Sukses

18 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kacang almond sangat baik untuk kesehatan. Almond atau Prunus dulcis termasuk jenis kacang-kacangan yang populer di seluruh dunia. Manfaat kacang almond bisa didapat dengan mengonsumsinya secara utuh, atau diolah menjadi susu, minyak, mentega, tepung atau pasta.

Manfaat kacang almond sangat bergizi dan kaya akan lemak sehat, antioksidan, vitamin dan mineral. Manfaat kacang almond juga bisa jadi solusi memenuhi kebutuhan protein bagi orang yang mengikuti pola makan nabati atau vegetarian. Manfaat kacang almond aman dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Tak hanya profil kesehatannya, manfaat kacang almond juga begitu istimewa karena ia sangat serbaguna dan bisa dimasukkan ke berbagai jenis makanan. Berikut 18 manfaat kacang almond, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu(17/10/2021).

2 dari 7 halaman

Manfaat kacang almond

Kaya antioksidan

Manfaat kacang almond yang mengesankan adalah ia merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan kuat dalam almond sebagian besar terkonsentrasi di lapisan coklat kulitnya. Konsumsi almond bisa melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, penyebab penuaan dan penyakit.

Kaya vitamin E

Almond adalah salah satu sumber vitamin E terbaik. Vitamin E adalah keluarga antioksidan yang larut dalam lemak. Almond adalah salah satu sumber vitamin E terbaik di dunia. Beberapa penelitian telah menghubungkan asupan vitamin E yang lebih tinggi dengan tingkat penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

Jaga kesehatan mata

Almond mengandung cukup banyak vitamin E dan seng. Sementara vitamin E mencegah agregasi trombosit dan meningkatkan vasodilatasi, seng memainkan peran penting dalam pensinyalan sel dan transmisi impuls saraf. Makan dalam jumlah kecil almond memang tidak dapat mencegah masalah mata, tetapi mereka dapat mengontrol tingkat keparahan mereka.

3 dari 7 halaman

Manfaat kacang almond

Penuhi asupan zat besi

Almond mengandung zat besi yang mampu memenuhi 6% dari kebutuhan zat besi harian. Mendapatkan cukup zat besi dapat mencegah kondisi anemia defisiensi besi.

Mengurangi rasa lapar

Almond rendah karbohidrat dan tinggi protein dan serat. Baik protein maupun serat diketahui dapat meningkatkan rasa kenyang. Ini pada akhirnya membantu mengurangi konsumsi kalori.

Efektif turunkan berat badan

Manfaat kacang almond kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mengatur pergerakan usus. Serat yang terkandung dalam almond juga mengobati masalah sembelit. Almond juga menyediakan sumber karbohidrat dan lemak makanan sehat yang membantu metabolisme dan mengurangi peradangan, stres oksidatif, dan gula darah.

4 dari 7 halaman

Manfaat kacang almond

Kontrol gula darah

Kacang-kacangan seperti almond rendah karbohidrat tetapi kaya lemak, protein, dan serat. Ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengontrol gula darah. Almod juga kaya akan magnesium yang juga mampu mengontrol gula darah. Asupan magnesium yang tinggi dapat menawarkan perbaikan besar untuk sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Kontrol tekanan darah

Magnesium dalam almond juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah salah satu pemicu utama serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal. Studi menunjukkan bahwa mengoreksi kekurangan magnesium dapat menyebabkan penurunan besar dalam tekanan darah.

Turunkan kolesterol

Makan satu atau dua genggam almond per hari dapat memberi manfaat pengurangan ringan kolesterol LDL "jahat", yang berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan bersama vitamin E membantu mencegah oksidasi kolesterol. Ini mengarah pada penurunan risiko penyakit jantung dari waktu ke waktu.

5 dari 7 halaman

Manfaat kacang almond

Cegah penyakit jantung

Almond mengandung serat tinggi, lemak tak jenuh, dan fitokimia yang berpotensi membantu perlindungan kardiovaskular. Almond mengandung nutrisi seperti asam folat, L-arginin, vitamin E, dan vitamin B. Nutrisi ini dapat memodulasi fungsi vaskular (sifat vasodilatasi) dari sistem peredaran darah. Almond juga dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif di tubuh. Ini membuat almond dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi.

Kuatkan tulang

Almond juga merupakan sumber kalsium yang baik. Almond, seperti makanan kaya kalsium lainnya, memiliki efek positif pada kesehatan tulang.

Baik untuk otak, memori, dan kognitif

Manfaat almond adalah sumber alami tokoferol, folat, asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda, dan polifenol. Nutrisi ini dapat mencegah atau menunda timbulnya berkaitan dengan usia gangguan kognitif dan amnesia.

 

6 dari 7 halaman

Manfaat kacang almond

Lancarkan pencernaan

Almond adalah sumber serat yang bagus. Makan segenggam almond atau minum segelas susu almond dapat membuat saluran pencernaan bergerak dan mencegah sembelit. Almond juga dapat meningkatkan bakteri sehat di usus. Ini dapat membantu mencerna makanan dan bahkan melawan penyakit.

Cegah gangguan saraf janin

Almond merupaakan sumber asam folat yang bermanfaat untuk membantu erkembangan otak dan sistem neurologis bayi. Asam folat juga penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Selama kehamilan, ibu membutuhkan sekitar 400mcg asam folat untuk memenuhi kebutuhan janin.

Melindungi anak dari alergi

Dilansir dari Momjunction, menurut sebuah penelitian, manfaat kacang almond untuk ibu hamil dapat melindungi anak dari alergi di kemudian hari. Asupan kacang tinggi selama kehamilan diyakini mampu mencegah asma pada anak-anak. Ini karena kacang mengandung vitamin E dan seng yang keduanya melindungi anak dari asma.

 

7 dari 7 halaman

Manfaat kacang almond

Lembapkan kulit

Almond kaya akan minyak dan vitamin E. Lemak tak jenuh dan polifenol ini bekerja sebagai pelembap kulit yang sangat baik. Minyak almond dapat digunakan untuk mengobati kondisi kulit kering, seperti psoriasis dan eksim. Ini juga dapat membantu meningkatkan warna kulit dan warna kulit.

Melindungi kulit dari kerusakan

Almond merupakan sumber alami -tokoferol, yang bersama dengan 7 anggota lainnya, dikenal sebagai vitamin E. Tokoferol adalah fotoprotektan. Mereka mencegah kerusakan kulit yang disebabkan karena paparan sinar matahari dan sinar UV.

Kilaukan rambut kusam

Asam lemak dalam almond yang sehat membantu memperkuat rambut dan menambah tekstur. Saat menggunakan produk rambut dengan minyak almond, lemak akan menyerap ke dalam rambut, menjaga setiap helai rambut tetap kuat dan berkilau.