Sukses

10 Tujuan Dibentuknya VOC oleh Belanda, Lakukan Monopoli

VOC menguasai sebagian besar perdagangan selama hampir 200 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan dibentuknya VOC menjadi bagian dari sejarah pra kemerdekaan Indonesia. VOC merupakan salah satu perusahaan dagang terbesar yang pernah ada di dunia. Di Indonesia, VOC menguasai sebagian besar perdagangan selama hampir 200 tahun.

Tujuan dibentuknya VOC tak lepas dari perdagangan rempah di Nusantara. Tujuan dibentuknya VOC menjadi pengantar Belanda pada kesuksesan perang dan kekayaan besar. Namun, di balik itu semua, tujuan dibentuknya VOC begitu menguras sumber daya yang dimiliki Nusantara. 

Tak jarang, tujuan dibentuknya VOC sering dikaitkan dengan praktek kolonialisasi. Tak dapat dipungkiri memang, tujuan dibentuknya VOC menjadi wujud penjajahan di Indonesia. Berikut tujuan dibentuknya VOC dan sejarah perkembangannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(21/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Awal mula VOC

VOC atau Vereenigde Oost-Indische Compagnie merupakan perusahaan dagaung yang didirikan di Republik Belanda pada tahun 1602. Perusahaan ini berkembang pesat pada abad ke-17 sebagai instrumen yang kuat bagi Kerajaan komersial Belanda di Hindia Timur yang sekarang adalah wilayah Indonesia.

Pada mulanya, Belanda datang ke Indonesia untuk berniaga. Tapi, pada 20 Maret 1602, para pedagang Belanda mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie. Di masa itu, terjadi persaingan sengit di antara negara-negara Eropa, yaitu Portugis, Spanyol, Inggris, Prancis, dan Belanda, untuk memperebutkan hegemoni perdagangan di Asia Timur.

VOC membuka kantor dagangnya yang pertama di Ambon (1602) di kepalai oleh Francois Wittert. Pada tahun 1619, Jan Pieterszoon Coen diangkat menjadi Gubernur Jenderal VOC. Ia melihat kemungkinan VOC menjadi kekuatan Asia, baik politik maupun ekonomi.

Pada 1669, VOC adalah perusahaan swasta terkaya yang pernah ada di dunia, dengan lebih dari 150 kapal dagang, 40 kapal perang, 50.000 karyawan, 10.000 tentara swasta, dan pembayaran dividen 40% dari investasi awal. Jika dihitung sampai saat ini, aset VOC diperkirakan sebesar US$ 7,9 triliun atau sama dengan gabungan nilai 20 perusahaan papan atas di era modern, termasuk Google dan Apple.

3 dari 7 halaman

Tujuan dibentuknya VOC

Mengatasi persaingan dagang antar pedagang Belanda

Salah satu tujuan dibentuknya VOC yang utama oleh Belanda adalah untuk menggabungkan usaha dari para pedagang Belanda. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi persaingan dagang antar sesama pedagang Belanda guna mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Mengatasi persaingan dagang dengan bangsa lain

Tujuan dibentuknya VOC adalah untuk mengatasi persaingan antara pedagang Belanda dengan Portugis. Agar serikat dagang ini dapat berkembang dengan baik, pemerintahnya mendukung penuh dan memberikan hak istimewa yaitu bertindak sebagai suatu negara. VOC dibentuk untuk mencapai hasil dan keuntungan yang maksimal. Termasuk mengatasi masalah persaingan dengan pedagang yang berasal dari Eropa, seperti Portugal, Spanyol, dan Inggris.

4 dari 7 halaman

Tujuan dibentuknya VOC

Mempertahankan rempah

Tujuan dibentuknya VOC yang utama adalah mempertahankan monopoli perdagangan rempah di Indonesia. Indonesia sejak lama dikenal sebagai negeri penghasil rempah terbesar. Hal ini dilirik oleh Belanda yang ingin memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Dengan sistem monopoli, hasil rempah-rempah dapat dikuasainya dengan sangat mudah.

Monopoli perdagangan

Tujuan dibentuknya VOC adalah melakukan monopoli perdagangan di Indonesia. tas hak istimewa yang diberikan pemerintah Belanda, VOC dapat melakukan monopoli perdagangan di daerah Tanjung Harapan (benua Afrika) dan Selat Magelhaen (ujung selatan benua Amerika). VOC pun mampu mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya di wilayah jajahannya.

5 dari 7 halaman

Tujuan dibentuknya VOC

Memperoleh keuntungan sebesar-besarnya

Tujuan dibentuknya VOC adalah memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Melalui VOC, Belanda mendapatkan monopoli perdagangan, baik impor maupun ekspor. Dengan keuntungan ini, Belanda bisa membangun pemerintahnnya dan mengatasi konflik dengan Spanyol.

Memperkuat keuangan Belanda

Salah satu tujuan dibentuknya VOC adalah memperkuat pemerintahan Belanda. Ini terutama dalam segi keugangan. Saat itu, pemerintah Belanda sedang berperang melawan Spanyol. Dengan hasil dari VOC, Belanda mampu memperkuat pertahanannya. Adanya VOC pun penting sebagai penyumbang dana agar Belanda mampu menyelesaikan konflik dengan Spanyol.

6 dari 7 halaman

Tujuan dibentuknya VOC

Memperkuat pemerintahan Belanda

Selain itu, Belanda juga bisa memiliki kekuasaan yang semakin luas. Dengan hasil yang diberikan VOC, Belanda mampu memperluas wilayah kekuasaannya. Tujuan VOC ini dilakukan sekaligus untuk mengambil alih tentara kerajaan menjadi prajurit perang Belanda. Maka dari itu, VOC dapat menguasai sumber daya manusia untuk meningkatkan daya perangnya.

Menguasai Kerajaan-Kerajaan

Tujuan dibentuknya VOC selanjutnya adalah mampu menguasai kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. Ini merupakan wujud agar wilayah kekuasaan semakin luas dan kuat di seluruh nusantara. Hal ini dilakukan untuk mengambil alih tentara kerajaan menjadi prajurit perang Belanda. Maka dari itu, tujuan dibentuknya VOC dapat menguasai sumber daya manusia untuk meningkatkan daya perang dapat dilancarkan.

7 dari 7 halaman

Tujuan dibentuknya VOC

Menguasai pelabuhan

VOC juga bertujuan untuk menguasai pelabuhan. Kedatangan Belanda ke Indonesia tak lain untuk menguasai pelabuhan. Letaknya yang strategis, membuat tujuan VOC sangat menggebu untuk menguasai pelabuhan-pelabuhan yang ada. Sehingga dengan kekuasaan ini, VOC dapat menguasai segala sumber daya yang ada di Indonesia.

Memperkokoh Posisi Belanda di Dunia Internasional

Tujuan dibentuknya VOC yang selanjutnya adalah untuk memperkuat posisi Belanda di mata dunia secara internasional. Hal ini penting dalam keadaan persaingan dagang dengan negara-negara lain, terutama dari Eropa. Adanya VOC pun membuat bangsa Belanda menjadi lebih disegani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.