Sukses

4 Cara Membuat Origami Burung yang Sederhana dan Mudah, Simak Tutorialnya

Ada cara mudah untuk membuat burung dari kertas origami.

Liputan6.com, Jakarta Pada waktu kanak-kanak dulu, kita sering melipat kertas yang disebut kertas origami. Berbagai bentuk dapat dihasilkan dari origami seperti pesawat, burung, katak, kapal, dan masih banyak yang lainnya.

Istilah origami sendiri berasal dari negara Jepang yang kemudian menjadi umum disebutkan di seluruh dunia. Di Jepang, origami adalah bentuk seni populer yang umumnya diintegrasikan ke dalam kurikulum untuk anak-anak di sekolah dasar. 

Melipat kertas origami menjadi bentuk hewan ataupun seni abstrak dapat merangsang kreativitas serta motorik anak. Bentuk origami yang biasanya dibuat oleh anak-anak adalah berbentuk burung karena cara membuat origami burung lebih mudah dicoba.

Berikut ini beberapa cara membuat origami burung yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (21/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Origami Burung Secara Umum

Berikut ini cara membuat origami burung secara umum yang dapat Anda coba, yaitu:

  1. Siapkan kertas origami warna hijau (bisa juga dengan warna lain) serta spidol warna hitam.
  2. Kemudian, lipat ujung kertas origami dari kanan ke kiri menjadi bentuk segitiga besar.
  3. Lipat sedikit sisi kanan (yang tidak runcing) ke arah bagian tengah.
  4. Lalu buka lipatan segitiga kecil.
  5. Kemudian lipat ujung atas ke ujung bawah.
  6. Pastikan bagian atas menutupi seluruh bagian bawah lipatan.
  7. Kemudian lipat sebagian ujung bawah ke atas.
  8. Kemudian balik origami.
  9. Lipat lagi ujung bawah ke atas seperti langkah nomor sembilan.
  10. Pada bagian segitiga kecil (kepala burung), lipat ujungnya kebagian dalam sehingga berbentuk seperti paruh.
  11. Selanjutnya pada bagian segitiga besar, lipat sisi atas ke bagian yang berwarna putih origami.
  12. Terakhir, gambar mata didekat paruh dengan spidol warna hitam.
3 dari 5 halaman

2. Cara Mebuat Origami Burung Camar

Berikut ini cara membuat origami burung camar yang dapat Anda coba, yaitu:

  1. Cara membuat origami burung camar yang pertama yaitu lipat kertas menjadi 2 bagian membentuk segitiga. Buat sisi yang berwarna berada di dalam. Setelah itu, lipat pada salah satu lembarnya ke garis tengah dari hasil lipat sebelumnya.
  2. Kedua, lipat ujung bagian atas ke belakang, lalu buka lipatan yang sebelumnya menjadi terbuka.
  3. Ketiga, lipat sisi bawah ke arah depan dan juga ke arah bagian belakang. Perhatikan arah panah, garis, dan ikuti lipatan.
  4. Keempat, bentuk kepala burung dengan melipat bagian ujung atasnya sedikit. Lalu pada bagian bawahnya juga untuk membentuk bagian dada burung.
  5. Terakhir, untuk membentuk ekornya, lipat bagian dengan mengubah sisi luarnya menjadi ke dalam. Anda bisa menambahkan matanya menggunakan spidol.
4 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Origami Burung Merak

Berikut ini cara membuat origami burung merak yang dapat Anda coba, diantaranya:

  1. Cara membuat origami burung merak yang pertama yaitu buat sebuah lipatan diagonal dari dua sudut kertas yang berseberangan. Lipat dengan rapi dan tegas dari sudut kiri bawah menuju sudut kanan atas, lalu buka kembali lipatan tersebut. Gunakan sisi yang berwarna di bagian dalam.
  2. Kedua, buat lipatan menjadi layangan, lalu buka lipatan sisi bagian atas membentuk segitiga, mengikuti garis pada gambar.
  3. Ketiga, lipat bagian ujung bawah dan menempel pada sisi atas dengan tepat. Bagian bawah yang telah dilipat ke atas, selanjutnya dilipat kembali dari sudut kanan bawah.
  4. Keempat, setelah melipat, lipat lagi ujung bawah bagian kiri menjadi dua bagian. Begitu juga dengan kertas yang menjadi bagian paling belakang.
  5. Kelima, untuk membuat bagian leher hingga kepala, lipatan dibalik menjadi posisi yang tegak. Pada ujungnya, beri sedikit lipatan lagi untuk membentuk kepala.
  6. Terakhir, lipat seluruh bagian kertas menjadi zig-zag, kecuali bagian yang menjadi leher dan kepala. Setelah itu, buka kembali lipatan tersebut. Jangan lupa melipat ujung segitiga yang terdapat di atas, sehingga bentuk ekor menjadi terlihat sempurna.
5 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Origami Burung Merpati

Berikut ini cara membuat origami burung merpati yang dapat Anda coba, yaitu:

  1. Cara membuat origrami burung merpati yang pertama yaitu lipat kertas menjadi segitiga, lalu beri lipatan lagi dari ujung atas ke arah tengah menuju lipatan yang telah dibuat sebelumnya.
  2. Kedua, setelah rapi, lipat lagi bagian atas ke belakang menjadi 2 bagian.
  3. Ketiga, buka bagian yang telah dilipat sebelumnya sehingga menunjukkan sisi dalamnnya. Lalu lipat bagian bawah ke atas.
  4. Keempat, untuk membentuk bagian kepala, Anda bisa melipat ujung bagian atas ke arah dalam. Sedangkan untuk membentuk ekor, Anda bisa mencoba untuk melipat bagian ujung di belakang mengikuti garis.
  5. kelima, ini langkah terakhir untuk membuat bagian dada burung tidak terlihat runcing dengan sudut. Maka Anda perlu melipat sisi lancip tersebut ke arah dalam. Seperti burung camar, Anda cukup menggunakan spidol untuk menggambar matanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.