Sukses

Arti Japri dalam Berkirim Pesan, Ketahui Singkatan Lainnya

Japri sering digunakan saat berkirim pesan

Liputan6.com, Jakarta Arti japri kerap muncul saat berada dalam sebuah forum. Arti japri merupakan istilah yang sering digunakan saat berkirim pesan. Biasanya, arti japri digunakan saat ingin mengirim pesan secara personal.

Arti japri menjadi kependekan populer yang sering digunakan anak muda. Arti japri ini juga termasuk istilah kekininan yang sudah tak asing lagi. Istilah kekinian atau slang biasanya merupakan penulisan kata dan frasa panjang menjadi kata pendek. Istilah kekinian yang singkat ini membuat mengobrol dengan teman dan keluarga lebih mudah dan jauh lebih cepat.

Memahami arti japri bisa membantumu untuk tidak salah memaknainya saat berkirim pesan. Berikut arti japri dan singkatan lainnya dalam berkirim pesan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(21/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Arti japri

Japri adalah kependekan dari jalur pribadi atau jaringan pribadi. Arti japri adalah mengirim pesan secara personal ke satu orang. Biasanya kata japri digunakan seseorang saat saling berkirim pesan secara pribadi, SMS, WhatsApp dan pesan obrolan di media sosial lainnya.

Satu turunan dari japri adalah wapri. Wapri berarti WhatsApp pribadi. Arti wapri adalah mengirim pesan secara personal ke WhatsApp pribadi. Selain japri dan wapri, ada banyak lagi kependekan dan singkatan saat berkirim pesan.

3 dari 7 halaman

Singkatan lain yang sama dengan arti apri

Jarkom

Jarkom merupakan kependekan dari jaringan komunikasi. Jarkom adalah kebalikan dari arti japri. Jika japri adalah mengirim pesan secara personal, jarkom artinya mengirim pesan secara berantai. Pesan jarkom juga bisa dibagikan dari grup ke grup.

PM

PM adalah singkatan dari private message. PM hampir mirip dengan arti jarkom. PM adalah saluran komunikasi pribadi antara pengguna pada platform tertentu. Melakukan PM artinya mengirim pesan secara personal.

PC

PC artinya personal chat atau private chat. Maknanya sama dengan PM dan arti japri. PC berarti berkirim pesan secara personal antara dua orang.

DM

DM adalah singkatan dari direct message. Arti DM sama dengan PC, PM, dan japri. DM biasanya lebih sering digunakan dalam berkirim pesan melalui Instagram. DM berarti mengirim pesan secara personal di sebuah akun Instagram.

4 dari 7 halaman

Singkatan lain saat berkirim pesan

Pap

Pap adalah singkatan dari ‘Post a Picture’ dalam Bahasa Inggris. Secara harfiah, arti PAP dalam bahasa Indonesia berarti mengunggah sebuah foto. Jadi, arti PAP adalah permintaan untuk mengirim foto kepada lawan bicara dalam percakapan di media sosial. Istilah PAP membuat percakapan daring menjadi lebih santai dan tidak kaku.

Shareloc

Shareloc merupakan singkatan dari share location. Istilah ini digunakan untuk meminta seseorang mengirimkan sebuah lokasi. Ini sering digunakan saat seseorang akan bertemu di suatu tempat. Shareloc akan membantu menemukan tempat yang dituju.

TC

TC artinya adalah test contact. Istilah ini digunakan untuk untuk memastikan suatu kontak aktif atau tidak. Ia juga sering digunakan untuk mengetes apakah sebuah grup aktif atau tidak.

P

P sebenarnya berasal dari istilah ping yang dulu digunakan dalam perpesanan BBM. Meski kini BBM sudah tidak digunakan, P masih tetap digunakan dalam berkirim pesan di platform lainnya. Ping artinya dering pendek atau tinggi. Ini biasanya menandakan ada pesan mendesak atau meminta perhatian terhadap pesan yang dikirim.

5 dari 7 halaman

Singkatan lain saat berkirim pesan

VC

VC merupakan singkatan dari video call. Istilah ini sering digunakan untuk mengajak atau meminta seseorang untuk melakukan panggilan video jarak jauh.

CMIIW

CMIIW adalah singkatan dari 'Correct Me If I am Wrong', yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti 'koreksi jika saya salah'. Ini digunakan sebagai peringatan atau imbauan seseorang jika ia salah, ia meminta orang lain untuk mengoreksi atau membetulkannya.

GWS

GWS adalah ependekan dari kalimat bahasa Inggris, Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh. Ini biasanya digunakan untuk mengucapkan kepedulian saat seseorang sedang sakit.

GGWP

GGWP adalah bahasa gaul singkatan dari Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan sikap sportif.

6 dari 7 halaman

Singkatan lain saat berkirim pesan

TFL

TFL adalah singkatan bahasa Inggris dari 'Thanks For Like'. Ungkapan ini menunjukkan rasa terima kasih, karena sudah diberikan tanda 'Like' dalam postingan atau konten media sosialnya.

OOT

Singkatan OOT berarti 'Out of Topic'. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan saat membahas sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sedang dibahas.

TBH

TBH merupakan singkatan dari to be honest. TBH berarti sejujurnya. Ini dapat digunakan untuk menemani beberapa bom kebenaran yang serius atau hanya untuk mengungkapkan pendapat tentang subjek tertentu.

OTW

Kata OTW adalah singkatan gaul dari kalimat 'On The Way', yang berarti sedang di perjalanan.

7 dari 7 halaman

Singkatan lain saat berkirim pesan

LOL

LOL merupakan akronim dalam bahasa Inggris 'Laugh Out Loud'. Yang sejatinya sudah ada sejak lama di luar Indonesia. LOL berarti tertawa terbahak-bahak.

TGIF

TGIF adalah singkatan dari Thanks God it's Friday, artinya puji syukur Tuhan ini hari Jumat, seakan bersemangat menuju akhir pekan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.