Sukses

Aksi Viral Polisi Ambarita, Dari Periksa Ponsel Warga sampai Comot Bibir Pelajar

Polisi Ambarita beberapa kali sempat viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Sejak beberapa hari yang lalu nama institusi kepolisian ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Salah satuny ayakni sosok polisi 'artis' Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) Monang Parlindungan Ambarita.

Bagi sebagian besar masyarakat pasti sudah tak asing dengan wajah polisi yang akrab disapa Aipda Ambarita ini. Sosoknya kerap muncul di layar kaca.

Sosoknya menjadi viral diperbincangkan setelah sebuah video yang merekam momen saat ia sedang patroli. Ambarita tampak memaksa untuk memeriksa ponsel milik warga yang kemudian ramai dikomentari.

Akibatnya, pimpinan Tim Raimas Backbone Polres Metro Jakarta Timur itu pun dimutasi dari jabatannya. Bukan hanya cek ponsel milik warga yang dianggap melanggar privasi, beberapa kali aksinya juga pernah viral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Periksa Isi Ponsel Warga

Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) Monang Parlindungan Ambarita mendadak viral setelah video dirinya sedang patroli menyebar di media sosial. Bukan soal patrolinya, namun aksi Ambarita memaksa untuk memeriksa ponsel milik warga yang jadi sorotan.

Dari aksinya itupun kemudian menuai beragam kritik dari masyarakat karena dianggap melanggar privasi dan melakukan penggeledahan tanpa surat perintah. Akibatnya, pimpinan Tim Raimas Backbone Polres Metro Jakarta Timur itu pun dimutasi dari jabatannya, dikutip dari Merdeka oleh Liputan6.com, Kamis (21/10/2021).

Ambarita dimutasi berdasarkan Surat Telegram bernomor ST/458/X/KEP./2021 per 18 Oktober 2021 yang ditandatangani oleh Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Putra Narendra atas nama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan ditujukan kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya, Dirreskrimum Polda Metro Jaya, dan Kapolres Metro Jakarta Timur.

3 dari 4 halaman

2. Comot Bibir Pelajar yang Mau Tawuran

Sebelum viral aksinya periksa paksa isi ponsel milik warga, Ambarita juga pernah viral saat patroli jalanan dan mengamankan seorang pelajar. Murid SMK itu diduga akan melakukan tawuran.

Sambil memeriksa dan menginterogasi pemuda tersebut, aksi Ambarita mencomot bibir pelajar itu pun ramai disorot. Setiap kali pelajar tersebut akan menjelaskan, mulutnya langsung dibungkam oleh Aipda Ambarita.

Hal itu lantaran ia tak puas dengan jawaban si pelajar saat dimintai keterangan. Pelajar SMK itu mengelak dan tak mengaku jika ia hendak tawuran.

4 dari 4 halaman

3. Beatbox

Selain comot bibir pelajar saat mengintrogasi, Aipda Ambarita juga pernah melakukan aksi kocak lainnya yang membuatnya viral. Yaitu tunjukkan aksi beatbox.

Dalam sebuah adegan di Youtube RAIMASBACKBONE OFFICIAL, ia diektahui mengamankan seorang pria saat sedang berpatroli. Tampak pria yang diamankan itu berjongkok, sementara Ambarita yang kini diposisikan sebagai Bintara Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Metro Jaya itu berdiri di depannya.

Diduga keterangan si pria yang tak jelas, Ambarita kemudian bernyanyi beatbox. Gayanya itu lalu menarik perhatian warganet di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.