Sukses

12 Manfaat Kerja Sama dalam Tim, Tingkatkan Produktivitas

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kerja sama sangat berguna bagi sebuah kelompok. Kerja sama terjadi ketika dua orang atau lebih bersama-sama menggunakan pemikiran, ide, dan tindakannya untuk mencapai tujuan bersama. Manfaat kerja sama bisa memberi keuntungan tersendiri bagi individu maupun kelompok.

Setiap orang pasti memerlukan kerja sama dalam hidupnya. Dengan kerja sama, beban yang dimiliki jadi lebih ringan. Manfaat kerja sama inilah yang tak lepas dari kehidupan sosial.

Manfaat kerja sama seringkali dibutuhkan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Manfaat kerja sama bisa menyatukan orang-orang dengan beragam kemampuan untuk mencapai tujuan bersama. Manfaat kerja sama pada akhrinya bisa membuat kerja tim berhasil.

Berikut manfaat kerja sama dalam tim atau kelompok, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(18/10/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Manfaat kerja sama dalam tim

Mendorong pemecahan masalah yang lebih mudah

Manfaat kerja sama yang pertama adalah mendorong proses pemecahan masalah jadi lebih mudah. Dengan kerja sama, akan ada bantuan dan perspektif lain dalam memecahkan masalah. Kerja sama digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Ketika sekelompok orang mengumpulkan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian mereka, kemudian membicarakan masalah dan memperdebatkan solusi potensial, proyek yang terhenti akan mulai bergerak maju sekali lagi.

Pekerjaan jadi cepat selesai

Kerja sama membuat pekerjaan jadi lebih cepat selesai. Pekerjaan mungkin bisa diselesaikan seorang diri, tapi membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama. Namun, jika dilakukan bersama, pekerjaan akan lebih cepat selesai karena ada saling tolong menolong.

3 dari 7 halaman

Manfaat kerja sama dalam tim

Saling belajar

Salah satu hal terbaik tentang kerja sama adalah tiap individu akan saling belajar. Ini karena saat kerja sama, tiap individu bekerja secara kolaboratif dengan orang-orang yang membawa keahlian dan latar belakang berbeda. Dari sini, individu akan belajar dari kesalahan, keberhasilan, kegagalan, alur kerja, dan lainnya. Tim yang berkolaborasi tidak hanya memiliki kesempatan untuk saling belajar, mereka juga akan memperoleh pemahaman tentang perspektif tim lain.

Mendekatkan satu sama lain

Manfaat kerja sama juga membantu mendekatkan satu sama lain. Jika kamu menemukan ada orang yang jarang berinteraksi satu sama lain, dengan kerja sama, komunikasi akan terjalin dan kedekatan akan terbentuk.

4 dari 7 halaman

Manfaat kerja sama dalam tim

Meningkatkan produktivitas

Manfaat kerja sama yang bisa sangat dirasakan adalah meningkatnya produktivitas. Saat mulai bekerja sama secara lebih kolaboratif, produktivitas secara keseluruhan kemungkinan akan meningkat. Misalnya, orang akan merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari kelompok yang lebih besar. Mereka akan lebih cenderung memiliki rasa loyalitas dan memiliki kelompok. Mereka akan memberikan upaya yang lebih baik agar tidak mengecewakan kelompok.

Keterlibatan meningkat

Seseorang melakukan yang terbaik ketika mereka merasa seolah-olah kontribusi mereka dihargai dan dihargai. Dengan kerja sama, tiap orang akan dilibatkan dalam proyek yang dikerjakan. Ketika bekerja sebagai sebuah tim, seseorang dapat melihat bagaimana upaya mereka berkontribusi pada keberhasilan organisasi secara keseluruhan yang juga memberikan kepuasan kerja yang lebih tinggi.

5 dari 7 halaman

Manfaat kerja sama dalam tim

Tercipta suasana positif

Bekerja sama memungkinkan rekan kerja untuk saling mengenal lebih baik dan membangun hubungan sosial yang kuat. Manfaat kerja sama memungkinkan setiap orang untuk dihargai atas kemampuannya. Ini menciptakan suasana kerja yang lebih positif dan santai.

Tidak adanya hierarki vertikal

Sebelumnya, sesorang mungkin ragu untuk mendekati seseorang dalam organisasi dengan sebuah ide karena jabatan. Namun, dengan kerja sama, hierarki vertikal ini dapat digukangkan. Saat kerja sama diterapkan, hierarki vertikal tidak lagi menjadi penghalang untuk berbagi atau mendengarkan ide Setiap orang memiliki kesempatan untuk berbagi pemikiran mereka.

6 dari 7 halaman

Manfaat kerja sama dalam tim

Pekerjaan lebih efisien

Bekerja secara mandiri memang memiliki kelebihan. Kamu dapat fokus sepenuhnya pada satu proyek tanpa harus mempertimbangkan berapa banyak waktu yang akan hilang jika terganggu, atau bagaimana membuat tim bekerja sama tepat waktu untuk memenuhi tenggat waktu yang singkat.

Tetapi untuk banyak jenis proyek, kerja sama akan jauh lebih efisien. Ketika proyek itu rumit dan menuntut, kamu harus bisa mengakui pada diri sendiri bahwa kamu membutuhkan bantuan. Di situlah kolaborasi masuk. Ini membantu membagi beban kerja yang berat, menemukan solusi kreatif untuk masalah sulit, dan memahami gambaran besarnya.

Menurunkan biaya

Karena lebih efisien, manfaat kerja sama juga akan menurunkan biaya yang dikeluarkan. Misalnya, jika kamu memiliki proyek membuat video namun tidak bisa melakukakannya sendiri. Kamu bisa bekerja sama dengan teman untuk meminta bantuan membuat atau mengajari cara membuatnya.

7 dari 7 halaman

Manfaat kerja sama dalam tim

Menciptakan rasa loyalitas

Individu yang merasa dihargai oleh orang lain dan bahwa mereka berkontribusi cenderung memiliki loyalitas tinggi. Contohnya, ketika tim bekerja bersama dan karyawan merasa kontribusi mereka membuat perbedaan, karyawan merasa lebih setia kepada perusahaan dan cenderung tidak melanjutkan.

Membuka saluran baru untuk komunikasi

Manfaat kerja sama juga bisa membuka pintu relasi. Bekerja dengan orang-orang baru juga membuka saluran yang tertutup. Menemukan cara baru untuk berkomunikasi dan berbagi informasi sangat penting untuk relasi. Itulah sebabnya kerja sama harus digunakan bila memungkinkan untuk membentuk ikatan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS