahasa Inggris berbeda dengan yang biasanya kamu tulis dalam bahasa Indonesia. Bahkan penulisan tanggal ini bisa saja berbeda-beda di setiap negara, walaupun menggunakan bahasa yang sama.

Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris biasanya berpatokan terhadap referensi bahasa Inggris mana yang kamu gunakan. Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris British dan American memiliki perbedaan tertentu.

Cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris perlu mengikuti format yang biasa digunakan. Apakah kamu akan menggunakan format menuliskan hari terlebih dahulu sebelum bulan, atau menuliskan bulan terlebih dahulu sebelum hari.

Berikut Liputa6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/10/2021) tentang cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal Angka Ordinal

Cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang pertama kamu harus menggunakan angka ordinal. Angka ordinal merupakan angka yang disebutkan dengan menyebutkan urutannya. Angka ordinal inilah yang digunakan sebagai cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris.

Berikut angka ordinal dan penyebutannya:

1st =  the first

2nd =  the second

3rd =  the third

4th=  the fourth

5th =  the fifth

6th = the sixth

7th = the seventh

8th = the eight

9th = the ninth

10th = the tenth

11th = the eleventh

12th =  the twelfth

20th =  the twentieth

21st =  the twenty first

22nd = the twenty second

23rd =  the twenty third

24th = the twenty fourth

Begitu seterusnya penyebutan angka ordinal ini ditambahkan dengan st (setiap diakhiri angka 1), nd (setiap diakhiri angka 2), dan rd (setiap diakhiri angka 3). Penulisan th digunakan pada angka lainnya.

3 dari 5 halaman

Penyebutan Tanggal, Bulan, dan Tahun

Penyebutan tanggal dan bulan

Dalam menyebutkan tanggal yang terdiri dari tanggal dan bulan, terdapat perbedaan urutan antara penyebutan dan penulisan. Contohnya saat kamu menggunakan 15th October kamu menyebutnya fifteenth of October. Sementara itu, jika kamu menggunakan October 15th maka penyebutannya menjadi October fifteenth.

Penyebutan tahun

Biasanya kamu akan menyebutkan angka 1945 menjadi one thousand nine hundred and fourty five. Namun, cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris berbeda. Kamu akan menyebut tahun dalam penulisan tanggal ini dengan memisahkan 2 digit angka pertama dan 2 digit angka kedua. Contohnya adalah sebagai berikut:

1995 – nineteen ninety five                      

1907 – nineteen o seven

2001 – two thousand and one                   

1980 – nineteen eighty

1704 – seventeen o four

2021 – two thousand and twenty one

4 dari 5 halaman

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris bisa kamu bedakan menjadi penulisan versi British dan American.

Cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris (versi British) = Tanggal-Bulan-Tahun (15th July 2021)

Cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris (versi American) = Bulan-Tanggal-Tahun (July 15th 2021)

Kedua versi cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris ini memang memiliki perbedaan dari urutan tanggal dan bulannya. Hal ini tentu bisa membuat kamu bingung bila hanya ditulis angkanya saja.

Contohnya, misal penulisan 8/9/2021 atau 8-9-2021.

Dalam bahasa Inggris British, kamu akan membacanya menjadi eight of September two thousand and twenty one. Sementara itu, jika diterjemahkan menggunakan penulisan American, maka menjadi ninth of August two thousand and twenty one.

5 dari 5 halaman

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris Berbagai Versi

American Style

Cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris versi British menggunakan format Month-Date-Year (MM-DD-YYYY). Apabila ingin menyebutkan Hari, maka bisa diletakkan di depan sebelum Bulan.

Berikut contohnya:

- October 15, 2021

- Friday, October 15, 2021

Penggunaan ordinal number di sini boleh digunakan boleh juga tidak. Native speakers bahasa Inggris biasanya jarang menggunakannya.

British Style

Cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris versi American menggunakan format Date-Month-Year (DD-MM-YYYY). Apabila ingin menyebutkan Hari, maka bisa diletakkan di depan Tanggal.

Berikut contohnya:

- 15th October 2021

- Friday 15th of November 2021

British Style biasanya menggunakan angka ordinal dan nominal. Berbeda dengan American Style, pada penanggalan British Style penggunaan angka ordinal dianggap lebih sopan dan formal. Selain itu, ada pula penggunaan kata “the” dan “of”.

International Standard

Cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris standar internasional menggunakan format Year-Month-Date (YYYY-MM-DD). Untuk menambahkan hari bisa diletakkan di belakang date.

Berikut contohnya:

- 2021 October 15

- 2021 October 15 in Friday

Dalam format penulisan hari apabila diletakkan di depan tahun, akan menyalahi aturan. Apalagi apabila format penanggalan internasional jarang menggunakan Day. Namun, jika harus menggunakan Day, peletakannya di belakang Date dan ditambahi kata In sebelumnya. Itulah cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang perlu kamu kenali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.