Sukses

15 Penyebab Bibir Hitam di Pinggir, Dipengaruhi Gaya Hidup

Penyebab bibir hitam adalah hiperpigmentasi atau tubuh yang kelebihan melanin.

Liputan6.com, Jakarta Dihadapkan dengan masalah bibir hitam bukan hal yang bisa diremehkan, ini memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri di kemudian hari. Penyebab bibir hitam, melansir healthline.com dijelaskan akibat dari proses hiperpigmentasi atau kelebihan melanin.

Masalah penyebab bibir hitam umumnya dipengaruhi aktivitas sehari-hari, seperti paparan sinar UV, kosmetik, konsumsi kafein, dehidrasi, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Masih mengutip sumber yang sama, dijelaskan menggelapnya bibir bukan masalah serius dan bisa diatasi dengan cara sederhana.

Agar bisa terhindar dari gelapnya bibir terutama di bagian pinggir, perhatikan dan mulai hindari berbagai penyebab bibir hitam di pinggir atau memulai perubahan gaya hidup. Bila ingin perawatan lebih maksimal, biasanya ahli akan merekomendasikan perawatan laser dan bahan kimia.

Berikut Liputan6.com ulas berbagai penyebab bibir hitam di pinggir dari berbagai sumber, Senin (18/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Bibir Hitam di Pinggir

1. Konsumsi Obat Tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab bibir hitam di pinggir. Ini menimbulkan reaksi hiperpigmentasi. Golongan obat penyebab bibir hitam di pinggir adalah obat antimalaria dan minocycline antibiotik oral.

Kemudian obat kemoterapi dapat menjadi penyebab bibir hitam di pinggir sebagai efek sampingnya. Bahan kimia dalam perawatan topikal terkadang dapat menjadi penyebab bibir hitam di pinggir.

Dalam kasus ini, bercak kulit dapat berubah menjadi abu-abu. Kulit akan kembali ke warna biasanya setelah pengobatan selesai, tetapi bagi sebagian orang, hiperpigmentasi dapat bertahan.

2. Bibir Kering

Bibir yang kering bukan hanya masalah ketidaknyamanan. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab bibir hitam di pinggir. Bibir akan mudah sekali kering jika tidak sengaja dilembapkan. Kulit bibir yang selalu terbuka, membuat kelembapannya mudah sekali hilang, apalagi saat cuaca panas. Bibir yang kering dapat menyebabkannya mengalami pecah-pecah dan berpeluang untuk menggelap secara perlahan.

3. Kehamilan

Beberapa wanita mungkin mengalami perubahan kulit selama kehamilan. Ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuhnya dan memicu penyebab bibir hitam di pinggir. Tak hanya bibir, tetapi puting susu, dahi, pipi, dan hidung dapat mengembangkan bercak kulit yang lebih gelap.

Selama kehamilan, tubuh mengalami banyak perubahan fisik. Kulit rentan terhadap efek ini. Membatasi paparan sinar matahari antara jam 10 pagi dan jam 2 siang, menggunakan tabir surya faktor 30 atau lebih, dan mengenakan topi lebar ketika di luar adalah upayanya.

4. Sinar UV

Paparan sinar matahari atau UV terlalu lama merupakan penyebab bibir hitam di pinggir. Kulit yang terlalu lama dan sering terpapar sinar matahari dapat memicu tubuh untuk membuat melanin untuk menyerap sinar ultraviolet.

Hal ini merupakan penyebab dari beberapa kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Sinar matahari adalah penyebab kulit menjadi lebih kecokelatan. Maka penting untuk tetap memakai pelindung matahari di bibir, serta di tempat lain di tubuh. Usahakan untuk menggunakan lipbalm yang memiliki perlindungan sinar UV-nya.

5. Efek Kosmetik

Lipstick adalah salah satu produk kosmetik yang selalu melekat pada wanita, tak jarang beberapa pria menggunakannya. Sayangnya belum banyak yang tahu bahwa efek kosmetik adalah penyebab bibir hitam di pinggir.

Kandungan tertentu yang terdapat pada lipstick terkadang justru membuat bibir menjadi hitam jika terlalu sering digunakan. Begitu juga dengan masa kadaluwarsa lipstick. Selalu cek lipstick apakah masih layak untuk dipakai atau tidak, ya!

6. Merokok

Nikotin dan benzpyrene dalam asap tembakau dapat mendorong produksi melanin di kulit. Hal ini dapat menjadi penyebab bibir hitam di pinggir. Penggelapan bibir dapat terjadi secara bertahap seiring waktu. Jangan ragu untuk mulai berhenti merokok agar penyebab bibir hitam di pinggir tak terjadi.

Nikotin menyebabkan pembuluh darah menyusut dan menyempit, mengurangi aliran darah, dan membuat kulit kekurangan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkannya agar tetap sehat dan kenyal. Reaksi ini menyebabkan melanin di bibir dan gusi menjadi gelap, menyebabkan pigmentasi tidak merata.

3 dari 4 halaman

Penyebab Bibir Hitam di Pinggir

7. Kondisi Kesehatan

Tak hanya konsumsi obat-obatan tertentu, tetapi kondisi kesehatan pun bisa menjadi penyebab bibir hitam di pinggir atau hiperpigmentasi. Salah satu yang paling terkenal adalah penyakit Addison. Penyakit Addison atau kekurangan adrenal, terjadi ketika lapisan luar kelenjar adrenal rusak.

Penyebab bibir hitam di pinggir yang pengaruh kelenjar adrenal merupakan bagian dari sistem endokrin, terletak tepat di atas setiap ginjal. Mereka menghasilkan hormon yang mempengaruhi setiap organ dan jaringan dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan bercak kulit, bibir, atau gusi yang gelap. Gejala lain termasuk kurangnya energi, kelemahan, dan suasana hati yang rendah.

Selain itu, kondisi seperti hemochromatosis juga dapat menjadi penyebab bibir hitam. Hemochromatosis adalah kondisi bawaan yang menyebabkan tubuh mengandung terlalu banyak zat besi. Ini dapat menyebabkan hiperpigmentasi, membuat kulit tampak lebih gelap atau kecokelatan.

8. Konsumsi Kafein

Hobi sekali mengonsumsi cokelat, teh, dan kopi harus mewaspadai masalah bibir yang menghitam. Mengonsumsi kafein adalah penyebab bibir hitam di pinggir. Zat antidiuretik yang terdapat pada kafein akan membuat kamu sering buang air kecil sehingga bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Hal ini bisa membuat bibir perlahan menjadi kering dan pecah-pecah sehingga membuat warnanya menjadi hitam.

9. Kurang Vitamin

Mengalami kekurangan vitamin B atau riboglabin merupakan penyebab bibir hitam di pinggir. Asupan vitamin ini diperlukan untuk hal-hal seperti fungsi sel, metabolisme lemak, dan mempertahankan kadar normal asam homocysteine dalam darah.

Oleh karenanya, kekurangan vitamin B dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti bibir kering dan ruam. Selain itu, kadar seng dan zat besi yang rendah dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

10. Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan adalah pemicu bibir kering, padahal bibir kering merupakan penyebab bibir hitam di pinggir. Dehidrasi pun bisa terjadi karena diare, muntah, berkeringat hebat, dan sakit. Untuk menghindari kondisi ini, dianjurkan untuk minum delapan hingga dua belas gelas air per hari.

Kebiasaan menjilat bibir juga akan membuat bibir kering dan pecah-pecah, ini penyebab bibir hitam di pinggir. Sebab, zat dalam air liur akan mengeringkan kulit dengan menjilatnya berlebihan. Selain itu, menjilat bibir juga dapat meningkatkan produksi ragi yang meningkatkan risiko bibir pecah-pecah.

11. Mengalami Gangguan Hormon

Gangguan hormon dapat menjadi penyebab bibir hitam di pinggir, mulai waspadai. Melansir dari medicalnewstoday.com, penyebab bibir hitam tersebut seperti kadar hormon tiroid dengan jumlah yang abnormal pada tubuh. Misalnya saja karena kadar tiroid terlalu rendah atau terlalu tinggi yang bisa membuat perubahan warna kulit bibir jadi lebih gelap.

12. Mengalami Angiokeratoma

Bibir yang gelap bisa menjadi penanda adanya gangguan kesehatan tertentu seperti angiokeratoma. Penyebab bibir hitam di pinggir pengaruh angiokeratoma adalah kondisi yang terjadi karena munculnya bintik hitam pada kulit.

Umumnya hal ini dialami pada bagian tubuh sensitif. Melansir dari medicalnewstoday.com, angiokeratoma memiliki ukuran, bentuk dan warna yang bervariasi dari merah tua atau bahkan hitam serta sulit untuk disentuh. Pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter bisa dipertimbangkan untuk mengatasi angiokeratoma secara lebih tepat.

4 dari 4 halaman

Penyebab Bibir Hitam di Pinggir

13. Konsumsi Alkohol

Alkohol tak hanya berbahaya bagi kondisi liver, mengonsumsinya bisa menjadi penyebab bibir hitam di pinggir. Alkohol sangat berpengaruh pada pembuangan racun yang menyebabkan munculnya bintik hitam pada bibir. Terlebih jika kelebihan konsumsi alkohol ikut serta memberi dampak buruk pada kesehatan kulit diantaranya menyebabkan sel kulit mati, kulit kering, dan berpotensi menyebabkan kondisi jerawat semakin memburuk.

14. Kelebihan Zat Besi

Zat besi berlebih pada tubuh berpotensi menjadi penyebab bibir hitam di pinggir. Meski mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh penting, kelebihan vitamin atau nutrisi dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti warna bibir yang lebih gelap.

Penyebab bibir hitam di pinggir ini dijelaskan medicalnewstoday.com, kelebihan zat besi bisa terjadi karena mengonsumsi terlalu banyak suplemen zat besi, makanan mengandung zat besi ataupun karena faktor keturunan.

15. Mengalami Alergi

Tubuh yang mengalami alergi merupakan pertanda masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh. Alergi bisa menjadi penyebab bibir hitam di pinggir. Pemicunya bisa berasal dari berbagai faktor seperti dampak dari perawatan kecantikan bibir.

Begitu pula efek bahan kimia, ataupun sensitif terhadap jenis makanan tertentu. Alergi karena perawatan kecantikan bibir bisa dialami karena penggunaan lipstick atau lip balm yang mungkin telah kadaluwarsa. Hal ini pun juga terjadi karena efek dari bahan kimia lain seperti pewarna rambut serta pasta gigi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.