Sukses

13 Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan, Cegah Penyakit Jantung dan Cocok untuk Diet

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air lemon yang dikonsumsi setiap hari di pagi hari baik untuk kesehatan tubuh. Lemon merupakan salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang asam membuat lemon jarang dikonsumsi langsung, sehingga sering dibuat minuman.

Rasa asam yang kuat pada lemon ini berasal dari kandungan asam sitrat, yaitu senyawa asam yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, lemon juga mengandung banyak senyawa aktif seperti fitokimia, kumarin, psoralen, karotenoid, protein, lemak, serat, karbohidrat, tiamin, riboflavin,niacin, vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi. 

Cara membuat air lemon cukup mudah. Anda hanya perlu  menyiapkan air putih hangat atau suhu ruangan, dan tambahkan perasan buah lemon secukupnya. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan alami lain yang baik untuk kesehatan. Seperti madu, irisan jahe, kayu manis, kunyit, daun mint, mentimun, atau rempah lain sesuai selera Anda.

Meskipun lemon memiliki rasa masam, namun ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh jika rutin mengonsumsinya. Berikut ini manfaat air lemon untuk kesehatan tubuh, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/10/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Menyehatkan Pencernaan

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat air lemon yang utama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam lemon juga dapat melindungi tubuh dari bahaya efek radikal bebas. Bahkan, beberapa penelitian telah mengungkapkan berbagai potensi lemon untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.

2. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Lemon mengandung pektin, salah satu jenis serat larut yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran cerna dan mengatasi beragam masalah pada pencernaan, seperti konstipasi. Kandungan serat di dalam lemon juga dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis. Hal ini menjadikan air lemon baik dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

3 dari 7 halaman

Memelihara Kesehatan Jantung dan Cegah Anemia

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, vitamin, dan serat di dalam buah sitrus, seperti lemon dan jeruk nipis, dapat menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Kombinasi manfaat tersebut menjadikan air lemon baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah Anemia

Anemia defisiensi besi adalah salah satu jenis anemia yang terjadi karena tubuh kekurangan zat besi, sehingga jumlah sel darah merah yang sehat berkurang. Penyakit ini bisa membuat penderitanya mudah lelah dan lemas karena asupan oksigen dalam tubuh tidak tercukupi. Untuk mencegah anemia defisiensi besi, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang dapat memaksimalkan penyerapan zat besi, seperti lemon.

4 dari 7 halaman

Cegah Batu Ginjal dan Jaga Kesehatan Kulit

5. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Kandungan asam sitrat dalam air lemon mampu meningkatkan volume dan nilai pH urine, sehingga dapat mencegah batu ginjal. Tak hanya itu, lemon juga dipercaya dapat memecah batu ginjal menjadi lebih kecil, sehingga mudah dikeluarkan bersama urine. Meski demikian, efektivitas dan tingkat keamanan dalam mengonsumsi lemon untuk mencegah pembentukan batu ginjal masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat air lemon juga dapat menjaga kelembapan kulit, membuat kulit terlihat lebih segar, dan bahkan mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus. Ini berkat kandungan vitamin C pada lemon mampu meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang berperan penting dalam mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit.

5 dari 7 halaman

Jaga Berat Badan dan Mengatasi Dehidrasi

7. Menjaga Berat Badan

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori dan lemak, sehingga baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Tak hanya itu, kandungan serat dalam lemon juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil atau makan berlebihan pun bisa berkurang. Namun, tak hanya dengan mengonsumsi air lemon, Anda juga perlu rutin berolahraga dan membatasi asupan makanan tinggi kalori, gula, dan garam untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

8. Mengatasi Dehidrasi

Beberapa orang enggan minum air putih di pagi hari karena rasanya hambar. Padahal rehidrasi tubuh setelah tidur malam penting untuk mempertahankan cairan dalam tubuh. Daripada memilih minuman berkafein atau minuman manis yang punya dampak kesehatan, coba ganti minum air lemon yang menyegarkan. Selain menyegarkan, air lemon bisa membantu Anda minum lebih banyak air. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik.

6 dari 7 halaman

Kaya Vitamin C dan Mengatasi Bau Mulut

9. Kaya Vitamin C dan Antioksidan

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan. Zat ini penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sampai meningkatkan produksi kolagen. Tak hanya itu, kedua zat tersebut juga penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke sampai penyakit jantung. Selain sehat, kulit orang yang mengonsumsi air lemon juga disebut lebih terawat.

10. Mengatasi Bau Mulut

Problem utama saat bangun tidur di pagi hari adalah bau mulut yang tak sedap. Anda bisa minum air lemon di pagi hari untuk mengatasinya. Pasalnya, air lemon merangsang produksi air liur, sehingga masalah bau mulut bisa diminimalkan. Tak hanya itu, air lemon juga dapat mencegah mulut kering. Saat mulut Anda kering, bakteri bisa muncul dan memicu bau mulut.

7 dari 7 halaman

Mengontrol Gula Darah dan Cegah Kanker

11. Mengontrol Gula Darah 

Manfaat air lemon yang lainnya adalah dapat mengontrol gula darah. Menurut American Diabetes Association (ADA) air lemon mengandung quersetin yang berperan untuk menyeimbangkan  kadar gula darah dalam tubuh.

12. Mencegah Kanker

Manfaat air lemon yang berikutnya adalah mampu mencegah kanker. Air lemon mengandung flavonoid yang berperan sebagai penangkal radikal bebas dan aktioksidan. Flavonoid juga berfungsi sebagai antivirus, antikanker, dan antialergenik. Dalam Asian Pasific Journal of Cancer Prevention menyebutkan bahwa ekstrak lemon meningkatkan pemrograman kematian sel di dalam sel kanker payudara.

13. Detoksifikasi

Manfaat air lemon yang lainnya adalah untuk detoksifikasi tubuh. Air lemon mengandung asam sitrat yang berperan menyerap racun dalam sirkulasi darah yang dibuang melalui urin. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS