Sukses

10 Manfaat Toleransi dalam Kehidupan Sehari-Hari, Ciptakan Kedamaian

Toleransi adalah elemen penting untuk perdamaian

Liputan6.com, Jakarta Manfaat toleransi sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Toleransi bukan hanya sebuah sikap. Toleransi adalah elemen penting untuk perdamaian dan persauan di suatu bangsa.

Manfaat toleransi akan melahirkan penerimaan dan pengertian. Adanya manfaat toleransi menandakan masyarakat sudah terbuka dan inklusif. Namun, saat ini masih ada kasus-kasus intoleransi yang merugikan, terutama bagi kelompok minoritas.

Kasus intoleransi yang ada ini menjadi gambaran bahwa manfaat toleransi belum sepenuhnya dipahami masyarakat. Padahal manfaat toleransi adalah aspek penting untuk hidup berdampingan secara damai.

Tak hanya menciptakan kedamaian, manfaat toleransi bisa menciptakan masyarakat yang adil. Berikut manfaat toleransi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(18/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Apa itu toleransi?

Sebelum mengetahui manfaat toleransi, penting memahami apa itu toleransi. Secara etimologi, toleransi berasal dari bahasa latin yakni, ‘tolerance’ yang artinya menahan diri. Secara terminologi toleransi adalah sebuah sikap untuk saling menghargai, menghormati, membiarkan pendapat, pandangan, kepercayaan kepada antar sesama manusia yang bertentangan dengan diri sendiri.

Toleransi juga dimaknai dengan kemampuan setiap orang untuk bersabar dan menahan diri dari hal-hal yang tidak sejalan dengannya. Salah satu bentuk toleransi adalah menunjukkan rasa hormat kepada orang lain atau kelompok yang berbeda pendapat, agama, budaya, dan ras. Dengan sikap toleran, diskriminasi antar golongan dapat dihindari.

3 dari 8 halaman

Manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari

Menerima nilai-nilai orang lain

Manfaat toleransi yang penting dalam kehidupan sehari-hari adalah menerima nilai-nilai orang lain. Dari toleransi, manusia belajar bahwa setiap orang memiliki pendapat dan nilai mereka sendiri dan bahwa ini perlu dihormati dan diterima.

Membuka pandangan

Toleransi tidak hanya menciptakan kedamaian. Dengan toleransi, seseorang akan terbuka terhadap cara berpikir lain dapat membantu perkembangan pribadi. Rasa ingin tahu dan kesiapan untuk mempelajari dunia baru, ide, dan cara berpikir dapat membantu orang menjadi lebih toleran.

4 dari 8 halaman

Manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari

Menambah pengetahuan

Dengan toleransi, pengetahuan dan ilmu baru akan didapatkan. Dengan menerima nilai-nilai orang lain yang berbeda, pengetahuan akan keragaman menjadi meningkat. Biasanya, kurangnya toleransi adalah akibat dari ketakutan dan ketidaktahuan terhadap hal yang tidak diketahui. Keingintahuan dan kesiapan untuk belajar tentang dunia baru, ide dan cara berpikir dapat membantu orang menjadi lebih toleran.

Menguatkan nasionalisme

Manfaat toleransi bisa menunjukkan seberapa besar rasa nasionalisme seseorang. Orang yang memiliki toleransi tinggi, biasanya akan memiliki rasa cinta yang tinggi pula terhadap tanah airnya. Sebab ia menyadari bahwa Indonesia adalah negara majemuk yang memiliki banyak perbedaan.

5 dari 8 halaman

Manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari

Menguatkan tali persaudaraan

Melalui sikap toleransi, setiap orang menghargai yang lainnya dan memberikan rasa kasih sayang yang sama terhadap setiap perbedaan. Dengan begitu, rasa persaudaraan sebangsa dan setanah air pun akan semakin terpupuk. Setiap kelompok juga dapat terhindar dari berbagai jenis perpecahan.

Menciptakan keharmonisan dan kedamaian

Manfaat toleransi yang paing penting adalah menciptakan keharmonisan dan kedamaian. Setiap orang yang memiliki rasa toleran dapat menahan dirinya untuk tidak memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain. Ini membuat keharmonisan akan tetap terjaga, karena tiap orang bisa saling memahami satu sama lain.

6 dari 8 halaman

Manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari

Menguatkan iman

Dengan bersikap toleran, seseorang sudah menghargai dan menghormati agama lain yang berbeda keimanannya. Ketika seseorang mampu memiliki sikap toleransi, ia akan mengenal banyak orang dengan berbagai latar belakang agama. Pada posisi inilah ia bisa menguji seberapa kuat iman ketika berhubungan dengan orang lain.

Mendukung pembangunan

Dengan adanya toleransi, maka pembangunan negara akan lebih cepat berjalan. Sebab setiap orang akan memiliki perspektif yang serupa mengenai perbedaan. Maka dari itu, kehidupan bernegara pun akan menjadi lebih mudah untuk dijalani.

7 dari 8 halaman

Manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari

Mendukung pemenuhan hak asasi manusia

Toleransi adalah tanggung jawab yang menjunjung tinggi hak asasi manusia, pluralisme (termasuk pluralisme budaya), demokrasi dan supremasi hukum. Melalui toleransi seseorang juga turut memperjuangkan hak asasi manusia setiap orang yang ia temui. Mampu menerima perbedaan satu sama lain sama dengan menghargai hak asasi manusia setiap orang.

Mendukung kebebasan

Manfaat toleransi selanjutnya adalah mendukung kebebasan. Orang yang toleran cenderung akan mendukung kebebasan berpendapat dan mendukung orang lain bebas memilih pilihannya sendiri. Bersikap toleran berarti menerima pendapat dan preferensi orang lain, bahkan ketika mereka hidup dengan cara yang tidak disetujui.

8 dari 8 halaman

Jenis-jenis toleransi

Setelah mengenal manfaat toleransi, tak lengkap jika tidak mengetahui jenis toleransi apa saja yang bisa diterapkan. Berikut jenis-jenis toleransi:

Toleransi beragama

Toleransi beragama adalah sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan agama yang ada dalam kehidupan. Dalam beragama, contoh toleransi adalah dengan menghormati hak setiap orang untuk memilih agamanya serta memberikan ruang bagi mereka untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing.

Toleransi berpolitik

Toleransi ini lebih mengarah pada bagaimana setiap orang dapat menghargai dan menghormati pendapat politik yang dimiliki oleh orang lain. Dengan toleransi, setiap orang dapat sama-sama menjaga hak politik orang lain.

Toleransi budaya

Di Indonesia yang memiliki ragam budaya, toleransi adalah kunci untuk hidup rukun satu sama lain. Dengan toleransi, tidak ada sikap merendahkan atau superioritas antar budaya. Karena itu, setiap orang harus mampu untuk memandang sama rata terhadap budaya yang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.