Sukses

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli, Tujuan, Jenis, dan Perannya dalam Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Pengertian akuntansi perlu dipahami setiap orang, terutama yang ingin berbisnis. Pasalnya, akuntansi merupakan praktik dasar yang dijalankna dalam bisnis. Apalagi, akuntansi adalah salah satu fungsi utama untuk hampir semua bisnis.

Aktivitas akuntansi meliputi pencatatan, pengklasifikasian, dan pelaporan transaksi bisnis. Bahkan, akuntansi juga merupakan fungsi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan, perencanaan biaya, dan pengukuran pengukuran kinerja ekonomi.

Akuntansi adalah manajemen dasar dalam urusan ekonomi. Hal ini memengaruhi  pengembangan sistematis dan analisis informasi tentang urusan ekonomi suatu organisasi. Bagaimana bisnis mencatat, mengatur, dan memahami informasi keuangannya merupakan akuntansi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/10/2021) tentang pengertian akuntansi.

2 dari 6 halaman

Mengenal Pengertian Akuntansi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian akuntansi adalah teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya. Pengertian akuntansi juga dapat dipahami sebagai seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Menurut American Accounting Association (AAA), pengertian akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi dengan memungkinkan adanya sebuah penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Akuntansi merupakan proses pencatatan transaksi keuangan yang berkaitan dengan bisnis. Proses akuntansi mencakup meringkas, menganalisis, dan melaporkan transaksi ini ke badan pengawas, regulator, dan entitas pemungut pajak. Akuntansi adalah profesi yang tanggung jawab utamanya adalah membantu bisnis menjaga catatan keuangan mereka secara akurat dan tepat waktu.

3 dari 6 halaman

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Walter. Menurut Walter, pengertian akuntansi adalah suatu sistem informasi, yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pengambil keputusan yang akan membuat keputusan yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis.

James M Reeve, dkk. Pengertian akuntansi adalah suatu sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas dan kondisi ekonomi perusahaan. Selain itu akuntansi juga memberikan informasi untuk pihak lain yang berkepentingan dalam menilai kinerja perusahaan.

Warren, dkk. Akuntansi dapat diartikan sebagai sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Rudianto. Pengertian akuntansi adalah aktivitas mengumpulkan, menganalisis, menyajikan dalam bentuk angka, mengklasifikasikan, mencatat, meringkas, dan melaporkan aktivitas/transaksi suatu badan usaha dalam bentuk informasi keuangan.

Thomas Sumarsan. Akuntansi adalah suatu seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, mencatat transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan, sihingga dapat menghasilkan informasi yaitu laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Surwadjono. Pengertian akuntansi adalah seperangkat yang mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif unit-unit organisasi dalam suatu lingkungan negara tertentu dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan ekonomik.

4 dari 6 halaman

Tujuan Akuntansi

Tujuan akuntansi yang paling utama adalah menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Menurut Suwaldiman (2005), tujuan akuntansi adalah sebagai berikut:

1. Memberi informasi keuangan yang secara handal bisa dipercaya mengenai kewajiban, modal dan sumber ekonomi.

2. Memberi informasi yang terpercaya tentang perubahan yang ada pada sumber – sumber ekonomi sebuah perusahaan yang muncul karena adanya kegiatan usaha.

3. Menginformasi keuangan yang bisa membantu penggunanya dalam memperkirakan potensi perusahaan dalam mendapatkan laba.

4. Menginformasi informasi penting yang lain tentang perubahan-perubahan pada sumber ekonomi dan kewajiban.

5. Menyampaikan sedalam mungkin informasi lain yang masih berkaitan dengan laporan keuangan yang masih relevan untuk digunakan oleh pengguna laporan keuangan.

5 dari 6 halaman

Jenis Akuntansi

Akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan mengacu pada proses yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan interim dan tahunan. Hasil dari semua transaksi keuangan yang terjadi selama suatu periode akuntansi dirangkum ke dalam neraca, laporan laba rugi dan laporan arus kas.

Akuntansi manajemen

Akuntansi manajerial menggunakan banyak data yang sama dengan akuntansi keuangan, tetapi ia mengatur dan menggunakan informasi dengan cara yang berbeda dalam akuntansi manajerial, seorang akuntan menghasilkan laporan bulanan atau kuartalan yang dapat digunakan tim manajemen bisnis untuk membuat keputusan tentang bagaimana bisnis beroperasi.

Akuntansi manajerial juga mencakup banyak aspek akuntansi lainnya, termasuk penganggaran, peramalan, dan berbagai alat analisis keuangan. Pada dasarnya, informasi apa pun yang mungkin berguna bagi manajemen berada di bawah payung ini.

Akuntansi biaya

Sama seperti akuntansi manajerial membantu bisnis membuat keputusan tentang manajemen, akuntansi biaya membantu bisnis membuat keputusan tentang penetapan biaya. Pada dasarnya, akuntansi biaya mempertimbangkan semua biaya yang terkait dengan produksi suatu produk. Analis, manajer, pemilik bisnis, dan akuntan menggunakan informasi ini untuk menentukan berapa biaya produk mereka. Dalam akuntansi biaya, uang berperan sebagai faktor ekonomi dalam produksi, sedangkan dalam akuntansi keuangan, uang dianggap sebagai ukuran kinerja ekonomi perusahaan.

6 dari 6 halaman

Peran Akuntansi dalam Bisnis

Untuk manajer perusahaan

Akuntansi oleh manajer perusahaan digunakan untuk membantu mereka merencanakan dan mengendalikan operasi yang sedang berlangsung.

Untuk pemilik perusahaan

Bagi pemilik dan badan legislatif atau pengatur, akuntansi digunakan untuk membantu mereka menilai kinerja organisasi dan membuat keputusan untuk masa depannya. Oleh pemilik, pemberi pinjaman, pemasok, karyawan, dan lainnya akuntansi digunakan untuk membantu mereka memutuskan berapa banyak waktu atau uang yang akan dicurahkan untuk perusahaan.

Badan pemerintah

Peran akutansi bagi badan pemerintah adalah untuk menentukan pajak apa yang harus dibayar bisnis.