Sukses

7 Potret Tes SKD CPNS Kemenkumham Jatim Ala Squid Game yang Bikin Heboh

Liputan6.com, Jakarta Meluasnya popularitas serial Netflix Squid Game asal Korea Selatan juga sampai ke Indonesia. Bahkan sempat boneka iconic dalam permainan lampu merah lampu hijau muncul di Surabaya, Jawa Timur. Saking hebohnya, boneka tersebut sampai diangkut Satpol PP karena dianggap menimbulkan kerumunan. 

Tidak lagi timbulkan kerumunan, kini gantian Pink Soldier dari Squid Game yang beraksi. Tak tanggung-tanggung, aksinya dilakukan pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS yang dilaksanakan di Kanwil Kemenkumham Jawa Timur. Cara unik ini dilakukan para panitia untuk SKD CPNS formasi penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian.

Karakter penjaga dari serial Squid Game itu sukses bikin heboh se-Indonesia. Dikutip dari keterangan video dalam kanal YouTube Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, panitia yang berdandan ala Pink Soldier itu membuat para peserta sempat kaget dan tegang. Tapi, akhirnya bisa sedikit rileks saat ujian karena sempat diajak goyang pargoy.

Namun, aksi tersebut sempat membuat beberapa orang bertanya-tanya tentang anggaran yang digunakan untuk membeli kostum tersebut. Tak sedikit yang berspekulasi bahwa atribut itu dibeli dengan dana APBN di institusi terkait. Tidak mau menimbulkan kegaduhan, Kemenkumhan Jatim lewat media sosialnya menyatakan bahwa kostum itu dibeli menggunakan uang pribadi pegawai. Jadi, tidak ada yang pakai anggaran negara.

Penasaran dengan keseruannya? Yuk, lihat beberapa potret aksi pasukan Pink Soldier di SKD CPNS Kemenkumhan Jatim yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/10/2021).

2 dari 8 halaman

1. Inilah suasana tes SKD CPNS Kemenkumham Jatim yang diawasi oleh Pink Soldier di serial Netflix Squid Game.

3 dari 8 halaman

2. Cara unik ini dilakukan untuk mengusir ketegangan peserta tes SKD yang justru bikin heboh se-Indonesia.

4 dari 8 halaman

3. Dikutip dari komentar Instagram @kemenkumhamjatim, kostum itu dibeli lewat e-commerce yang semuanya merupakan produk lokal alias karya anak bangsa.

5 dari 8 halaman

4. Bahkan, admin @kemenkumhamjatim juga menjabarkan rincian harganya mulai dari harga hazmat, topeng, hingga smoke bomb.

6 dari 8 halaman

5. 'Semua ada notanya dan dibayar menggunakan uang pribadi pegawai. Tidak diklaimkan dalam anggaran negara,' tulis admin @kemenkumhamjatim.

7 dari 8 halaman

6. Dengan tanggapan tersebut, diharapkan masyarakat tidak lagi menjudge negatif tentang aksi tersebut.

8 dari 8 halaman

7. Pink Soldier pun mengajak peserta untuk goyang pargoy untuk menghilangkan rasa tegang.