Sukses

15 Pengertian Hedonisme Menurut Para Ahli, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan pengertian hedonisme adalah pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Pengertian hedonisme adalah berasal dari bahasa Yunani “hedone” yang artinya kenikmatan, kegembiraan.

Itulah mengapa pengertian hedonisme bagi penganutnya memiliki perilaku yang cenderung hanya mementingkan gaya hidup boros dan suka bersenang-senang saja. Perilaku hedonisme bukan hal yang lumrah, karena sikap ini bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang. Para ahli mengungkap pengertian hedonisme adalah sebagai konsep diri yang hanya dijalani sesuai gambaran pikiran.

“Pengertian hedonisme adalah sebuah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal yang paling penting dalam hidup,” jelas salah seorang ahli Collins GEM (1993).

Dalam Ensiklopedia Britannica, pengertian hedonisme adalah istilah umum untuk semua teori perilaku di mana kriterianya adalah kesenangan. Baik itu dari satu jenis atau kesenangan lainnya. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya elemen penting dari fenomena apa pun yang dirancang untuk mereka gambarkan.

Berikut Liputan6.com ulas tentang pengertian hedonisme lebih dalam dari berbagai sumber jurnal ilmiah, Minggu (24/10/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pengertian Hedonisme Menurut Para Ahli

1. Pengertian Hedonisme Menurut Sarlito Wirawan Sarwono (1989)

Pengertian hedonisme adalah konsep diri, di mana gaya hidup seseorang dijalani sesuai dengan gambaran yang ada dipikirannya. Sebagai contoh pengertian hedonisme adalah seorang olahragawan, biasanya gaya hidup sehat merupakan prinsip hidup dan menjadi kesenangan tersendiri bagi mereka.

2. Pengertian Hedonisme Menurut W. Poespoprodjo (2010)

Pengertian hedonisme adalah suatu anggapan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan akhir hidup yang baik dan tertinggi.

3. Pengertian Hedonisme Menurut Levan`s & Linda (2003)

Pengertian hedonisme adalah pola perilaku yang dapat diketahui dari aktivitas, minat maupun pendapat yang selalu menekankan pada kesenangan hidup

4. Pengertian Hedonisme Menurut Susianto (1993)

Pengertian hedonisme adalah pola hidup yang mengarahkan aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup dan aktivitas tersebut berupa menghabiskan waktu di luar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, senang membeli barang yang kurang diperlukan dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

5. Pengertian Hedonisme Menurut Benthem dalam Faqih (2003)

Pengertian hedonisme adalah suatu dorongan individu untuk berperilaku dengan memegang prinsip kesenangan.

6. Pengertian Hedonisme Menurut Collins GEM (1993)

Pengertian hedonisme adalah sebuah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal yang paling penting dalam hidup. Dengan kata lain, hedonisme adalah paham yang dianut oleh orang-orang yang mencari kesenangan hidup semata-mata.

7. Pengertian Hedonisme Menurut Suprana (2003)

Pengertian hedonisme adalah pola hidup yang mengarahkan aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup, seperti; lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, sering membeli barang-barang yang mahal hanya untuk memenuhi kesenangan saja, dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

8. Pengertian Hedonisme Menurut Burhanuddin (1997)

Pengertian hedonisme adalah sesuatu yang dianggap baik, sesuai dengan kesenangan yang didatangkannya. Dengan kata lain, sesuatu yang hanya mendatangkan kesusahan, penderitaan, serta tidak menyenangkan merupakan sesuatu yang dinilai tidak baik.

3 dari 4 halaman

Pengertian Hedonisme Menurut Para Ahli

9. Pengertian Hedonisme Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian hedonisme adalah pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup.

10. Pengertian Hedonisme Menurut Hirscman dan Halbroak (dalam Utami, 2008)

Pengertian hedonisme adalah kecenderungan konsumen terhadap budaya konsumtif yang menggunakan produk untuk memperoleh kesenangan-kesenangan duniawi atau pola hidup glamour yang berorientasi pada materi.

11. Pengertian Hedonisme Menurut Mila (2013)

Pengertian hedonisme adalah pola hidup individu yang menganggap bahwa kenikmatan materi sebagai tujuan utama untuk mencari kesenangan. Karakteristik hedonisme adalah kebendaan yang di ukur dengan harta yang dinilai dengan uang, dengan uang tersebut individu dapat mencari kesenangan.

12. Pengertian Hedonisme Menurut Kunto (dalam Putri, 2009)

Pengertian hedonisme adalah bahasa Yunani, adalah hedone, berarti kenikmatan, kegembiraan, adalah gaya hidup yang menjadikan kenikmatan atau kebahagiaan sebagai tujuan. Orientasi hidup selalu diarahkan pada kenikmatan dengan sepadat-padatnya menghindari perasaan-perasaan yang tidak enak atau menyakitkan.

13. Pengertian Hedonisme Menurut Sujanto (dalam Masmuadi, 2007)

Pengertian hedonisme adalah berorientasi pada kesenangan umumnya banyak ditemukan di kalangan remaja khususnya mahasiswa.

14. Pengertian Hedonisme Menurut Ariani (2010)

Pengertian hedonisme adalah individu yang memiliki keterlibatan yang tinggi dengan orang lain, lebih menyukai kegiatan yang sifatnya menyenangkan daripada kegiatan sosial, tidak terlalu serius dan senang keramaian dan ciri kelompok ini adalah mengarahkan aktivitas untuk mencapai kenikmatan hidup.

15. Pengertian Hedonisme Menurut Salam (dalam Susanti, 2013)

Pengertian hedonisme adalah kesenangan (pleasure). Prinsip aliran tersebut menganggap bahwa sesuatu dianggap baik jika sesuai dengan kesenangan yang didapatkannya, sebaliknya sesuatu yang mendatangkan kesusahan, penderitaan atau tidak menyenangkan dinilai tidak baik. Individu yang menganut aliran hedonis menganggap atau menjadikan kesenangan sebagai tujuan hidupnya.

4 dari 4 halaman

Penyebab atau Faktor yang Memengaruhi Hedonisme

Menurut Amstrong, terdapat dua faktor yang memengaruhi gaya hidup, yaitu dari dalam diri (internal) individu dan dari luar (eksternal) individu.

Berikut faktor internal yang memengaruhi hedonisme:

1. Sikap

Sikap yaitu suatu kesadaran jiwa dan keadaan pikir yang dipersiapkan untuk memberikan tanggapan terhadap sesuatu. Melalui sikap, individu memberi respons positif atau negatif terhadap gaya. Keadaan jiwa dipengaruhi oleh tradisi, kebiasaan, kebudayaan, dan lingkungan sosialnya.

2. Pengalaman dan pengamatan

Pengalaman memengaruhi pengamatan sosial dalam lingkungan tingkah laku. Pengalaman diperoleh dari tindakan masa lalu. Hasil dari pengalaman sosial membentuk pandangan terhadap suatu objek. Seseorang tertarik dengan suatu gaya hidup tertentu berdasarkan pengalaman dan pengamatan.

3. Kepribadian

Kepribadian adalah konfigurasi karakteristik individu dan cara berperilaku yang menentukan perbedaan perilaku dari setiap individu. Kepribadian memengaruhi selera yang dipilih seseorang. Sehingga mempengaruhi pula bagaimana gaya hidupnya.

4. Konsep diri

Menggambarkan hubungan anatara konsep diri konsumen image mereka. Bagaimana individu memandang dirinya akan memegaryhu minat terhadap suatu objek. Konsep diri sebagai dari inti dari pola kepribadian akan menentukan perilaku individu dalam menghadapi masalah hidupnya.

5. Motif

Perilaku individu muncul karena adanya motif kebutuhan untuk merasa aman dan kebutuhan terhadap prestise. Jika motif seseorang terhadap kebutuhan akan prestise itu besar, maka akan membetuk gaya hidup yang cenderung mengarah kepada gaya hidup hedonis.

6. Persepsi

Persepsi adalah proses dimana seseorang memilih, mengatur, dan menginterprestasikan informasi untuk membetuk suatu gambar yang berarti mengenai dunia.

Berikut faktor eksternal yang memengaruhi hedonisme:

1. Kelompok referensi

Kelompok referensi adalah kelompok yang memberikan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap dan perilaku seseorang. Pengaruh-pengaruh tersebut akan menghadapkan individu pada perilaku dan gaya hidup tertentu.

2. Keluarga

Keluarga memegang peranan terbesar dan terlama dalam pembentukan sikap dan perilaku individu. Hal ini karena pola asuh orang tua akan membentuk kebiasaan anak yang secara tidak langsung memengaruhi pola hidupnya.

3. Kelas sosial

Kelas sosial juga memengaruhi gaya hidup. Ada dua unsur pokok dalam sistem sosial pembagian kelas dalam masyarakat, yaitu kedudukan dan peran. Hierarki kelas sosial masyarakat menentukan pilihan gaya hidup.

4. Kebudayaan

Kebudayaan meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kebiasaankebiasaan yang diperoleh indivdu sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan terdiri atas segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perilaku yabg normatif, meliputi ciri-ciri pola pikir, merasakan, dan bertindak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.