Sukses

9 Macam Keyboard Komputer Berdasarkan Bentuknya, Tidak Hanya QWERTY

Liputan6.com, Jakarta Macam keyboard bisa dibedakan berdasarkan bentuk dan penghubungnya. Sekarang ini, mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui keyboard QWERTY sebagai jenis keyboard yang paling umum penggunaannya baik di komputer maupun di laptop.

Keyboard adalah salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai peran yang sangat penting. Keyboard merupakan alat input pada komputer yang berguna untuk memasukkan perintah, atau intruksi. Keyboard berisi susunan huruf, angka, dan fungsi kontrol yang lain. 

Tidak hanya keyboard QWERTY, ternyata banyak macam keyboard lainnya yang mungkin jarang kamu lihat. Sebab kegunaan keyboard pada komputer dan laptop sangatlah besar, kamu mungkin perlu mengenali berbagai macam keyboard yang bisa digunakan di komputer.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/10/2021) tentang macam keyboard.

2 dari 4 halaman

Macam Keyboard Berdasarkan Bentuk

Keyboard QWERTY

Macam keyboard komputer yang pertama tentunya adalah keyboard QWERTY. QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada papan tombol. Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah mesin ketik buatan E. Remington pada tahun 1874. Dinamakan demikian karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini.

Keyboard Maltron

Macam keyboard selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah Keyboard Maltron. Keyboard ini terkenal akan keunikan bentuk fisiknya dibandingkan dengan macam keyboard lainnya. Ketika pada umumnya keyboard memiliki permukaan dan bidang yang datar, Keyboard Maltron dibuat dengan bidang agak cekung ke dalam. Bentuk tersebut dinilai akan mempercepat penggunanya saat melakukan pengetikan.

Pembuat Maltron menilai bahwa pada dasarnya saat orang mengetik di keyboard umum dengan istilahnya 10 jari, namun tetap saja kebanyakan menggunakan 8 jari. Selain itu mengetik di keyboard biasa, jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal inilah yang dinilai akan menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries).

Sementara itu, jika pengguna menggunakan maltron maka justru keyboard-nya yang akan menyesuaikan dengan tangan. Pihak pembuat Maltron menjamin kenyamanan jari tangan saat menggetik sehingga tidak akan menyebabkan RSI. Bahkan keyboard ini juga diklaim lebih meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah benar-benar 10 jari bukan 8 jari.

Keyboard DVORAK

Keyboard DVORAK pertama kali muncul pada tahun 1932-an. Macam keyboard ini disusun dengan bentuk agar tangan kanan memegang beban lebih banyak dibandingkan tangan kiri. Berbeda dengan QWERTY yang membebankan tangan kiri lebih banyak ketimbang tangan kanan.

Selain itu, tata letak DVORAK juga dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row. Tentu saja ini dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan saat melakukan pengetikan. Artinya jenis-jenis keyboard ini lebih argonomik. Menurut uji coba yang dilakukan beberapa kali menunjukkan bahwa tata letak DVORAK lebih efisien 10 sampai 15 persen dibanding dengan QWERTY.

3 dari 4 halaman

Macam Keyboard Berdasarkan Bentuk

Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG muncul setelah QWERTY dan DVORAK, yang mana dibuat dengan maksud menyempurnakan macam keyboard yang sudah ada. Uniknya bentuk keyboard ini terpisah menjadi dua bagian, yakni bagian kiri dan kanan. Kedua bagian terpisah dengan sudut 15 derajat serta dibuat dengan miring ke bawah.

Bahkan KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman saat dioperasikan. Tata letak ini dianggap lebih mengurangi beban otot pada jari-jari dan pergelangan tangan, sekaligus mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. Namun sayang, karena keyboard ini terpisah menjadi dua bagian, yaitu kiri dan kanan. Maka kekurangannya adalah relatif memakan lebih banyak ruang.

Keyboard Alphabetic

Sebelum terciptanya keyboard QWERTY dan DVORAK, mesin ketik dulu menggunakan susunan Alphabetic, yakni ABCDE dan seterusnya. Namun karena suatu alasan, akhirnya diubah menjadi QWERTY. Keyboard Alphabetic tidak digunakan lagi untuk tujuan teknologi, namun masih bisa ditemukan pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajarkan mengenal huruf alphabet.

Keyboard Numeric

Selain huruf, ada juga macam keyboard nomor atau numeric yang diciptakan untuk memasukkan bilangan dalam jumlah besar. Dengan untuk tujuan memasukkan bilangan tersebut, pengguna lebih suka menggunakan keyboard numeric yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau mudah dengan tangan.

4 dari 4 halaman

Macam Keyboard Berdasarkan Penghubungnya

Keyboard Serial

Macam keyboard ini menggunakan DIN 5 Male. Fungsi dari keyboard serial ini biasa digunakan atau dipakai oleh komputer-komputer yang berjenis AT. DIN 5 Male ini adalah port pada keyboard serial yang memiliki 5 buah jarum-jarum untuk menghubungkan komputer dengan keyboard.

Untuk port pada keyboard ini cukup berbeda dari port keyboard yang lainnya, dari jenis ukurannya yang cukup besar hingga bentuk kabel yang lebih tebal. 5 Jarum ini nantinya sebagai detektor keyboard aktif, jika salah satu mengalami kerusakan, maka keyboard ini tidak akan bisa digunakan.

Keyboard Wireless

Macam keyboard ini tidak menggunakan kabel untuk terhubung seperti biasanya sesuai dengan nama dari keyboardnya. Jenis koneksi yang digunakan oleh keyboard ini adalah bentuk infrared, Wifi, dan bluetooth. Untuk menghubungkannya dengan komputer, dibutuhkan sebuah unit pemancar dan penerima.

Unit pemancar itu sendiri biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya di pasang pada port USB atau serial pada SPU. Keyboard ini bisa dipakai oleh semua jenis komputer dan laptop. Kebanyakan pula, keyboard wireless menjadi salah satu keyboard favorit yang digunakan karena tidak memakai kabel.

Keyboard USB

Macam keyboard ini banyak pula digunakan oleh komputer atau laptop, karena proses pemasangan yang sangat mudah dan simpel. Jenis konektor yang digunakan adalah mempergunakan jenis konektor USB, yang menjamin proses transfer data yang lebih cepat.

Di sinilah fungsi port digunakan untuk menyambungkan port USB pada keyboard dengan komputer atau laptop. Keyboard USB saat ini lebih banyak digunakan karena port usb yang lebih mudah bila dibandingkan dengan port dengan jarum-jarum. Selain rentan akan kerusakan keyboard ini memiliki kabel yang lebih tipis bila dibandingkan dengan versi keyboard sebelumnya