Sukses

10 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh, Penuh Kandungan Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah semangka tidak hanya mengatasi rasa haus di tengah cuaca panas, tapi juga sangat baik untuk kesehatan. Buah-buahan dengan rasa yang manis dan menyegarkan ini sangat cocok dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan.

Selain mengonsumsinya secara langsung, buah semangka juga dapat dikonsumsi dengan menjadikannya sebagai jus atau es krim yang nikmat. Semangka terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah, sehingga menjadi pilihan tepat untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi.

Manfaat buah semangka dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Dalam 100 gram semangka, terdapat berbagai nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, kalsium, magnesium, kalium, hingga berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C

Selain itu, ada juga kandungan asam amino citrulline dan berbagai jenis antioksidan, seperti beta karoten, likopen, dan cucurbitacin E. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/10/2021) tentang manfaat buah semangka.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Membantu Hidrasi Tubuh

Manfaat buah semangka yang pertama adalah untuk membantu hidrasi tubuh. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kandungan air dalam semangka yang begitu melimpah. Semangka terdiri atas 92% air. Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

Menyehatkan Pencernaan

Masih berkaitan dengan kandungan airnya, manfaat buah semangka berikutnya adalah untuk menyehatkan pencernaan. Selain karena kandungan airnya yang tinggi, semangka juga mengandung serat yang juga baik untuk pencernaan. Kedua kandungan ini memang sangat vital untuk mendukung kesehatan pencernaan. Jadi, makan buah dan sayuran yang kaya air dan kaya serat, termasuk semangka, dapat membantu buang air besar lebih lancar serta mencegah sembelit.

Baik untuk Kulit dan Rambut

Manfaat buah semangka juga baik untuk kesehatan kulit dan juga rambut. Hal ini berkat kandungan Vitamin A dan C yang menjadikan kulit dan rambut tetap sehat. Jika kamu kekurangan vitamin A, kulit bisa tampak kering dan tidak sehat. Sementara vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk kulit kenyal dan rambut kuat.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah semangka berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa likopen dalam semangka mampu membantu menurunkan kolesterol. Semangka juga menyimpan citrulline di dalamnya, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Vitamin A, C, dan magnesium dalam semangka juga menjadikan manfaat semangka baik untuk jantung.

Kombinasi manfaat dari kandungan nutrisi tersebut membuat semangka baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke.

Mencegah Kanker

Vitamin C dapat mencegah kanker dengan melawan radikal bebas. Tak hanya itu, cucurbitacin E dalam semangka dinilai bisa menghambat pertumbuhan tumor. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan likopen, zat yang terdapat dalam semangka, berhubungan dengan risiko terkena kanker prostat yang lebih rendah. Hal ini disebabkan karena semangka tinggi akan kandungan vitamin C tersebut.

Menurunkan Peradangan dalam Tubuh

Peradangan merupakan penyebab dari beragam penyakit kronis. Manfaat buah semangka dapat membantu menurunkan terjadinya peradangan dalam tubuh. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan zat antioksidan yang tinggi dalam semangka. Antioksidan inilah yang membuat likopen sangat penting bagi kesehatan otak. Contohnya, senyawa ini dapat membantu menghambat perkembangan penyakit Alzheimer.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah semangka juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini karena tingginya antioksidan yang disebut glutathione di dalam semangka. Jenis antioksidan ini dapat melawan infeksi.

Selain itu, semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi, likopen, dan vitamin C. Sebagai antioksidan, likopen juga dapat bermanfaat bagi kesehatan otak.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah semangka lainnya adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan likopen memengaruhi manfaat buah semangka untuk kesehatan mata. Ketiga nutrisi ini dapat mencegah risiko menurunnya kemampuan penglihatan karena faktor usia, seperti katarak dan degenerasi makula.

Semangka dapat mencegah degenerasi makula pada mata. Khasiat yang satu ini diperoleh dari likopen yang ditemukan berlimpah pada buah semangka. Menurut penelitian, likopen terbukti dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia atau AMD. AMD sendiri adalah gangguan pada mata yang bisa memicu  kebutaan pada lansia.

Meringankan Nyeri Otot

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengatakan bahwa jus semangka dapat mengurangi nyeri otot yang biasa terjadi setelah berolahraga. Manfaat semangka yang satu ini ternyata diperoleh dari kandungan citrulline yang ada di dalam semangka.

Menyuburkan Kandungan

Senyawa asam folat tinggi dalam buah semangka baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini membuat manfaat buah semangka dapat menyuburkan kandungan dan mencegah terjadinya cacat fisik dan juga saraf pada bayi. Manfaat tersebut bisa lebih maksimal jika buah semangka diolah menjadi jus lebih dulu. Mengolahnya menjadi jus akan membuat nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh. Jika perlu pisahkan bijinya terlebih dahulu.